loading...

TIPS PERBAIKAN PERTAMA JIKA LISTRIK PADAM, MATI DI RUMAH

http://danahauses.blogspot.com/2016/12/tips-perbaikan-listrik-padam-mati-di.html

Sebelum saya ajarin Cara Memperbaiki Listrik Rusak Atau Padam Atau Mati di rumah Sendiri, perlu saya berikan dulu penjelasan atau pengertian, secara teknik mengapa listrik di rumah anda tiba-tiba padam atau mati atau rusak bisa disebabkan hal-hal berikut ini :


  1. Beban listrik yang terlampau besar melebihi batas kemampuan MCB, misalnya daya listrik yang diberi oleh PLN adalah 900w sedangkan pemakaian listrik di rumah melebihi 900w. 
  2. Adanya hubungan pendek atau konsleting, yaitu saling bersentuhannya dua jalur kabel positip dan negatip baik secara langsung ataupun secara tidak langsung, contoh konslet secara langsung adalah bersentuhannya dua kabel positip dan negatip yang terbuka, sedangkan contoh konslet secara tidak langsung adalah fitting lampu yang tergenang air yang diakibatkan oleh bocornya genting lalu airnya menetes pada langit-langit rumah tempat menempelnya fitting lampu. http://listrik.medanjasa.com
  3. Adanya alat elektronik yang rusak atau terbakar, misalnya mesin pompa air listrik, kipas angin, yang lilitan/spullnya terbakar. ac (Air Conditioner) yang terbakar. 
Jadi sesuai dengan penjelasan diatas, anda bakal dapat mengerti Cara Memperbaiki Listrik Rusak Atau Padam Atau Mati di rumah Sendiri, yaitu untuk point pertama, jika anda baru saja menambahkan alat elektronika seperti kipas angin, ricecooker?, kulkas?, mesin cuci?. dan setelah anda menambah alat elektronika rumah tangga tersebut membuat lampu listrik pln anda selalu mati. maka dapat di pastikan bahwa pemakaian listrik anda telah melampaui beban dari daya yang di berikan oleh PLN. jadi jangan hidupkan semua alat elektronika tersebut secara bersamaan. tetapi harus bergantian.

untuk point kedua bahwa di pastikan bahwa instalasi kabel listrik di rumah anda ada yang tidak sesuai dengan seharusnya, kemungkinan ada kabel yang meleleh karena beban listrik yang terlalu besar mengalir di kabel tersebut. atau ada binatang pengerat (tikus) yang mengigitin kabel anda di atap/plafon rumah anda. atau ada kabel yang terkena air.


untuk point ke tiga, sepertinya sudah jelas. jika memang ada yang terbakar sebaiknya jangan dipakai lagi.

Setelah penjelasan diatas, saya harap anda mengerti, kemudian kita masuk kebagian bagaimana cara memperbaikinya agar lampu listrik nya kembali dapat hidup. yang sipembuat masalah nya tidak kita aktifkan ke dalam jaringan instalasi listriknya.

- Pertama tama, matikan semua alat elektronika tetapi lampu hidupkan sebagian saja, sebagai indikator bahwa listriknya telah hidup.
Gambarnya kira kira seperti ini :
http://danahauses.blogspot.com/2016/12/tips-perbaikan-listrik-padam-mati-di.html


- pagilah kebagian meteran pln di depan rumah, disana ada saklar MCB, coba di pastikan bahwa memang dalam posisi mati, kemudian geserlah kebagian ON. setelah itu coba lihat saklar MCB di bagian dalam rumah, biasanya terletak di bagian belakang meteran. 
Gambarnya kira kira seperti ini :


http://danahauses.blogspot.com/2016/12/tips-perbaikan-listrik-padam-mati-di.html


Jika saklar MCB telah ON, paka dapat dipastikan lampu tersebut akan hidup, tetapi jika tidak bisa di geser menjadi ON, maka tunggulah beberapa menit agar dapat di geser menjadi on, jika tetap tidak bisa, dapat dipastikan masih ada bagian instalasi nya yang korslet atau bermasalah. matikan lagi listrik/lampu/alat elektronika di bagian rumah.

Jika didalam bagian rumah terdapat bebeberapa (lebih dari satu) mcb, maka hidupkan lah satu persatu, kemudian lihat efeknya. nanti pasti anda dapat mengetahui bagian mana yang menyebabkan listrik lampu dirumah anda tersebut mati atau padam. jadi untuk sementara jangan gunakan. ke esokan harinya anda dapat memanggil teknisi listrik atau tukang listrik yang terdekat di rumah Anda.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS PERBAIKAN PERTAMA JIKA LISTRIK PADAM, MATI DI RUMAH"