UNTUK KESEHATAN ANAK, Orangtua Harus Berhenti Merokok!

Udara dalam ruangan ternyata lebih berbahaya daripada di luar ruangan. Berdasarkan penelitian American College of Allergies sekitar 50 persen penyakit disebabkan oleh polusi udara dalam ruangan. Termasuk penyakit asma.

Hal tersebut diungkap dalam Majalah Asma yang dikeluarkan Yayasan Asma Indonesia yang ditulis Dr. Tria Damayanti. Menurutnya, dari beberapa pemicu asma dalam ruangan yang patut menjadi perhatian khusus adalah asap rokok. Karena anak asma yang orangtuanya merokok beresiko lebih sering terjadi serangan asma akut, infeksi saluran pernapasan dan 6 kali lebih sering infeksi telinga dibandingkan anak yang orangtuanya tidak merokok.

Lalu dengan sangat jelas ia mengatakan, rumah penderita asma harus bebas dari asap rokok. Sekalipun mereka yang merokok tersebut merokok di ruangan lain atau ketika anak sedang tidur masih tetap berpengaruh karena zat kimia yang ditinggalkan asap rokok masih tersisa.

Lebih lanjut ia mengatakan berbagai macam polusi dalam ruangan selain asap rokok, yaitu asap obat nyamuk yang dibakar, disemprot atau menggunakan listrik dan elektrik asap dapur, hairspray, deodorant, bau yang tajam, pengharum ruangan dan pembakar sampah.

Selain itu juga terdapat pencetus asma yang dikategorikan sebagai alergen yaitu debu rumah, tungau, kecoa, jamur, kapuk dan bulu binatang seperti anjing, kucing, ayam serta burung.

Kemudian ia menambahkan, pencetus asma juga terkait dengan ventilasi yang buruk. Ventilasi seperti ini akan membuat gas hasil pembakaran saat memasak seperti nitrogen dioksida, karbon monoksida dan sulfur dioksida dapat mencapai kadar toksik akan tertahan di dalam ruangan rumah.
Read more ...

Jangan Biarkan Anak Suka Jajan!


Jajanan dengan berbagai jenis bentuk dan warna dikemas secara menarik, lantas disajikan para pedagang kepada anak-anak di lingkungan sekolah maupun perkampungan setiap hari. Tetapi, masyarakat tidak tahu kandungan gizi atau bahkan jajanan itu berbahaya bagi kesehatan anak.


Di sisi lain, orangtua selalu memberi uang jajan kepada putra putrinya ketika mau berangkat sekolah dan merasa kasihan jika anak balitanya merengek minta jajan tetapi tidak dipenuhi.Orangtua merasa bersalah apabila tidak menuruti kemauan anak, karena orangtua bekerja mencari uang juga untuk keperluan anak.


Apalagi bagi keluarga mampu, jika orangtua tidak memberikan uang jajan atau menuruti kemauan anak maka akan dicap tetangga kanan kiri sebagai orangtua yang pelit.
Sebenarnya, boleh saja anak jajan tetapi pada saat tertentu atau kadang-kadang saja, jangan biarkan jajan menjadi kebiasaan rutin anak.


Namun, sebagian masyarakat modern sekarang ini justru bangga dengan kebiasaan buruk anak tersebut, karena merasa bisa menuruti kemauan anak. Jika orangtua membiarkan kebiasaan anak jajan di sekolah sebenarnya merugikan bagi anak dan orangtua, karena makanan yang dibeli anak belum tentu bergizi dan sehat.


Dari pada memberikan uang jajan kepada anak, orangtua dapat memberikan penggantinya dalam bentuk bekal makanan sebab jajanan belum tentu terjamin nutrisi dan kebersihannya, khususnya jajanan di luar sekolah.


Berdasarkan hasil survei Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada 2007, dari 4.500 sekolah di Indonesia ada 45 persen jajanan yang dijual di sekitar sekolah tercemar bahaya pangan mikrobiologis dan kimia.


Bahaya utama berasal dari cemaran fisik mikrobiologi dan kimia seperti pewarna tekstil. Jenis jajanan berbahaya ini meliputi makanan utama, makanan ringan, dan minuman.


Psikolog Universitas Indonesia, Mayke S. Tedjasaputra mengatakan, untuk mencegah kebiasaan jajan anak harus dimulai dari pola makan keluarga. Salah satu cara adalah membuat "kudapan tandingan" yang tidak kalah enak dari jajanan yang dapat dibeli di luar rumah.
Sebagai upaya preventif, katanya, anak harus dikenalkan pada pola makan sehat dan orangtua harus dapat dijadikan contoh atau panutan.


"Tidak ada gunanya melarang anak jajan kalau orangtuanya juga sering jajan dengan alasan tidak sempat memasak karena kesibukannya," katanya.
Selain itu, sebagai upaya kuratif, orangtua harus dapat menata kegiatan makan, membuat penganan bersama dengan anak, dan memperkenalkan anak pada berbagai jenis makanan.
Menurut dia, orangtua harus berani bertindak tegas untuk melarang anak yang suka jajan, karena kebiasaan ini bisa berpengaruh pada pola makan anak.
"Orangtua harus bertindak tegas terhadap kebiasaan kurang baik itu. Bertindak tegas bukan berarti harus dengan cara kekerasan membentak atau lainnya, tetapi anak dibatasi untuk jajan," katanya.
Ia mengatakan, kebiasaan jajan dapat mengurangi nafsu makan anak di rumah, apalagi makanan yang ia beli belum tentu bergizi dan sehat.

Untuk mencegah kebiasaan tersebut, bagi balita biarkan anak menangis kalau mau minta jajan. "Sampai menangis berguling-guling pun biarkan dia. Ini sebagai pembelajaran," katanya.
Namun, orangtua harus memberi pengertian pada si kecil bahwa kebiasaan jajan tidak baik dan ia diberi kesempatan untuk jajan pada hari tertentu saja, jangan setiap hari.
Ia mengatakan, kebiasaan jajan bagi anak merupakan pengalaman yang menyenangkan. Kadangkala kebiasaan ini untuk melawan orangtua, agar sama dengan teman lainnya, dan untuk "membeli" atau disukai teman.

Menurut dia, untuk mengurangi kebiasaan anak jajan di sekolah bisa dimulai dengan membatasi pemberian uang jajan. Boleh jajan pada waktu atau hari tertentu saja.
Spesialis gizi klinik Departeman Radioterapi Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr. Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK mengatakan, untuk mencegah anak suka jajan makanan kurang sehat (kurang higienis, mengandung pengawet dan pewarna) di sekolah, orangtua harus membiasakan anak untuk sarapan pagi.

Ia mengatakan, sarapan pagi sangat penting karena merupakan persiapan asupan energi untuk beraktivitas dan untuk menyerap pelajaran di sekolah.
Bagi anak yang susah makan di rumah, orangtua harus bisa memberikan pengertian bahwa makanan untuk kebutuhan tubuh anak bukan untuk kepentingan orangtua.
Read more ...

Susu Sapi Dapat Membuat Bayi Alergi

Dokter spesialis anak ahli imunologi Dr Zakiudin Munasir mengatakan, susu sapi dan produk turunan susu sapi lainnya merupakan penyebab alergi terbesar, terutama pada bayi. Dr Zakiudin Munasir, dalam seminar "Apakah Alergi diturunkan Secara Genetik" di Jakarta, Selasa, mengatakan, susu sapi yang merupakan protein asing utama bagi bayi pada bulan-bulan awal kehidupannya berpotensi menimbulkan reaksi alergi yang pertama kali, dengan gejala-gejala pada saluran cerna seperti diare dan muntah.

Menurut dia, adanya protein asing dalam tubuh bayi dan ditambah kondisi saluran pencernaannya yang belum sempurna, sehingga bayi rentan mengalami alergi yang diakibatkan oleh susu sapi ini.
"Makanan yang cocok untuk bayi adalah ASI (air susu ibu). Itulah sebabnya, bayi disarankan diberi ASI (air susu ibu) eksklusif, setidaknya hingga usia 6 bulan," kata Zakiudin.
Fungsi ASI dalam mencegah alergi karena mengandung zat gizi lengkap yang dibutuhkan bayi, termasuk protein "Hypo allergenik", DHA, probiotik dan kolostrum yang dapat melindungi bayi dari alergi.
Alergi merupakan reaksi kekebalan tubuh yang menyimpang atau berubah dari normal yang dapat menimbulkan gejala merugikan tubuh mulai dari gangguan pernafasan, kulit hingga mata.
Selain susu sapi, Zaikudin juga menyebut makanan lain, seperti telur, makanan laut, kacang-kacangan dan masih banyak lagi macamnya pemicu alergi.

Zakiudin menjelaskan bahwa angka kejadian alergi terus meningkat sejalan dengan perubahan pola hidup masyarakat yang semakin modern.
Dia menyebut, banyaknya zat yang terkandung di dalam makanan dan minuman, selain itu tingginya polusi saat ini merupakan penyebab terjadinya alergi.
"Memang alergi di Indonesia tidak sebesar di negara maju lainnya, namun ityu perlu diwaspadai," tegasnya.
Zakiudin menyebut tiga tindakan pencegahan terjadinya alergi, yakni menghindari pencetus alergi, menjalani hidup sehat dan memakai obat-obatan.
"Jika terjadi alergi, hindari makanan atau hal lain yang menjadi pemicunya. Jika sudah terjadi yang lakukan dengan obat-obatan atau terapi," katanya.
Terkait pengobatan alergi, dokter biasanya memberikan obat-obatan seperti antihistamin dan kortikosteroid (baik yang diberikan lewat mulut, suntikan, maupun inhalasi) untuk memperkuat dinding sel mast dalam tubuh pasien.


kompas.com
Read more ...

