loading...

KIAT SUKSES DAGANG ALA CINA

loading...
Anda pasti penasaran kenapa toko orang cina selalu turun temurun dan selalu rame oleh pembeli meskipun banyak saingan disekitar mereka. Dan mereka selalu memilih cara berdagang daripada menjadi pegawai perusahaan. Nah saya mempunyai tips yang bisa membantu anda yang mempunyai bisnis toko dirumah agar laris.

Adapun yang perlu diperhatikan adalah:
  • Selalu bisa membaca peluang
    Dimanapun dan kapanpun orang cina akan melihat peluang sesuatu menjadi bisnis yang menghasilkan uang, contohnya menjelang hari raya maka dia akan menjual baju-baju khususnya busana muslim. Dan mendekati Imlek barang dagangannya diganti dengan baju-baju umum seperti gaun, kaos, hem yang berwarna merah atau menjual accesoris imlek seperti lilin, lampion, dan amplop angpaow. Jadi mereka mencari apa yang sekarang sedang musim dan tren, maka mereka akan membuat itu sebagai usaha.

  • Mendapatkan Modal
    Setiap orang yang ingin usaha sendiri pasti bertanya-tanya, modal didapatkan darimana? Banyak pilihan mulai dari pinjam bank ataupun tanpa kita mengeluarkan uang sama sekali, kok bisa? Iyah kita bisa menjual barang tanpa mengeluarkan uang sama sekali hanya dengan sistem konsinyasi yaitu kerja sama dengan pemilik barang untuk dijualkan dengan sistem bagi hasil. Hal ini memang perlu kepercayaan, jadi harus ada orang yang mau menjamin bahwa anda pengusaha yang jujur.

  • Memilih Lokasi Toko
    Lokasi toko perlu kita pertimbangkan juga karena ini juga mempengaruhi barang dagangan yang kita jual dan konsumen yang akan membeli ke toko. Misalkan saja, kita buka toko di perumahan yang sepi belum banyak penduduknya, nah disana jauh dari kota, kita bisa membuka toko dengan menjual barang-barang sembako seperti gula, beras, minyak, elpiji dll. dengan tidak adanya pesaing lebih memudahkan kita berjualan, karena konsumen di perumahan pasti juga membutuhkan sembako.
    Tetapi bagaimana dengan pesaing yang sudah ada lebih dulu ada diperumahan? Kita harus survey lebih dulu barang apa saja yang dijual , dan harganya berapa.

  • Mengatur Tata Letak Toko
    Meskipun toko kita kecil, tetapi barang harus ditata rapi, sehingga pembeli nyaman. Dan untuk lebih nyaman lagi pasang pewangi pada toko, agar lebih betah lagi didalam toko. Jika udara di toko anda panas untuk lebih iritnya jika ada konsumen datang ajah dinyalakan kipas anginnya atau jika punya uang lebih dibelikan AC.

  • Mengelola Barang Dagangan
    Rahasia sukses toko adalah mampu mengolah barang dagangan menjadi uang. Jika semakin cepat perputarannya maka semakin banyak pula keuntungannya. Sebaiknya modal kita jadikan barang dagangan semua, apabila masih berupa uang pun sebaiknya ditabungkan, kan lebih bagus uang kita berbunga daripada dibawah kasur tidak bertambah?

  • Penetapan Harga
    Kadang kita bingung mau menetapkan harga barang berapa, takutnya terlalu mahal nantinya malah rugi tidak ada pembeli, dan jika terlalu murah malah rugi juga karena tidak mempunyai laba, karena intinya orang berdagang karena ingin mengejar laba. Nah kita bisa cari tau harga barang yang kita jual melalui saingan kita.


    Caranya mudah kita membeli barang sekalian tanya harga barang itu harganya berapa, jika kita malu untuk datang, bisa kita telpon dan menanyakan harga barang yang dimaksut berapa, sehingga kita bisa menetapkan harga barang itu tidak terlalu mahal atapun tidak terlalu murah. Sebaiknya ada salah satu barang yang anda jual sangat murah untuk menarik perhatian pembeli, sehingga mereka akan membeli barang itu. Meskipun kita rugi dengan satu jenis barang, tapi kita mendapat keuntungan dengan adanya pembelian barang yang lain.

