loading...

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MEMAKAI ATAP ALDERON DAN ROOFTOP

loading...

Atap rumah memiliki posisi yang sangat penting dalam bagian rumah. Tanpa atap maka semua isi rumah akan kepanasan atau kedinginan. Tanpa atap maka Anda tidak akan bisa bertahan di dalam rumah. Karena itu atap memang harus dipilih dari bahan-bahan yang terbaik. Ada banyak jenis-jenis atap rumah yang perlu Anda pertimbangkan. Pada dasarnya Anda bisa memilih sesuai dengan model rumah dan anggaran yang tersedia.

Beberapa model atap terbaru yang sangat populer akhir-akhir ini adalah atap alderon dan rooftop. Kedua atap sama-sama bertujuan untuk melindungi bagian bawah rumah. Tapi kedua ini juga memiliki tujuan khusus yang berbeda sesuai spesifikasi atap yang Anda inginkan. Anda pasti bingung mau memilih atap alderon atau rooftop? Berikut kami berikan beberapa perbedaan alderon dan rooftop termasuk kelebihan dan kekurangan.

Atap Alderon

Alderon merupakan salah satu jenis atap yang memiliki bentuk dasar gelombang. Alderon sendiri bisa dibentuk menjadi dua macam yaitu alderon dengan rongga khusus dan alderon RS. Alderon RS terbuat dari uPVC yang memiliki single layer yang sangat sesuai untuk bangunan rumah hunian, gedung industri dan gudang. Bahkan bahan ini sangat aman untuk industri yang menggunakan bahan kimia. Sementara untuk jenis alderon uPVC terbuat dari bahan unplasticised polivinil chlorida. Desain alderon ini dibuat berongga namun sangat kokoh.

Kelebihan Alderon

1. Bentuk Gelombang yang Menarik

Atap alderon menjadi salah satu atap yang sangat populer karena memiliki bentuk yang sangat menarik. Bentuk gelombang ini menjadikan eksterior rumah sangat menarik termasuk untuk model rumah minimalis sederhana atau rumah mewah. Karena bentuknya yang bergelombang justru membuat sistem aliran air ketika hujan sangat aman sehingga anti bocor.

2. Suasana Rumah Dingin

Penggunaan atap alderon diklaim bisa membuat suasana di rumah menjadi lebih dingin dan nyaman. Hal ini karena bahan atap alderon yang bisa memantulkan panas sinar matahari dan membuat sirkulasi udara di rumah lebih lancar. Tentu saja dengan adanya kelebihan ini maka Anda bisa mengurangi penggunaan AC atau pendingin udara. Tentu saja secara tidak langsung penggunaan alderon menjadi pendingin ruangan tanpa AC.

3. Lebih Ramah Lingkungan

Atap alderon adalah salah satu jenis atap yang dibuat khusus untuk mengatasi masalah lingkungan seperti efek sinar matahari yang menembus lapisan ozon. Karena bahan atap alderon menggunakan bahan uPVC maka bisa menahan efek sinar matahari dan tahan terhadap korosi. Selain itu atap alderon juga memiliki berat standar yang cukup ringan sehingga tidak menyebabkan beban berlebihan pada material rumah. Dibandingkan dengan penggunaan genteng maka lebih aman dan tidak ditemukan penyebab atap genteng bocor seperti pada bahan atap genteng biasa.

4. Harga Lebih Ekonomis

Dibandingkan dengan model atap yang lain sebenarnya alderon termasuk jenis atap yang lebih murah. Sudah banyak toko bahan bangunan yang menyediakan atap ini dengan harga yang cukup bersaing. Kemudian nilai ekonomis tidak hanya dipengaruhi oleh biaya pembelian alderon saja tapi juga waktu instalasi yang lebih singkat. Anda bisa menghemat biaya tukang dan menurunkan biaya pembangunan rumah.

5. Kekuatan Tahanan Beban

Jika menggunakan atap alderon maka Anda tidak perlu khawatir ada masalah atap yang runtuh. Hal ini karena atap alderon bisa menahan beban sampai 530 kg. Jadi bisa Anda bayangkan bahwa saat hujan saja tidak akan terjadi masalah seperti gesekan atau masalah atap yang jebol karena air hujan yang sangat deras.

Kekurangan Alderon
Harga tidak ekonomis. Meskipun salah satu kelebihan alderon adalah harga yang cukup terjangkau sebenarnya tidak bisa dikatakan demikian. Karena bahan alderon sudah melewati uji bahan dan jaminan mutu sebenarnya bahan ini cukup mahal. Nilai ekonomis hanya didapatkan dari kemudahan instalasi dan berkurangnya biaya pergantian atap.
Pilihan warna kurang variatif. Meskipun memiliki bentuk yang cantik ternyata alderon hanya memiliki warna biru dan putih. Tentu ini sangat menyulitkan untuk padu padan eksterior rumah.
Batas ketahanan api. Bahan ini dikatakan bisa tahan api. Tapi sebenarnya memiliki batas khusus meskipun kerusakan tidak terlalu parah. Jadi tetap tidak bisa dikatakan tahan api sepenuhnya.

Atap Rooftop

Atap rooftop adalah salah satu jenis atap yang terbuat dari bahan UPVC dengan bentuk berongga atau bergelombang, kaya warna dan kemudian diberi nama merek atap Rooftop. Struktur atap berongga atap rooftop ternyata dibuat untuk mengatasi masalah suhu udara dibagian bawah rumah dan pantulan suara dari luar rumah.

Kelebihan Rooftop

1. Lebih Dingin

Bentuk atap rooftop mengacu pada bentuk double twinwall sehingga ada rongga dibawahnya. Model atap ini sangat nyaman karena lebih dingin dibandingkan dengan model atap genteng atau atap bahan logam.

2. Efek Kedap Suara

Atap rooftop juga lebih tahan terhadap suara. Struktur dinding double pada atap bisa menahan suara dari luar sehingga rumah menjadi kedap suara. Meskipun tidak sepenuhnya jadi sayup kecil masih terdengar dari dalam rumah.

3. Tahan Karat

Rumah tropis seperti di Indonesia sangat aman dengan menggunakan atap rooftop karena tahan karat. Model atap ini tidak akan karatan hanya karena hujan dan panas. Bahkan sangat aman untuk rumah yang terletak di pesisir pantai.

4. Kuat

Atap rooftop memiliki desain yang sangat kuat. Bahkan bisa menahan beban lebih dari 500 kg. Sehingga ini jenis atap yang sangat aman terutama untuk model rumah besar. Bahkan jika diinjak oleh tukang maka atap tidak akan hancur.

5. Hemat dan Tahan Lama

Selain biaya yang lebih murah ternyata atap rooftop juga tahan lama. Bahkan model atap ini bisa bertahan lebih dari 15 tahun. Jadi bayangkan jika Anda tidak perlu mengganti atap secara berkala dan atap tetap aman.

Kekurangan Atap Rooftop

Ada banyak jenis atap rooftop. Kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan adalah harus sesuai dengan kebutuhan bangunan Anda. Perhitungkan sesuai luas bangunan dan kebutuhan Anda. Jangan sampai salah hitung sehingga justru anggaran rumah membengkak.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MEMAKAI ATAP ALDERON DAN ROOFTOP "