CARA MENCURI HATI PIMPINAN


Siapa sih yang tak ingin dikenal atasan? Tak bisa dipungkiri menjaga hubungan baik dengan atasan bisa menjadi wild card Anda untuk mencapai jenjang karir yang diinginkan. Karena itu untuk menjalin kedekatan dengan si bos, Anda perlu mencuri hatinya terlebih dulu. Begini


caranya.
Datang ke kantor lebih awal. Datang ke kantor tepat waktu itu biasa. Jika Anda melakukan ini, Anda sama saja dengan rekan-rekan yang lain. Kalau Anda ingin merebut perhatian si bos, jadilah orang pertama yang datang ke kantor. Setidaknya datanglah 30 menit lebih awal. Sehingga wajah Anda lah yang pertama kali terlihat oleh si bos di kantor.

Jaga citra baik atasan. Bila atasan Anda memiliki kesan baik di mata publik, Anda pun akan dinilai baik. Jadi, usahakan untuk selalu menjaga citra atasan. Anda bisa memulainya dengan tidak membicarakan kekurangan atasan Anda di sembarang tempat. Hati-hati lho, tembok juga punya telinga. Jangan sampai keluhan Anda tentang si bos didengar orang lain.

Calm down. Pribadi yang tenang, stabil, dan tak emosional selalu punya nilai lebih di mata atasan. Pasalnya, saat menghadapi masalah serumit apa pun, Anda bisa menyelesaikannya dengan kepala dingin. Bila Anda tetap under control kala menghadapi masalah, tentu Anda bisa menyelesaikan setiap persoalan dengan cara paling baik. Sehingga, atasan akan melihat Anda sebagai karyawan yang bisa diandalkan dan tak takut menghadapi krisis.

Bersikap tegas. Bila selama ini Anda memelihara sikap "tak enakan" dengan rekan kerja, mulai sekarang kurangi sikap tersebut. Belajarlah bersikap lebih tegas dalam mengambil keputusan. Apalagi, bila Anda diberi kepercayaan oleh atasan untuk memimpin sebuah proyek. Anda akan dituntut untuk berpikir cepat dan cekatan. Sikap "tak enakan" akan membuat Anda ragu-ragu dan lambat membuat keputusan. Ini tentu akan berdampak negatif pada performa kerja Anda.

Perluas pengetahuan. Kalau Anda terlihat cerdas dan tahu banyak hal, tentu atasan takkan segan mengandalkan Anda dalam beberapa proyek. Rajinlah meng-upgrade keahlian kerja Anda dan menjadi orang yang update tentang berbagai informasi baru. Sehingga Anda menjadi orang yang akan ditanya ketika bos membutuhkan informasi.

Tidak perhitungan. Setiap orang di kantor Anda memang sudah memiliki job desk masing-masing. Tetapi, tak menutup kemungkinan Anda akan mendapat tugas tambahan dari atasan. Nah, bila ini terjadi, sebaiknya Anda jangan langsung menolak tugas tersebut. Terima saja, meski proyek tersebut mungkin dianggap kurang penting oleh orang lain. Anggap saja Anda sedang mempelajari hal baru. Jadi, tak perlu terlalu perhitungan dengan tenaga yang Anda keluarkan untuk kantor. Percaya deh, atasan Anda takkan mendelegasikan tugas tanpa alasan. Siapa tahu, si bos justru sedang mengetes kesiapan Anda dalam menerima tanggung jawab baru.

Komunikatif. Pada saat rapat, usahakan untuk tidak sekadar menjadi peserta, tetapi jadilah orang yang selalu mengungkapkan segala ide. Untuk itu memang diperlukan penguasaan teknik public speaking untuk menyampaikan ide dan gagasan yang Anda miliki. Setiap atasan akan senang dengan karyawan yang pandai berkomunikasi dan menyampaikan idenya secara jelas. Karena, pada dasarnya kemampuan Anda dalam menguasai suatu hal akan terlihat dari cara Anda berbicara.

Jeli melihat masalah. Setiap proyek tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Sebelum evaluasi bersama atasan, ada baiknya Anda mengevaluasi dulu apa yang menjadi kekurangan proyek tersebut. Setelah itu, cobalah untuk menyiapkan solusinya. Tak perlu takut salah, kesiapan Anda pada saat evaluasi justru akan dihargai oleh atasan. Anda akan dinilai peka dan peduli terhadap masalah perusahaan. Jangan heran kalau setelah ini, si bos akan sering-sering memanggil Anda.

(Bestari Kumala Dewi/KOMPAS.COM)
Read more ...

Mengkonsumsi Lemak Penting bagi Anak

Orang tua tidak perlu takut memberikan asupan lemak kepada anak selama masih pada porsi yang dianjurkan, kata dokter spesialis gizi klinik pada Departemen Radioterapi Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK. "Jangan sampai anak tidak mendapatkan makanan yang mengandung lemak, karena khawatir kegemukan.
Lemak diperlukan untuk pertumbuhan anak, termasuk pertumbuhan otak," kata Fiastuti, yang juga staf luar biasa Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, ini di Jakarta.
Ia mengatakan, asupan nutrisi yang tepat sangat diperlukan untuk pertumbuhan anak menjadi optimal. Setiap hari anak membutuhkan gizi seimbang yang terdiri atas asupan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral.
Asupan kandungan nutrisi tersebut dapat diperoleh dari variasi makanan yang dikonsumsi. Konsumsi lemak hingga 30 persen dari total energi setiap hari diperlukan untuk menyerap vitamin penting, seperti A, D, E, dan K secara maksimal.
"Masalah gizi anak sebaiknya mendapatkan perhatian khusus melihat masih sering munculnya kesalahpahaman orang tua terhadap hal ini," katanya.
Ia menyebutkan, ada tiga masalah gizi, yakni kurang gizi, kelebihan gizi, dan salah gizi yang masing-masing memiliki indikasi dan akibat yang berbeda.
Untuk menghindarinya, katanya, perlu komposisi seimbang antara karbohidrat (45-65 persen), protein (10-25 persen), lemak sedikitnya 30 persen, dan bermacam vitamin lain mutlak diberikan kepada anak untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan fisik, perkembangan otak, kepandaian, dan kematangan sosial.
Menurut dia, perencanaan makan yang cerdas oleh orangtua diperlukan demi menciptakan pola makan yang sehat, terkontrol, dan menyenangkan. Kuncinya adalah jumlah kalori sesuai kebutuhan, jadwal makan teratur, dan jenis makanan dengan komposisi karbohidrat, protein, dan lemak seimbang, di samping nutrien spesifik yang terpenuhi.
kompas.com
Read more ...

TIPS MENGHINDARI PENYAKIT KANKER

Sumber dari Situs Depkes mengatakan ada 6 juta pasien kanker baru pertahun di dunia. Setiap tahun jumlah penderita kanker di dunia bertambah 6,25 juta orang. Di negara-negara berkembang, setiap tahunnya tercatat 100 penderita kanker dari setiap 100.000 penduduk. Di Indonesia jumlah penderita kankernya mencapai 6 persen dari populasi.


Jika dibandingkan dengan catatan sensus penduduk tahun 2000 dari Badan Pusat Statistik yang menyebutkan jumlah penduduk Indonesia mencapai 203,46 juta orang, maka penderita kanker di Indonesia kira-kira berjumlah 12.180.000 orang.




Terkait dengan data tersebut baik jika kita menyimak dan menyikapi publikasi yang dikeluarkan Rumah Sakit Pusat Kanker Nasional Dharmais tentang 10 Cara Menghindari Kanker. Harapannya semoga kita bisa lebih arif dalam menjalankan pola hidup menuju hidup sehat dan produktif. Berikut kesepuluh cara tersebut:



  • Berhenti merokok.Merokok merupakan sebab utama kanker paru dan hampir 30 persen menjadi penyebab terjadinya jenis kanker lain. Jika merokok di rumah maka akan menyebabkan terpaparnya seluruh penghuni rumah, termasuk anak-anak, dengan asap rokok dan menyebabkan penyakit saluran pernapasan.
  • Hindari sinar matahariSinar matahari berlebih bisa sebabkan kanker kulit. Untuk itu lindungi kulit Anda dengan krim tabir surya, gunakan baju berlengan panjang dan topi atau payung di saat terik matahari memancar.
  • Kurangi kadar lemak dalam makananMakanan yang mengandung banyak lemak menyebabkan peningkatan berat badan dan kegemukan. Hal tersebut menjadi penyebab kanker di kandungan, kandungan empedu, payudara, dan kolon. Mengontrol berat badan dengan diet seimbang dan olahraga akan mengurangi resiko Anda terkena kanker.
  • Perbanyak makanan berserat Gandum, beras, sayuran, dan buah-buahan merupakan sumber serat alami yang sangat baik dan melindungi Anda dari kanker kolorektal. Makanan yang banyak mengandung serat seperti roti gandum, dedak, jagung, beras, bayam, kentang, apel, peer, dan tomat sebaiknya dikonsumsi secara teratur setiap hari.
  • Kurangi konsumsi makanan yang diasap, dibakar, dan diawetkan dengan nitritKanker oesofagus dan lambung lebih sering dijumpai di negara yang penduduknya banyak mengkonsumsi makanan yang diproses dengan penguapan maupun diawetkan dengan nitrit. Dalam makanan yang dibakar diketahui kandungan zat yang meningkatkan resiko kanker lebih tinggi.
  • Pilih makanan yang banyak mengandung vitamin A dan CVitamin alami dan zat penting lain yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan dapat melindungi kita dari kanker oesofagus, laring, lambung dan paru. Jeruk, pisang, mangga, pepaya, tomat, dan buah-buahan tropis lainnya, wortel serta brokoli merupakan sumber dari vitamin dan zat-zat penting.
  • Konsumsi lebih banyak sayuran golongan kubisPenelitian menunjukkan bahwa sayuran yang termasuk dalam golongan kubis, seperti kol, brokoli, bunga kol, bak choy, dan kale dapat melindungi Anda dari kanker lambung, kolorektal dan kanker saluran nafas.
  • Hindari minuman beralkoholMengkonsumsi alkohol dalam jumlah banyak beresiko tinggi terkena kanker hati dan lambung. Merokok yang disertai minum alkohol akan meningkatkan resiko yang amat besar terjadinya kanker mulut, tenggorakan, laring dan oesofagus.
  • Periksalah diri secara teraturBagi perempuan dianjurkan melakukan pap smear, pemeriksaan payudara sendiri maupun dengan mammografi untuk mendeteksi adanya kanker leher rahim dan payudara. Sedangkan untuk laki-laki rajinlah untuk memeriksakan diri dari bahaya kanker prostat dan kanker testis.
  • Pola hidup yang seimbangMakan yang cukup dan gizi seimbang, penggunaan waktu yang seimbang antara bekerja, istirahat, rekreasi dan olahraga, serta selalu mendekatkan diri pada Tuhan dapat mengurangi resiko timbulnya kanker.




kompas.com

Read more ...

