loading...

Cara Perbaikan Ringan dan Perbaikan Berat untuk Kulkas Yang Tidak Dingin

http://danahauses.blogspot.com/2016/12/cara-perbaikan-ringan-dan-perbaikan.html

Kulkas atau Lemari Es atau Lemari Pendingin adalah alat elektronik rumah tangga yang digunakan sebagai pendingin. Kebanyakan rumah tangga di zaman modern ini pasti sudah memiliki satu kulkas. Biasanya diperuntukkan untuk membuat es atau mengawetkan bahan makanan. 


Kendala yang paling sering muncul adalah kulkas tidak dingin, hal ini menyebabkan es tidak bisa membatu (beku sempurna) dan makanan di dalamnya lebih cepat busuk. Masalah ini harus segera di atasi karena selain membuat lebih boros listrik tapi juga boros pengeluaran bahan makanan, semua berujung ke anggaran belanja.

Hal yang paling parah saat terjadi masalah kulkas tidak dingin adalah komponen elektronik dalam kulkas akan berusaha keras (ngoyo) untuk membuat suhu dalam menjadi dingin. Lama kelamaan akan aus dan terjadi kerusakan.

Ada beberapa penyebab kulkas tidak dingin, ada yang bisa di atasi oleh orang awan dan ada pula yang harus membutuhkan tangan para ahli. Mudah-mudahan bisa menjawab pertanyaan "Kulkas Kurang Dingin Apa Masalahnya?"


Cara Mengatasi Kulkas Tidak Dingin (Perbaikan Ringan)
http://danahauses.blogspot.com/2016/12/cara-perbaikan-ringan-dan-perbaikan.html
  • Jangan Jangan Anda Lupa Mengatur Suhu
  • Hal ini mungkin saja terjadi pada pemilik kulkas baru, coba putar pengatur suhu (terletak di dekat freezer) ke posisi yang terdingin untuk mengetesnya.
  • Pintu Kulkas Tidak Bisa Menutup Rapat
  • Periksalah karet di pintu kulkas. Jika ada benda yang menganjal, coba bersihkan. Jika karet tertarik, coba kembalikan ke posisi semula. Kemungkinan besar penyebab pintu kulkas yang tidak menutup dengan sempurna adalah karet pintu kulkas yang sudah tua, jika kondisi sudah parah maka mau tidak mau anda harus mengganti dengan yang baru.
  • Jarak Kulkas Terlalu Dekat dengan Sumber Panas
  • Menaruh kulkas sebaik jauh dari barang penghasil panas seperti kompor, magic com dll. Hal ini agar sirkulasi udara kulkas lebih baik.
  • Terlalu Banyak Memasukkan Makanan (Apalagi yang Panas)
  • Buat anda yang suka memasak dan menyimpan hasilnya dalam kulkas maka suhu panas dari masakan tersebut akan menurunkan suhu dalam kulkas sehingga tidak dingin.
  • Perhatikan pula, apakah ada benda yang mengalangi sirkulasi dalam kulkas. Jangan terlalu berlebihan memasukan makanan dalam kulkas, ya sewajarnya saja.
Listrik yang tidak Stabil
Tegangan listrik sangat berpengaruh terhadap keawetan dan kinerja alat elektronik rumah tangga. Tegangan yang turun biasanya terjadi karena sambungan kabel yang salah ataupun terlalu banyak barang elektronik yang digunakan bersamaan. 

Hal ini ditandai dengan es yang tidak jadi yang disertai meredupnya lampu. Cobalah minta bantuan seorang ahli listrik, pegawai PLN untuk mengeceknya. Kita juga bisa menambahkan stabilizer untuk menjaga tegangan listrik agar tetap stabil.Bahkan orang awam pun bisa mengatasi kulkas tidak dingin jika penyebabnya adalah yang tertulis di atas.

Cara Memperbaiki Kulkas yang Tidak Dingin (Perbaikan oleh teknisi)
http://danahauses.blogspot.com/2016/12/cara-perbaikan-ringan-dan-perbaikan.html
Kerusakan di bawah ini membutuhkan bantuan dari tangan baru ahli karena harus membongkar dan menganti beberapa bagian.

Terjadi Kerusakan para Sistem Refrigan (Freon)
  • Jika pipa kapiler di sistem Refrigan tersumbat maka sirkulasi gas freon tidak akan bisa mengalir dengan baik. Pipa ini memang sangat kecil dan mudah sekali mampet jika kulkas tidak dibersihkan dengan baik.

Hal ini lebih sering terjadi pada kulkas dengan satu pintu, jenis ini tidak dibekali dengan defrost dan fan yang membantu membersihkan bunga es.
Kerusakan pada Kompresor
  • Kompresor adalah salah satu bagian terpenting dari lemari pendingin, tugasnya adalah menyebarkan hawa dingin keseluruh bagian. Bayangkan saja jika komponen ini rusak.
Komponen yang Bertugas Menjaga Suhu Rusak
Walaupun tugasnya adalah membekukan makanan, tapi kulkas juga diberi sistem untuk menjaga suhu agar tidak terlalu dingin.
  • Komponen yang bertugas dalam hal ini adalah Thermostat, Fan, Heater, Defrost, Timer. Jika komponen tersebut rusak maka suhu menjadi sangat sangat dingin dan terjadi bunga es yang menebal Kemudian menggangu kinerja kompressor untuk menyebarkan suhu.Sebaiknya jika kulkas anda mulai berkurang kinerjanya segeralah tanyakan ke orang yang ngerti listrik dan kulkas. Tentunya dilakukan sebagai tindakan preventif mencegah terjadi kerusakan yang lebih parah
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Perbaikan Ringan dan Perbaikan Berat untuk Kulkas Yang Tidak Dingin "