  • Mengatur Keuangan Toko
    Sebagai pemilik toko harus bisa mengatur keuangan, meskipun toko kecil sekalipun, kalau tidak bisa mengatur keuangan bisa-bisa malah bangkrut. Nah jika hari ini banyak pembeli yang membeli di toko, dan penghasilan melebihi target perhari, sebaiknya uang itu dikumpulkan bukannya diambil untuk kebutuhan kita, contoh karena hari ini laku banyak maka rame-rame makan di restoran, nah ini malah pengeluaran membengkak. Sebaiknya kita harus hidup sederhana atau kebutuhan sehari-hari harus sudah diporsi berapa yang harus dikeluarkan setiap hari.

  • Mempromosikan Toko
    Cara mempromosikan toko banyak sekali, mulai dari mencetak brosur lalu dibagi-bagikan ke rumah-rumah sampai sejauh 200M. Mengajak tetangga baru berkenalan, yang akhirnya orang baru itu akan malu jika tidak mampir ke toko anda. Pelayanan juga diutamakan dalam berjualan, karena dengan pelayanan yang baik, dan ramah maka konsumen akan lebih memilih membeli di toko anda daripada membeli ke lainnya yang pelayanannya tidak ramah.
Semoga tips ini bisa menambah percaya diri anda dalam berdagang dan membuat toko anda semakin laris. Karena salah satu tips yang kita ketahui tapi tidak kita sadari orang Cina bisa bertahan berdagang karena mereka ulet dan bekerja keras tidak mengenal kata menyerah.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

19 Responses to "KIAT SUKSES DAGANG ALA CINA"

Anonim mengatakan...

nice inpo gan

Ghany mengatakan...

Mantap gan informasinya semangat...

Unknown mengatakan...

thanks infox,.
www.rentalmobilmakassar.net

fretelin artis mengatakan...

Nice Info gan :
HOT TOP FOTO ANDINI PAMER GUNUNG KEMBAR
SEBABNYA MENGAPA BULU KEMALUAN PERLU DICUKUR
Hot Top Photo Seksi Model Indonesia

kta mengatakan...

banyak pelajaran dagang yang harus kita adop dr tehnik nya orang-orang cina...nice info

cv-tegalintanabadi.blogspot.com mengatakan...

punten gan,sy mmiliki toko yg kami sediakan pulsa,alat listrik,foto coy,parabola dll...ttpi slma 1 tahun ini sy lihat laba y hanya bisa mmbyr gaji pelayan saja...smntara untuk byr kontrak 1 thn dri laba trsbut tidak mncukupi....apa yg hrs sy lakukan...? mohon ide dan saran y,mllui sms ke hp:081906151505

waroengpakaian mengatakan...

tulisanx bagus mas,,,, lumayan banyak nambah2 wawasan saya dalam berbisnis,,,, terima kasih infonya,,,, saya tunggu info2 selanjutnya.... salam kami,,,,

izin copy artikelnya semoga bermanfaat untuk yg lainnya

brillyan scream mengatakan...

Dahsyatttt,,,,,luarbiasa....

flamboyan84 mengatakan...

Luar biasa.. Minggu ini saya akan mncoba tips nya gan.

q sbr tex mengatakan...

artikel yg sangat fundamentalis../mendasar bagi semua yg menjalani bidang usaha/dagang,,,
agar tidak monoton dan berkembang

Unknown mengatakan...

Infonya sangat menarik gan, berkunjung www.tokolaris.web.id

Toko Laris mengatakan...

infonya sangat menarik gan, berkunjung, www.tokolaris.web.id

try dewa mengatakan...

saya sebagai pemula masih takut untuk menjalankan usaha.... makasih dengan infonya gan sangat membantu.

MUSIC U ML mengatakan...

Sangat menginspirasi gan..

Unknown mengatakan...

Tengkiyu gan, semoga saya bisa jadi pengusaha yang sukses amin.

Jogjada 56 mengatakan...

tips mantap, kunjungi : www.jogjadashop.com

Coding Free Best Source Code mengatakan...

Trik lain berdagang sukses, silahkan lihat disini

Unknown mengatakan...

Bermanfaat bgt

odon ccm mengatakan...

Sangat bermanfaat buat sy.kebetulan abis kena PHk,mau buka usaha toko aja