Membuat Rumah Tampak Menjadi Baru


Berikut ini ada beberapa tips bila Anda ingin mengolah fasade (wajah) rumah lama menjadi tampak baru:


  1. Tentukan metode pengolahan fasade yang Anda inginkan (metode pertama atau kedua).

  2. Sebelum Anda memilih material akhir (sesuai dengan karakter rumah yang diinginkan) untuk fasade, kenali karakter materialnya dan surveilah harga terlebih dahulu di beberapa tempat sebagai bahan perbandingan.

  3. Pilihlah material akhir yang murah dan mudah dalam perawatannya.

  4. Bila Anda ingin berekplorasi dengan warna, pilihlah warna-warna (cat) yang lembut, dan gunakan warna primer sebagai eye catching.

  5. Material fasade bisa bervariasi, seperti batu alam, semen, plester yang di cat, atau kayu. Elemen penghijauan pun bisa jadi elemen finishing fasade, seperti tanaman rambat pada dinding.

  6. Jika menggunakan fasade batu alam, sebaiknya di-coating cairan finishing agar tidak berjamur, sedangkan fasade kayu, gunakan yang tahan lama, seperti damar atau kayu ulin.

  7. Hampir semua jenis bangunan dapat dibentuk fasadenya agar tempat tinggal lebih mencerminkan gaya hidup pemiliknya. Dan disarankan menggunakan jasa arsitek untuk membuat fasade agar kualitas materialnya lebih terjaga


Nova
Read more ...

Cara Membersihkan Cermin Kotor

Cipratan air dan busa sabun yang terus menerus, akan meninggalkan noda di permukaan cermin. Itulah sebabnya, cermin di kamar mandi cepat berubah menjadi kusam. Cermin kusam dan bernoda tentu membuat kita tak nyaman, saat mematut diri di depannya.

Ada banyak cara bisa digunakan untuk menghilangkan noda dan kusam. Alat yang diperlukan sangat sederhana, hanya lap bersih dan air hangat. Cara membersihkannya sebagai berikut:
Celupkan lap bersih ke dalam air hangat, kemudian peras.
Gunakan kain lembap tersebut untuk mengelap kaca yang kusam.
Lakukan berulang-ulang, hingga cermin kembali cemerlang.
Jika noda tak kunjung hilang, coba gunakan lap bertekstur lebih kasar atau spons.
Agar permukaan cermin tak tergores, gosok permukaannya dengan perlahan.
Jika noda masih juga membandel, kemungkinan besar noda berasal dari balik cermin.
Untuk menghindari noda seperti ini, ketika membersihkan cermin, jangan semprotkan cairan apapun ke cermin. Pasalnya, cairan dapat merembes ke bagian belakang cermin, melalui sela-sela bingkai. Cairan ini, apalagi cairan kimia, dapat menimbulkan noda yang sulit dibersihkan. Jika tetap ingin menggunakan cairan kimia pembersih, semprotkan pada kain lap, jangan pada permukaan cermin.
Read more ...

Mempercantik kamar atau ruangan sepertinya bukan hal yang mudah. Untuk mendekorasi ruangan seperti kamar tidur, ruang makan atau ruang tamu dibutuhkan ide dan kreativitas yang selaras.
Walau begitu, mempercantik ruang sebenarnya bukan hal sulit. Anda pun bisa melakukannya sendiri asalkan tahu panduannya. Nah..berikut adalah 7 tip menarik dari Julie Mihaly yang dapat dijadikan panduan mempercantik ruangan Anda.


1. Bikin koleksi dadakanMulailah menyeleksi atau mengumpulkan benda-benda sejenis di rumah Anda Tempatkanlah benda-benda tersebut di satu lokasi untuk menciptakan koleksi dadakan. Koleksi ini dapat mengundang perhatian dan mungkin menjadi barang berharga yang sebelumnya tak pernah Anda pikirkan.

2. Hindari pola simetrisSimetris memang memberi kesan teratur dan kalem pada suatu ruang, namun jika berlebihan pun dapat membuat ruang menjadi terasa kaku dan statis. So, buatlah penataan yang lebih fleksibel. Jika furnitur Anda disusun secara simetris, pasanglah hiasan dinding secara asimetris, atau tempatkanlah secara lebih bebas.

3. Atur penggunaan ruangTentukan penggunaan sebuah ruang dengan cara mengatur posisi furnitur. Tempatkanlah posisi kursi lebih dekat dengan area tempat mengobrol atau bercengkrama. Di ruang keluarga, Anda juga dapat membuat pola trafic yang sifatnya non-intrusif saat Anda menyusun posisi furnitur. Ini penting agar Anda tetap nyaman dan tak terganggu oleh aktivitas lainnya misalnya saat menonton TV.

4. Jangan ada sudut kosongJangan biarkan ada salah satu sudut ruang di rumah yang tampak luas atau lega sehingga membuat tatapan mata menjadi kosong. Isilah sudut tersebut dengan beragam cara mulai dari memajang rangkaian foto keluarga, menempatkan kursi yang nyaman; pot bunga atau tumbuhan atau mengisinya dengan lampu sudut yang menarik.

5. Semarakkan dengan BungaBunga akan memberi kesan yang indah dan semarak pada ruangan. Namun Anda tak perlu harus selalu menyediakan karangan bunga. Pakailah vas atau gelas berisi air sebagai wadah ranting berdaun, tumbuhan paku atau, jenis tumbuhan lainnya. Ranting-ranting, bahkan yang daunnya tampak jarang sekalipun, bisa memberikan kesan grafis - dengan mempertimbangkan pengguaan vas yang kecil.

6. Jangan pasang terlalu tinggi Tempatkan hiasan dinding atau foto-foto dalam jarak pandang yang sejajar dengan mata, atau sekitar 60 inci dari lantai.

7. Atur tata cahayaCahaya dapat mengubah rasa dan mood dari keseluruhan ruang. Aturlah pencahayaan dalam ruang supaya terasan nyaman. Tata cahaya merupakan elemen penting yang membuat setiap ruang tampil lebih indah dan berfungsi lebih efektif. Dengan cahaya, Anda dapat membuat ruang terasa nyaman untuk beraktifitas. Cahaya juga dapat membuat ruang jadi kalem sehingga cocok untuk relaksasi. Sebaliknya, pengaturan yang buruk akan membuat ruangan menjadi tidak nyaman untuk kedua kegiatan itu.

Menggunakan dimmer, intensitas cahaya dapat diatur sekehendak hati untuk memperoleh suasana yang sesuai mood. Keputusan apa pun yang Anda tetapkan, akan sangat berpengaruh terhadap segala aspek pada ruangan. Cahaya dan bayangan dapat membuat elemen dekoratif atau furnitur terlihat lebih indah.

kompas.com

Read more ...

Apakah Rumah Anda Berada di Tanah Miring

Tidak perlu jauh-jauh. Lihat saja kontur geografis di kawasan Puncak, Cianjur, Jawa Barat. Kontur berbukit, lereng, dan lembah menjadikan pendirian bangunan di kawasan tersebut berada di bidang tanah miring (slope).

Tapi kenyataannya, kawasan puncak tetap digemari baik oleh pengembang besar, perorangan, serta para konsumen. Itu sudah terbukti, meskipun sudah diperingatkan dan bahkan digusur berkali-kali, pembangunan vila di kawasan sejuk tersebut makin marak.

Dilihat dari persoalan posisi bidang tanah, sebetulnya hal yang paling penting dimengerti adalah keselarasan bidang tanah dengan keadaan sekitar. Dari situ bisa diambil kesimpulan bahwa membangun rumah di puncak sebuah bukit, di sekitar lereng, atau di lembah mengundang bahaya sendiri.

Posisi bidang miring tentu tidak menguntungkan di saat banjir dan longsor, yang dewasa ini mengancam hampir seluruh wilayah dataran tinggi Indonesia. Untungnya, di kota seperti Jakarta—yang merupakan dataran rendah—persoalan tanah miring tidak separah halnya di kawasan dataran tinggi.

Di kota, misalnya, kontur miring kebanyakan terjadi akibat bidang tanah lebih rendah atau lebih tinggi dari jalan dan mestinya itu bukan sebuah persoalan memusingkan. Untuk itu, beberapa hal di bawah ini perlu diperhatikan saat Anda akan memilih rumah atau sudah telanjur memilikinya:

Harga lebih murah, Hapus anggapan tentang rumah di tanah berkontur miring adalah yang terbaik. Ketika hendak membeli tanah yang miring, baik miring ke bawah maupun miring ke atas, hal tersebut dapat dijadikan pegangan Anda saat bernegosiasi untuk menurunkan harga rumah dari pemilik tanah atau rumah.

Biaya tambahan, Tentu butuh dana tambahan untuk membangun rumah di atas tanah miring. Sebutlah biaya meratakan tanah, menguruk, serta membangun bagian rumah lain, baik itu ke bawah maupun ke atas.

Rumah dua tingkat Membangun rumah dua tingkat membuat posisi rumah berada di atas jalan. Gunakan lantai atas sebagai aktivitas, sedangkan bagian bawah dijadikan ruang perpustakaan, garasi, dan lain-lainnya sebagai ruang pelengkap.

Tanam pohon Jika memang posisi kemiringan cukup signifikan atau tak ubahnya berada di sebuah puncak bukit, kondisi itu juga bukan tanpa solusi. Caranya, banyak menanam pohon di sekitar rumah.
Hal ini akan membuat kondisi sekitar sepadan dengan hunian Anda.
kompas.com
Read more ...

Cara Menjaga Tulang Tetap Kuat

Tulang yang kuat merupakan hal vital untuk kesehatan dan kondisi keseluruhan tubuh. Sejalan dengan bertambahnya usia kekuatan tulang kita juga mulai berkurang. Kalau dimisalkan mesin, setiap gerakan yang dilakukan setiap hari membuat engsel-engselnya semakin merapuh. Tapi kita dapat melakukan usaha untuk mempertahankan kekuatan tulang kita. Simak beberapa panduan di bawah ini.
  1. Konsumsi makanan tinggi kalsium dan vitamin D. Ada beberapa jenis makanan yang dapat memenuhi fungsi ini, yang terdapat pada sayuran berwarna hijau tua, brokoli, sardines, salmon, kerang dan produk susu.
  2. Usahakan tidak mengkonsumsi padi-padian penuh dan makanan tinggi kalsium di saat yang sama. Padi-padian penuh mengikat kalsium dan mencegah kelancaran penyerapannya.
  3. Nikmati makanan yang berisi belerang. Yang terbaik terdapat pada garlic dan bawang.
  4. Hindari makanan atau minuman yang mengandung fosfat seperti soft drink. Makanan dan minuman yang mengandung fosfat membuat tubuh kita mengeluarkan kalsium.
  5. Kurangi atau hindari makanan dengan protein hewani yang tinggi. Makanan tinggi protein menyebabkan kalsium menguap dari tubuh Anda.
  6. Kurangi konsumsi kafein.
  7. Berolah raga rutin setiap hari. Latihan mengurangi berat badan, seperti lari, angkat beban atau menari, bagus untuk kesehatan tulang.
  8. Konsumsi suplemen kalsium, magnesium dan vitamin D jika Anda tak yakin dengan pola makan yang biasa dilakukan.

kapanlagi.com

Read more ...

Tip Menghindari Pilek Dan Flu Yang di Tempat Kerja

Hindari Pilek Dan Flu

Musim penghujan tiba! Sakit flu pun mulai mewabah. Semua orang pasti pernah terserang flu atau pilek. Tapi memang ada beberapa orang uang jarang terkena penyakit ini, ada juga yang jadi langganan kena flu. Apa sih yang membuat beda? Dan kenapa saat musim penghujan tiba, kita lebih mudah terjangkiti penyakit ini?
Ada beberapa tips yang dapat Anda ambil di sini untuk menghindari flu.
  • Virus flu bertahan lebih lama di saat musim dingin, udara kering membuat virus ini lebih mudah berjangkit hanya lewat batuk atau bersin. Untuk menghindari berjangkitnya virus ini usahakan untuk membuat temperatur udara tetap hangat di ruangan sewaktu musim penghujan datang. Dengan cara ini mencegah virus menular dengan mudahnya lewat udara.
  • Tinggalkan anak-anak yang sedang sakit di rumah. Jangan bawa anak Anda yang sedang sakit ke tempat kerja. Bukan hanya tidak bagus untuk anak Anda tapi juga membawa resiko menular pada rekan kerja.
  • Hindari duduk berdekatan di tempat kerja. Jika Anda berbagi telepon dan komputer dengan orang lain, jangan ragu untuk mengelap telepon, keyboard dan mouse dengan alkohol setiap harinya. Jelaskan pada rekan Anda ini untuk melindungi dia dan Anda.
  • Jangan berbagi makanan, tempat makan atau perlengkapan di tempat kerja - Anda tidak tahu siapa yang 'mencucinya' terakhir kali. Pikirkan soal apa yang mereka makan, yang pasti tidak Anda ketahui.
  • Keluar lah dari ruang kantor dan hirup udara segar! Jalan-jalan lah! Dengan cara ini Anda membersihkan paru-paru sekaligus menjernihkan kepala. Saat musim penghujan kenakan baju hangat untuk membuat Anda merasa nyaman.
  • Terapkan pola makan seimbang. Perbanyak vitamin C, yougurt untuk keseimbangan usus dan protein untuk kekuatan otot. Kebanyakan dari kita capek mendengar tentang kegunaan dari pola makan seimbang tapi memang kita tidak dapat memungkiri manfaatnya. Pelajari makanan apa saja yang menyediakan elemen-elemen ini dan pertahankan.
  • Hindari apa saja yang membuat Anda alergi. Kalau Anda alergi pada kucing, hindari binatang ini selama sakit flu. Sakit flu menurunkan imun Anda dan lebih beresiko terkena virus lain yang melayang-layang di udara.
  • Cukup tidur. Pergi lah tidur lebih awal. Tak ada penyembuhan yang lebih baik selain tidur nyenyak di malam hari. Tidur memperkuat tubuh dan pikiran Anda.
  • Cuci tangan. Apa Anda baru saja bersalaman dengan orang lain? Apa Anda tahu apa yang baru dipegang oleh tangan itu? Sekarang, bayangkan kalau 20 orang bersin dengan menutupkan tangan mereka di kantor, lalu berjalan ke tempat gelas dan mengambilnya, membuat kopi, mengambil gula dan lain lain. Jadi selalu ingat untuk cuci tangan.
  • Dan yang terakhir, jauhkan diri Anda dari orang yang sedang terserang flu. Sekali lagi sering-sering lah mencuci tangan, ini lah cara terbaik untuk menjaga kesehatan. (kpl/erl)
Read more ...

Merawat Dan Menyimpan Baju Putih

Baju berwarna putih biasanya mudah kotor, luntur, berubah kekuningan hanya akibat aktivitas sehari-hari. Karena itu perlu perawatan ekstra.

Adapun tip yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah :
  • Cuci terpisah agar tidak kelunturan
  • Cuci dengan tangan, gunakan detergen ringan (mild detergent) agar warna tidak berubah kuning
  • Jika ada kotoran membandel, sebaiknya direndam dalam air hangat dahulu. Gunakan sikat lembut untuk kotoran yg sulit hilang, misal di bagian leher
  • Bisa menggunakan pemutih (yang baik) perhatikan petunjuk pemakaian.
  • Bahan-bahan tertentu butuh perawatan khusus seperti dry clean. Tetapi dry clean juga dapat merusak busana jika terlalu sering. Jadi sebaiknya lakukan cry clean setelah pemakaian 2-3 x
  • Simpan dengan cara digantung dan dimasukkan dalam kantung khusus. Beri silica gel agar lebih awet dan tidak kena ngengat
  • Hindari penyimpanan dengan dilipat karena akan menimbulkan bekas yang tidak mudah hilang jika tidak dipakai dalam waktu lama
  • Jika memang harus dilipat, letakkan bersama busana putih/pastel lainnya
Read more ...

Tips Menjaga Kesehatan Mata

  1. Jangan lupa mengedip
  2. Gunakan kaca mata dengan lapisan pelindung sinar ultraviolet ketika melakukan kegiatan di bawah sinar matahari yang terik
  3. Gunakan kaca mata pelindung khusus (sesuai jenis aktivitas) setiap melakukan aktivitas atau pekerjaan ekstrim, misalnya olahraga, melakukan percobaan kimia, atau pengelasan.
  4. Jangan gunakan lensa kontak saat melakukan aktivitas/pekerjaan ekstrim.
  5. Beristirahatlah selama 5 menit dengan melihat jauh & menutup mata, setiap 1 jam menonton Tv atau bekerja dengan komputer.
  6. Gunakan tetes mata ketika mata terasa kering atau perih.
  7. Jangan menggosok mata jika terasa gatal/perih.
  8. Cucilah mata dengan air mengalir yang hangat ketika mata terkena debu, serpihan benda asing, atau cairan kimia.
Read more ...

Tips Memilih Sepatu Olahraga

Tidak mudah menentukan sepatu olahraga saat ini. Saat akan membelinya, kita dihadapkan pada berbagai pilihan yang sangat menarik disertai berbagai penjelasan tentang kelebihan setiap jenis sepatu.
Seorang ahli biomekanik, bidang ilmu yang mempelajari perubahan posisi tubuh saat bergerak, dari universitas Calgary, Kanada, Benno Nigg, memberi panduan lengkap untuk memilih sepatu yang sesuai bagi setiap orang.
  1. Beli sepatu olahraga menjelang sore hari, diujung aktivitas harian yang padat. Pada saat ini seluruh otot kaki mengembang, sehingga membentuk kondisi yang mirip dengan kondisi saat otot berkontraksi selama berolahraga
  2. Kenakan sepatu di kedua kaki, dan rasakan seluruh bagian sepatu tidak menjepit kaki. Pastikan ada bagian mata kaki, ujung jari dan sisi kaki tidak terhimpit. Berjalanlah memutar, melompat dan berjongkok saat mencoba sepatu untuk merasakan kenyamanannya saat Anda bergerak.
  3. Pilihlah sepatu yang menyisakan area di depan ibu jari kaki
  4. Pilihlah sepatu yang sesuai dengan jenis olahraga. Jika Anda melakukan olahraga dengan tingkat erobik yang tinggi, seperti; olahraga beraket (badminton, tenis, squash), erobik atau basket; maka Anda membutuhkan sepatu yang melindungi mata kaki. Jenis olahraga ini menciptakan benturan pada mata kaki dan otot pergelangan kaki, akibat pertemuan tumit dengan landasan olahraga.
  5. Selain itu pilih sepatu berbantalan tebal dan ringan untuk meminimalisasi dampak benturan. Jika olahraga pilihan Anda adalah jalan kaki dan joging, maka sepatu olahraga berbantalan tebal tetap dibutuhkan untuk meredam benturan tumit dengan tanah. Namun tak masalah jika Anda memilih sepatu yang tidak melindungi mata kaki, karena tekanan yang dialami mata kaki saat berjalan dan joging relatif tidak berat.

sumber : surabayapost

Read more ...

Tips Memilih Sepatu Olahraga

Tidak mudah menentukan sepatu olahraga saat ini. Saat akan membelinya, kita dihadapkan pada berbagai pilihan yang sangat menarik disertai berbagai penjelasan tentang kelebihan setiap jenis sepatu.

Seorang ahli biomekanik, bidang ilmu yang mempelajari perubahan posisi tubuh saat bergerak, dari universitas Calgary, Kanada, Benno Nigg, memberi panduan lengkap untuk memilih sepatu yang sesuai bagi setiap orang.



  1. Beli sepatu olahraga menjelang sore hari, diujung aktivitas harian yang padat. Pada saat ini seluruh otot kaki mengembang, sehingga membentuk kondisi yang mirip dengan kondisi saat otot berkontraksi selama berolahraga


  2. Kenakan sepatu di kedua kaki, dan rasakan seluruh bagian sepatu tidak menjepit kaki. Pastikan ada bagian mata kaki, ujung jari dan sisi kaki tidak terhimpit. Berjalanlah memutar, melompat dan berjongkok saat mencoba sepatu untuk merasakan kenyamanannya saat Anda bergerak.


  3. Pilihlah sepatu yang menyisakan area di depan ibu jari kaki


  4. Pilihlah sepatu yang sesuai dengan jenis olahraga. Jika Anda melakukan olahraga dengan tingkat erobik yang tinggi, seperti; olahraga beraket (badminton, tenis, squash), erobik atau basket; maka Anda membutuhkan sepatu yang melindungi mata kaki. Jenis olahraga ini menciptakan benturan pada mata kaki dan otot pergelangan kaki, akibat pertemuan tumit dengan landasan olahraga.


  5. Selain itu pilih sepatu berbantalan tebal dan ringan untuk meminimalisasi dampak benturan. Jika olahraga pilihan Anda adalah jalan kaki dan joging, maka sepatu olahraga berbantalan tebal tetap dibutuhkan untuk meredam benturan tumit dengan tanah. Namun tak masalah jika Anda memilih sepatu yang tidak melindungi mata kaki, karena tekanan yang dialami mata kaki saat berjalan dan joging relatif tidak berat.


sumber : surabayapost

Read more ...

Tips Memilih Hotel

Mungkin banyak dari Anda yang melakukan perjalanan liburan wisata dan tentunya akan membutuhkan hotel, tempat penginapan, villa, dll.
Agar perjalanan dan liburan wisata Anda tetap menyenangkan ada perlunya Anda membaca sedikit tips untuk memilih tempat penginapan Anda nantinya :
Adapun tipsnya sbb :
  1. Langkah pertama adalah menentukan rute perjalanan liburan wisata anda. Langkah ini sangat penting, jangan sampai anda menghadapi situasi tidak senang karena tidak bisa mendapatkan hotel (vila penginapan, penginapan, dsb) yang inginkan dengan alasan hotel sudah penuh terisi.
  2. Dalam memilih hotel, selain harga yang perlu diperhatikan (misalnya villa marah) faktor lain seperti jasa atau service dan kualitas, serta fasilitas hotel sangatlah penting. Cobalah untuk membandingkan harga hotel (ex: penginapan villa, penginapan resort, dsb) di daerah yang akan anda tuju. Ada kalanya harga yang ditawarkan oleh hotel lebih tinggi dibanding dengan harga yang anda dapatkan dari portal atau website reservasi hotel. Hal tersebut sangatlah dimungkinkan, cobalah untuk mencari harga yang terbaik buat anda.
  3. Lokasi tempat penginapan juga sangatlah penting. Coba cek ulang, dan cari informasi mengenai lokasi hotel, apakah dekat dengan stasiun bis atau kereta. Jangan sampai anda tidak bisa tidur karena hotel anda dekat dengan keramaian. Pastikan area tersebut adalah lokasi yang benar-benar cocok untuk anda.
  4. Sistem rating dengan review dan comment dari pengunjung hotel (tempat penginapan villa, villa puncak, villa resort) dapat menjadi panduan tambahan dalam memilih hotel. Biasanya tamu hotel yang merasa puas dengan pelayanan hotel akan menuliskan komentar mereka untuk hotel tersebut.
Read more ...

MEMELIHARA KELINCI UNTUK HOBBY

Adalah sangat menyenangkan apabila di pekarangan rumah dapat dimanfaatkan untuk memelihara hewan seperti Kelinci, selain terlihat imut dan lucu bagi sebahagian orang kelinci juga dijadikan sebagai ternak hias di pekarangan rumah.
Disamping memelihara kelinci sebagai kesenagan/hobby, kelinci juga semenjak tahun 1980 digalakkan pemerintah sebagai sumber daging pemenuhan peningkatan gizi bagi masyarakat.

Jika kita telusuri lebih jauh sebenarnya jenis dan ras kelinci terdiri dari berbagai macam :
  • Jenis ras Alaska yang berasal dari Jerman.
  • Jenis ras Angora
  • Jenis ras yang lain adalah American Chincilla yang kemudian dibedakan lagi atas tiga tipe, yaitu tipe standar, besar dan giant alias raksasa,Khusus untuk yang bertipe giant ini bila dewasa bisa berbobot mencapai 6-7 kg.
  • Jenis ras Champagne d’ Argent, yang asli berasal dari Prancis, mempunyai ciri-ciri bulunya berwarna putih perak.
  • Jenis ras yang lain seperti Carolina yang merupakan persilangan antara kelinci spesies New Zealand white dan New Zealand red. Ras Caroline ini sangat terkenal di Eropa sebagai kelinci penghasil daging.
  • Jenis ras Dutch yang terkenal di seluruh dunia sebagai jenis kelinci peliharaan. Warna bulunya khas, kerena mempunyai bulu melingkar seperti pelana berwarna putih dari pinggang terus ke leher sampai ke kaki bagian depan.
Sebenarnya banyak lagi jenis ras kelinci yang lain, seperti ras Himalayan, Flemish giant, Havana, Lop yang berciri khas mempunyai kuping yang terkulai ke bawah, Polish, Rex, Satin, Silver, Simonoire, Siamese Sable dan banyak lagi yang lain lengkap dengan ciri khas masing-masing.

Di Indonesia sendiri sebenarnya ada jenis kelinci lokal tersendiri. Tapi dimungkinkan jenis kelinci lokal yang ada di Indonesia adalah jenis kelinci berketurunan ras Dutch. Ras ini dikenal sebagai ras asli dari Negeri Belanda, jadi mungkin saja dahulu orang-orang Belanda yang bermigrasi ke Indonesia sempat membawa kelinci ini dari kampung halamannya dan mengembangbiakkannya di sini.

Ras kelinci Dutch ini punya ciri bentuk tubuh yang kerdil, sehingga lazim disebut kelinci mini, merupakan kelinci terkecil di dunia. Biasanya jenis ini dipelihara hanya untuk hiasan dan cocok untuk mainan anak-anak. Dengan bentuk tubuh pendek, kepala agak bulat, bentuk telinga tegak dan mempunyai panjang hanya sekitar lima sentimeter. Biasanya kelinci ini berbulu sangat bagus dan berwarna putih. Sedangkan ciri lainnya mempunyai mata berwarna merah.

Tip dalam Memilih dan Memelihara Kelinci
  • Sebelum memutuskan untuk memelihara kelinci, ada baiknya kita mengetahui dahulu bagaimana kiat-kiat memilih kelinci yang baik. Bagaimana cara membuat dan mengurus kandang serta bagaimana cara memilih makanannya.
  • Memilih bibit kelinci yang baik sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Biasanya kelinci yang sehat memiliki sifat yang lincah dan aktif, gerakannya energik dan memiliki nafsu makan yang tinggi. Secara umum biasanya bibit kelinci yang baik memiliki ciri-ciri fisik sebagai berikut; pertama memiliki kepala yang sesuai dengan ukuran badan.
  • Kelinci yang baik bila bertubuh panjang membutuhkan tipe kepala yang panjang pula. Kelinci berbadan besar dan lebar membutuhkan kepala yang besar juga dan begitu pula jenis kelinci bertubuh kecil yang baik adalah yang memiliki jenis kepala kecil juga.
  • Tipe kepala yang seimbang dan kompak sangat sesuai untuk hampir semua tipe ras kelinci, seperti Dutch, Havana, Standard Chincilla, Lilac dan ras kelinci lainnya.
  • Kelinci yang sehat juga biasanya bermata bulat bercahaya, selaput matanya bersih, mempunyai pandangan yang cerah dan jernih. Bila pandangan matanya layu dan kurang jernih, itu menandakan kelinci tersebut sedang sakit atau kurang baik kondisi fisiknya.
  • Lihat juga bagian hidung, moncong dan mulutnya apakah dalam keadaan bersih. Kelinci yang hidungnya basah dan lembab kemungkinan terserang pilek.
  • Selain bentukan kepala dan wajah bibit kelinci yang baik juga haruslah berkaki normal. Cirinya kuat, kokoh dan berkuku pendek. Lebih baik bila kakinya tidak bengkok atau cacat. Kaki yang cacat berbentuk seperi huruf O atau X, sedangkan kaki yang baik cirinya lurus dan sempurna.
  • Ciri lainnya adalah berbadan bulat, berdada lebar, padat dan singset. Kondisi seperti ini menunjukkan keadaan fisik yang prima dan bertenaga kuat. Bentuk badan yang kuat juga mencerminkan jumlah daging yang banyak. Sedangkan tambahan referensi lain tentang kelinci yang sehat adalah biasanya berkulit licin dan tidak berasa benjol-benjol bila diraba. Berbulu bersih, licin, halus, mengkilat dan rata. Berdubur bersih, kering dan tidak terdapat tanda-tanda kotoran bekas mencret.
  • Juga lihat ekornya. Bila terlihat ekornya kecil, tumbuh lurus ke atas dan tampak menempel ke punggung serta bentuknya tidak miring atau rebah ke samping/terpuntir berarti memang benar kelinci itu bagus adanya. Dan sebaliknya bila ekor tidak lurus ke atas berarti kelinci tersebut cacat.
Cara Mengangkat dan Memindahkan Kelinci
Dalam memelihara kelinci perhatikan juga cara mengangkatnya. Hal ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Perlakuan yang salah bisa menimbulkan hal-hal yang merugikan seperti cacat permanen dan rusaknya peredaran darah. Kebanyakan orang mengangkat kelinci dengan memegang kedua telinganya. Memang cara ini paling mudah tapi sebenarnya keliru adanya. Telinga kelinci sangat sensitif dan tidak kuat menahan bobot tubuhnya sendiri. Kalau cara ini dilakukan, otot dan saraf telinga akan rusak. Kerusakan akan lebih parah lagi kalau kelinci yang diangkat meronta-ronta. Posisi kepala akan menjadi miring sehingga kelinci akan cacat seumur hidupnya.
Untuk mengangkat kelinci besar, pegang kulit tengkuk atau punggung dengan salah satu tangan. Begitu terangkat, tangan yang satu digunakan untuk mendukung bagian pantat. Kerjakan pengangkatan itu dengan tenang dan penuh kasih sayang. Sedangkan untuk kelinci yang masih kecil proses pengangkatan dapat dimulai dengan memegang bagian sebelah depan kaki belakang melalui punggung, dan proses selanjutnya sama dengan kelinci dewasa.
Sedangkan masalah kandang untuk kelinci tidaklah terlalu sulit dicari. Sebab kelinci mudah sekali beradaptasi terhadap berbagai bentuk kandang yang disediakan, asalkan kondisinya memenuhi persyaratan kesehatan dan kebutuhan hidup kelinci tersebut.
Apa pun bentuk dan ukuran kandang, asalkan berlokasi baik yang ditandai dengan cukupnya sinar matahari yang masuk menjadi hal pertama yang harus diperhatikan. Hal lainya adalah bersuhu sejuk, memiliki ventilasi sempurna, tempatnya kering, lingkungan tenang dan tak jauh dari rumah.
Lantai kandang dapat dibuat dari kawat, bambu dan kayu atau tanah. Bila memilih lantai dari kawat, ada sebagian yang terbuat dari lembaran papan. Lantai kawat sangat melelahkan otot-otot kaki kelinci. Karena itu, adanya lembaran papan dapat digunakan kelinci untuk beristirahat.
Kandang yang baik haruslah juga memenuhi kebutuhan sarana berupa kotak sangkar, tempat makanan, tempat minum dan perlengkapan lain. Kandang bisa saja di dalam ruangan atau di luar ruangan, terserah kemauan pemiliknya dan tujuan pemeliharannya.

Kebutuhan Pangan bagi Kelinci
Kelinci yang hidup di alam bebas tidak terlalu sulit untuk mengurusi makannya. Selama di tanah masih ada hijauan dan bisa ditumbuhi rumput, biji-bijian dan umbi-umbian, kelinci masih dapat hidup. Sedangkan kelinci yang diternakkan hidupnya terbatas di sekeliling kandang saja. Kelangsungan hidupnya sangat ditentukan oleh perhatian dan perawatan peternaknya. Jenis, jumlah dan mutu makanan yang diberikan sangat menentukan pertumbuhan, kesehatan dan perkembangbiakannya.
Makanan kelinci yang baik adalah yang terdiri dari sayuran hijau, jerami, biji-bijian, umbi dan konsentrat. Makanan hijau yang diberikan antara lain semacam rumput lapangan, limbah sayuran seperti kangkung dan wortel, daun pepaya, daun talas dan lain-lain. Sayuran hijau yang akan diberikan pada kelinci ini kalau bisa telah dilayukan dan jangan dalam keadaan segar. Proses pelayuan selain untuk mempertinggi kadar serat kasar, juga untuk menghilangkan getah atau racun yang dapat menimbulkan kejang-kejang atau mencret.
Bentuk makanan lain bisa juga berupa jerami atau rumput awetan yang dipotong menjelang berbunga. Rumput ini dikeringkan secara bertahap sehingga kandungan gizinya tak rusak. Bisa juga berbentuk biji-bijian yang berfungsi sebagai makanan penguat. Sedangkan untuk makanan jenis umbi-umbian seperti ubi jalar, singkong dan lainnya dapat diberikan kepada kelinci sebagai makanan tambahan.
Konsentrat juga diperlukan dalam tambahan makanan kelinci. Berfungsi untuk meningkatkan nilai gizi yang diberikan dan mempermudah penyediaan makanan. Konsentrat sebagai ransum diberikan sebagai makanan tambahan penguat, kalau makanan pokoknya sayuran hijau. Konsentrat untuk makanan kelinci dapat berupa pellet (makanan buatan dari pabrik), bekatul, bungkil kelapa, bungkil kacang tanah, ampas tahu atau gaplek. (Sulung Prasetyo S.)

Sekedar berbagi pengalaman aja tentang memelihara kelinci buat pemula adalah.
  • Anak kelinci jangan dikasih minum. Karena dia perutnya belum kuat. Kalo dikasi minum pasti mati deh besoknya. Setelah umur 3-4 bulan baru dia bisa minum air.
  • Jangan kasih wortel atau sayuran yang terlalu banyak mengandung air. Alasannya sama seperti nomer satu.
  • Yah jangan sampe kedinginan lah. Apalagi kehujanan. karena kelinci yang dijual di pinggir-pinggir jalan, biasanya umurnya masih kecil banget. Harusnya masih diasuh sama induknya. Jadi butuh kandang yang hangat.
  • Kasih kangkung segar, kulit jagung muda. Tapi yang paling gampang kangkung aja. Secukupnya, jangan kebanyakan.
  • Kalau masih ada halaman/pekarangan di rumah. Kasih kesempatan dia ngelayap. Jadi pagi2 banget kasih makan kangkung dulu. Setelah dia kenyang, baru diumbar keluar.
  • Biarin dia makan rumput2 liar di halaman. Dengan begini dia jadi gesit dan cepet sehat. Sebab kelinci yang dijual di pinggir jalan kadang udah sakit karena kelamaan dipajang. Setelah sore baru dikandangin.
  • Jangan kebanyakan dipegang2 atau digendong2. karena mereka bukan boneka. Kalo mau digendong2 mending beli boneka aja. Atau gendong anak tetangga aja.
  • Kandangnya sebaiknya yg bawahnya kawat. Biar kotoran dan pipisnya langsung jatuh. nggak membasahi kandang. sehingga kandangnya tetep kering, nggak lembab.
  • Kalo beli anak kelinci sebaiknya yg kira-kira ukurannya seumuran. kalo ada yg terlalu bongsor, nanti temennya keinjek-injek bisa mati.
  • Kalo beli yah jangan banyak-banyak dulu, Satu atau dua aja dulu. Nanti kalo sudah sanggup memeliharanya , baru ditambah.
  • Hati-hati juga sama tikus yang besar dan kucing yang dapat melahap anak kelinci kita dengan gembira.
Read more ...

7 Tiips Menghindari Kegemukan

Berikut beberapa kiat yang dapat dilakukan untuk menghindari kegemukan:
  • Jangan yang digorengMasaklah mi dalam air, jangan digoreng. Begitu juga dengan nasi. Sajikan nasi yang ditanak/dikukus, jangan yang digoreng. Memilih daging juga lebih baik yang dipanggang.
  • Kunyah perlahanKunyahlah makanan secara perlahan-lahan dan cobalah menikmati makanan sewaktu berada dalam mulut. Dengan demikian akan menyebabkan lambung cepat kenyang dan membantu mencegah makan terlalu banyak. Nasihat lama yang masih boleh diikuti, kunyahlah makanan setidaknya 32 kali sebelum menelannya.
  • Ambil sedikitAmbillah makanan pertama sedikit mungkin ke dalam piring Anda. Tambah sedikit demi sedikit bila masih lapar. Cara ini dilakukan agar Anda tidak merasa terpaksa harus menghabiskan makanan yang sudah berada di piring
  • Tinggalkan meja setelah selesaiDiimbau untuk segera meninggalkan meja makan setelah selesai dan jangan dilanjutkan denganmengobrol. Ini dilakukan untuk menghindarkan diri dari iseng atau keinginan ngemil dan mengambil makanan dari sana-sini sehingga tak terasa perut menjadi terlalu kenyang.
  • Hindari kadar gula dan lemak tinggiHindari makanan berkadar gula dan lemak tinggi seperti cake cokelat, kue-kue (pastries), lemak hewan, mentega, fullcream milk, jeroan, dan lain-lain.
  • Konsumsi banyak buahMengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan karbohidrat dapat menjaga jumlah kalori yang masuk agar sesuai dengan kebutuhan.
  • Waspadai minuman bersodaAnak-anak yang mengonsumsi minuman ringan bergula berisiko tinggi mengalami kegemukan.

Laporan para peneliti Amerika yang diterbitkan oleh The British Medical Journal The Lancet, remaja AS perlu segera mengurangi minuman bersoda dan junk food yang berisiko mengganggu kesehatan. "Kami menemukan selalu ada minuman ringan di setiap hidangan tambahan, dan risiko kegemukan meningkat kira-kira 50 persen," kata Ludwig.

sumbernya dari : surabayapost

Read more ...

Merawat Dan Menyimpan Baju Putih

Baju berwarna putih biasanya mudah kotor, luntur, berubah kekuningan hanya akibat aktivitas sehari-hari. Karena itu perlu perawatan ekstra.



Adapun tip yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah :


  • Cuci terpisah agar tidak kelunturan
    Cuci dengan tangan, gunakan detergen ringan (mild detergent) agar warna tidak berubah kuning
    Jika ada kotoran membandel, sebaiknya direndam dalam air hangat dahulu. Gunakan sikat lembut untuk kotoran yg sulit hilang, misal di bagian leher
    Bisa menggunakan pemutih (yangg baik) perhatikan petunjuk pemakaian.
    Bahan-bahan tertentu butuh perawatan khusus seperti dry clean. Tetapi dry clean juga dapat merusak busana jika terlalu sering. Jadi sebaiknya lakukan cry clean setelah pemakaian 2-3 x
    Simpan dengan cara digantung dan dimasukkan dalam kantung khusus. Beri silica gel agar lebih awet dan tidak kena ngengat
    Hindari penyimpanan dengan dilipat karena akan menimbulkan bekas yang tidak mudah hilang jika tidak dipakai dalam waktu lama
    Jika memang harus dilipat, letakkan bersama busana putih/pastel lainnya
Read more ...

Tips Memilih Aroma Minyak Wangi Yang Alami

Aroma wewangian dengan bahan-bahan alami atau aromaterapi tak cuma menenangkan, tapi juga mampu mengurangi rasa sakit. Selain digunakan untuk minyak memijat atau mandi,
sekadar memasang wangi-wangian di sudut rumah sudah bisa memberikan efek relaksasi.
Menurut John Kerr, seorang aromaterapis, sebaiknya kita memilih wewangian yang sesuai dengan jenis kulit kita, misalnya
  • Kulit normal cenderung keringSandalwood, camomile, myrrh, neroli, mawar jojoba dan rosewood, frankincese.
  • Kulit normal cenderung berminyakCocok memilih aroma citrus yang fresh, seperti lemon, grapefruit dan jeruk.
  • Kulit sensitifMelati, lavender, camomile, neroli, dan petitgrain.


Adapun Manfaat wewangian menurut aromanya adalah :

  • Bergamot ----> Mengembalikan tenaga, cocok untuk mereka yang berkulit normal.
  • Chamomile ----> Anti peradangan yang baik, menenangkan.
  • Clary sage ----> Menggembirakan dan memiliki efek menenangkan untuk yang berkulit berminyak.
  • Geranium ----> Menstimulai sirkulasi darah, cocok untuk mereka yang berkulit normal cenderung berminyak.
  • Melati ----> Memiliki efek meningkatkan semangat dan berpotensi sebagai aprodisiak.
  • Lavender ----> Menenangkan, mengurangi rasa sakit, dan sebagai detoks.
  • Lemon ----> Menyegarkan.
  • Mawar ----> Mempercepat kesembuhan kulit, cocok untuk yang berkulit kering dan sensitif.
  • Sandalwood ----> Meningkatkan keseimbangan dan kejernihan. Cocok untuk yang berkulit kering.

Nah untuk selanjutnya Anda dapat memilih aroma wewangian yang cocok untuk kulit Anda

Read more ...

Jenis Material Kitchen Sink

Kitchen sink adalah piranti dapur yang paling sering digunakan. Tak hanya untuk tempat mencuci piring, buah dan sayuran, mencuci tangan pun kerap dilakukan di sini.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam membeli kitchen sink adalah material pembuatnya. Terdapat beragam jenis material, bisa ditemui di pasaran. Memilih yang cocok, haruslah disesuaikan dengan kebutuhan, selera, dan yang tak kalah penting, budget.

Stainless steel
Stainless steel paling banyak digunakan. Terdapat beragam tingkat kepadatan stainless steel. Semakin padat, mengindikasikan kitchen sink lebih kuat dan tahan lama. Biasanya, semakin padat unsur stainless steel, semakin mahal pula harganya. Stainless steel relatif mudah dibersihkan, serta kuat terhadap panas dan karat.

Porselain
Banyak pula orang yang menyebutnya cast-iron (besi cor). Pasalnya, kitchen sink berbahan porselain, biasanya diperkuat pula dengan besi cor. Porselain lebih banyak berperan untuk memberikan tampilan mengkilap (glossy). Besi corlah yang membuat kitchen sink lebih kuat dan tahan lama.
Meski memiliki tampilan indah, porselain bisa retak dan pecah. Apalagi jika sering terkena benda bersuhu panas, seperti air mendidih. Memperbaikinya, hampir tidak mungkin. Biasanya jika lapisan porselain ini rusak, konsumen terpaksa membeli yang baru.

Akrilik
Material ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Akrilik tidak berpori, sehingga tidak mudah kotor. Ia juga memiliki ketahanan yang baik terhadap goresan. Akrilik juga disukai karena ringan dan mudah dalam hal pemasangan.
Namun berhati-hatilah dengan benda bersuhu tinggi. Benda tersebut dapat mengakibatkan retakan pada permukaan akrilik. Panci atau penggorengan yang masih panas, terkadang juga dapat mengakibatkan akrilik meleleh.

Solid surface
Material ini tergolong baru. Banyak orang menggunakannya untuk menggantikan material alam seperti granit atau marmer. Solid surface terbuat dari campuran akrilik, polyesteresin, siller, dan pigmen warna. Motif dan warnanya beragam. Tampilannya menyerupai granit. Kuat dan padat. Permukaannya juga mudah dibersihkan. Dari segi harga, solid surface lebih murah dibandingkan material alam asli.

Granit
Kitchen sink granit terkenal berharga tinggi. Bukan tanpa alasan. Sink granit tahan terhadap goresan. Ia juga mudah dibersihkan, bila terkena kotoran atau noda. Satu lagi kelebihannya, ia juga lebih tahan terhadap panas, dibandingkan material lainnya.



kompas.com
Read more ...

Tips Menata Ulang Kamar

Menata ulang kamar tidur tidak harus menghabiskan energi. Menata ulang kamar tidur dapat dilakukan secara sederhana, tidak melelahkan, dan tidak menguras kantong.

Membuat kamar tidur menjadi lebih menarik bisa dilakukan secara sederhana. Tak perlu sampai membongkar-bongkar elemen ruangan seperti plafon, dinding, atau lantai. Langkah paling sederhana, cukup dengan menata ulang furnitur, memberi warna-warna yang berbeda, dan menempatkan satu-dua elemen yang membuat ruang menjadi lebih nyaman. Semua itu dapat dilakukan kapan saja. Bisa saat senggang di hari kerja, atau saat akhir pekan, dimana kita biasanya memiliki waktu lebih lowong lebih banyak.



Galilah ide baruDalam menata ulang kamar tidur, hal penting yang perlu dilakukan adalah mencari ide penataan yang baru. Ide ini bisa didapatkan dari mana saja: literatur di buku, majalah, internet, atau dari teman. Yang juga tak kalah penting adalah: ide-ide ini hendaknya sesuai dengan kepribadian dan kebutuhan kita. Hindari mengaplikasikan ide yang ternyata tak cocok dan tak membuat kamar tidur menjadi lebih nyaman.



Ubahlah corak dan warnaUntuk memperoleh tampilan baru kamar tidur dalam waktu singkat, dapat dilakukan dengan cara-cara mudah. Misalnya mengubah corak warna beddings. Jika dulu lebih sering menggunakan tampilan beddings yang polos, maka untuk selanjutnya bisa dipilih corak warna yang berpola lain. Pilihan mana yang tepat terpulang kembali ke kepribadian kita masing-masing.



Ubah posisi furnitur Selain berbicara soal corak dan warna, mengubah suasana pada kamar tidur juga dapat dilakukan dengan menata ulang posisi furnitur. Dalam hal menata furnitur, paling tidak perhatikan ukuran dan desain furniturnya. Sebuah lemari berpintu ayun membutuhkan ruang lowong di hadapannya agar pintu dapat dibuka maksimal. Sebuah ranjang membutuhkan area lowong di kedua sisinya agar dapat berfungsi maksimal. Meja televisi hendaklah ditempatkan di hadapan ranjang agar siaran televisi dapat dinikmati sambil tiduran.



Gambarlah denah ruangDalam menata kamar tidur, kondisi ruang sangat berpengaruh. Karenanya, solusi penataan sebuah kamar tidur dengan kamar tidur lainnya bisa jadi berbeda. Untuk memudahkan dalam penataan ulang furnitur, coba gambarkan denah ruang. Tentukan posisi pintu dan jendela, atau elemen-elemen lain yang tidak atau sulit dipindahkan. Setelahnya, reka-reka dulu posisi seluruh funitur pada sebuah gambar denah.



Gambarlah denah, lengkap dengan ukuran ruang dan seluruh furnitur. Dengan demikian, ketika memang memutuskan untuk menggeser posisi furnitur, maka upaya geser menggeser itu tak akan sia-sia. Dengan begitu, kegiatan menata ulang dapat lebih cepat selesai dan kita bisa segera menikmati hasilnya. (tatang/iDEA/komps.com)
Read more ...

Tips Mempejari Bahasa Inggris

Berikut ini adalah beberapa tips untuk belajar bahasa Inggris.
Beberapa dari tips ini mungkin terdengar aneh, tapi tips ini terbukti cukup ampuh untuk dilaksanakan.
  • Tetapkan Tujuan = Agar lebih memotivasi diri Anda belajar, Anda harus mempunyai suatu tujuan yang hendak dicapai. Tujuan-tujuan tersebut dapat berjangka pendek ataupun panjang. Salah satu tujuan jangka pendek dalam belajar bahasa Inggris adalah belajar secukupnya agar dapat mereservasi sebuah kamar hotel. Sedangkan tujuan jangka panjang bisa berupa melanjutkan pendidikan di luar negeri, atau mendapat skor 6.5 untuk ujian IELTS.
  • Bersiaplah untuk Bekerja Keras = Belajar bahasa tidaklah mudah. Banyak orang yang mempunyai kesibukan lain selain belajar bahasa Inggris. Anda harus mengerti akan hal ini dan bersabar dalam proses belajar Anda. Namun tidak banyak yang akan Anda capai bila Anda tidak berusaha. Meskipun Anda memiliki guru terbaik di dunia, kemajuan Anda banyak bergantung pada diri Anda sendiri.
  • Luangkan Waktu = Banyak di antara kita mempunyai kehidupan yang sibuk dan biasanya tidak mudah untuk menambah hal baru ke dalam rutinitas sehari-hari kita. Belajar bahasa Inggris membutuhkan disiplin. Anda perlu meluangkan waktu untuk belajar dan benar-benar belajar pada saat itu. Tidak masalah bila Anda sesekali menunda belajar Anda karena terlalu lelah, tetapi jangan menjadikan itu suatu kebiasaan. Jadikan bahasa Inggris bagian yang tak terpisahkan dari jadwal rutinitas Anda.
  • Bertanyalah! = Tidak ungkin Anda menyerap semua yang diajarkan dan tidak mempunyai hal-hal yang ingin ditanyakan. Jangan takut untuk bertanya, baik kepada teman atau guru bahasa Inggris Anda di sekolah atau tempat kursus.
  • Belajar Sendiri di Rumah = Mempunyai seorang guru yang akan memberikan instruksi dan bimbingan kepada Anda sangatlah penting. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat belajar sendiri di rumah. Jangan hanya mengeluarkan buku Anda saat Anda di dalam kelas.
  • Nonton Film Berbahasa Inggris = Ini adalah salah satu tip yang paling saya sukai. Menonton film adalah cara terbaik belajar bahasa non-formal sehari-hari dan melatih kemampuan mendengar. Anda tidak harus mengerti setiap kata di dalam film. Film-film dengan dialog singkat, diikuti dengan jeda tanpa dialog adalah yang paling ideal – karena memberikan waktu untuk menyerap bahasa tersebut. Film romantis dan drama merupakan pilihan baik.
  • Dengarkan Lagu Bahasa Inggris = Musik bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris. Lain kali jika Anda pergi ke tempat karaoke atau bernyanyi di depan TV rumah Anda, cobalah menyanyikan satu lagu bahasa Inggris. Ini cara yang baik untuk melatih mengekspresikan diri dalam berbahasa Inggris dan meningkatkan pengertian orang terhadap apa yang Anda katakan pada mereka dalam bahasa Inggris
  • Membaca = Membaca adalah cara terbaik untuk belajar kosa kata baru. Cobalah membaca cerita-cerita pendek daripada cerita novel yang panjang. Biasanya cerita pendek terbagi dalam beberapa bab singkat yang dapat dibaca dan dianalisa bahasanya dengan lebih mudah. Anda tidak harus mengerti setiap kata yang tertulis. Coba mengerti artinya secara umum. Garisbawahi kata-kata yang tidak mengerti dan cobalah menerka artinya berdasarkan konteksnya. Lalu gunakan kamus Anda untuk mencari dan melihat apakah Anda benar. Gunakan pula graded readers (buku belajar membaca). Buku ini biasanya menyediakan sejumlah pertanyaan untuk menguji pemahaman Anda terhadap apa yang baru Anda baca.
  • Bergabung dengan English Corner = Beberapa tempat umum seperti toko buku biasanya mempunyai English Corner. Jangan malu-malu. Bergabunglah bersama mereka. Ajukan pertanyaan. Hal ini merupakan kesempatan bertemu dengan orang-orang yang tertarik untuk belajar bahasa Inggris seperti Anda.
  • Gunakan Internet = Internet adalah penemuan yang menakjubkan, yang mengubah cara hidup kita. Walaupun menyenangkan bisa membaca “People” setiap hari atau ngobrol dengan teman-teman secara online, rasanya sia-sia bila kita tidak menggunakan internet untuk belajar bahasa. Banyak pula tempat kursus bahasa Inggris yang menyediakan aplikasi belajar online secara cuma-cuma. Tentu saja masih banyak yang bisa Anda lakukan sendiri.
  • Baca Surat Kabar Berbahasa Inggris = Tersedia beberapa surat kabar yang menyediakan informasi dan materi yang menarik untuk dibaca. Misalnya Jakarta Post. Anda dapat membaca bagian surat kabar yang Anda minati, baik Sports, Business atau bahkan Classifieds.
  • Dengarkan Radio = Semua radio di seluruh dunia secara virtual terhubung dengan internet. Jangan puas hanya dengan VOA dan BBC. Masih banyak pilihan menarik lainnya. Coba dengarkan radio dari bagian dunia yang menggunakan bahasa Inggris, Disney Radio dapat menjadi salah satu pilihan menarik dan menyenangkan.
  • Chat = Anda dapat menggunakan MSN, Yahoo! dan program chat lainnya untuk bercakap-cakap dalam bahasa Inggris secara online. Coba cari beberapa teman Anda yang berbahasa Inggris. Bila Anda menggunakan Skype, ajak teman-teman Anda untuk menggunakannya juga dan telepon mereka secara gratis melalui komputer Anda.
  • Jangan Malu-malu = Ada beberapa cara kuno yang walaupun aneh kedengarannya namun bisa membantu:Meningkatkan pelafalan Anda: Gunakan cermin untuk berlatih membuat bunyi-bunyi yang sulit dalam bahasa Inggris; rekam saat Anda berbicara bahasa Inggris dan dengarkan setelahnya, perhatikan penekanan, intonasi dan fonem Anda.Berpikir dalam bahasa Inggris: Lakukan percakapan imajinasi Anda dalam bahasa Inggris. Pikirkan apa yang hendak Anda katakan.Berbicaralah dengan teman Anda menggunakan bahasa Inggris: Cobalah berbicara dalam bahasa Inggris dengan teman-teman Anda – baik di dalam maupun di luar kelas bahasa Inggris. Tidak perlu kuatir dengan pelafalan yang kurang bagus – berbicara secara teratur akan meningkatkan rasa percaya diri Anda dan Anda akan maju lebih pesat.
  • Untuk Orang Tua = Anak-anak dengan orang tua yang terlibat secara aktif dalam pendidikan mereka biasanya menjadi lebih sukses.

sumber : id.88db.com

Read more ...

10 Kiat Dalam Menata Rumah

Siapa bilang urusan berbenah ruangan atau kamar cuma bisa digarap desainer interior. Kalau cuma sekadar membenahi kediaman Anda sendiri sebetulnya Anda juga bisa, kok, jadi arsitek sekaligus desainer interior.
Tak percaya? Ikuti saja sepuluh pedoman berikut ini!



  1. 1. Jangan tempatkan barang-barang seni/pajangan di atas ketinggian mata/penglihatan rata-rata orang pada umumnya. Taruh dan susun lebih-kurang 150 cm dari lantai. Dengan menggunakan pedoman ini, Anda tidak akan pernah meletakkannya terlalu tinggi. Jika ingin mengelompokkan koleksi barang seni Anda, gunakan pedoman ini untuk garis besar penataan lalu kembangkanlah.

  2. Jangan gunakan hiasan/pajangan yang terlalu kecil. Sesuaikan dengan skala ruang yang ada. Jadikan hal ini sebagai pedoman umum: gunakan 2/3 dari lebar dinding yang ada untuk berkreasi dengan menaruh lukisan, hiasan/barang seni. Pedoman ini juga dapat diterapkan dalam penataan perabot di dalam satu ruang. Jika Anda tidak memiliki satu pun hiasan yang cukup besar, cobalah dengan mengelompokkan beberapa barang dan letakkan secara berdekatan untuk memenuhi skala ruang yang ada.

  3. Jangan terlalu banyak menempatkan perabot di ruangan yang kecil. Sesuaikan ukuran ruang dengan ukuran dan bentuk perabot yang ada. Gunakan kertas gambar khusus dan contoh ukuran perabot (tersedia di toko buku, di bagian buku/perlengkapan untuk desain interior) untuk mengira-ngira tata letak perabot yang Anda miliki dan perabot yang sesuai keinginan Anda.
    Pindah-pindahkan miniatur perabot di kertas gambar tadi, sampai Anda mendapat pengaturan/tata letak yang terbaik. Pertimbangkan untuk memindahkan beberapa perabot dari dinding dan menatanya di satu ruangan. Hal ini akan menciptakan pengaturan kursi yang menarik dan memaksimalkan penataan di ruang tersebut.
    Selama miniatur perabot dan kertas gambar berukuran dibuat pada skala yang sama (1/4 inchi = 1 kaki), cara ini bisa diandalkan untuk digunakan semua orang. Anda dapat meyakini, apa yang terlihat di kertas tadi sama dengan kenyataan yang ada di ruang-ruang rumah Anda nantinya.

  4. Jangan sungkan mencoba dulu contoh warna cat. Sebelum mulai mengecat, cobalah warna cat yang Anda pilih terlebih dahulu. Coba dulu contoh warna cat yang ada sebelum Anda mengeluarkan biaya dan waktu untuk pekerjaan pengecatan. Jangan salah, banyak orang merasa kecewa dengan warna cat yang telah mereka pilih. Kebanyakan dari mereka biasanya memilih warna dari contoh lembaran warna dan memulai pengecatan. Setelah selesai, mereka baru sadar, warna yang dipilih terlalu gelap, terang, atau bahkan salah sama sekali.
    Masalah ini sebenarnya dapat dihindari kendati untuk itu Anda harus sedikit berusaha dan mengeluarkan kocek tambahan. Namun, dijamin Anda tak bakal menyesal. Caranya, belilah 1 kaleng kecil contoh warna cat yang Anda inginkan. Mulailah mengecat pada sisi yang paling gelap (biasanya pada dinding yang berjendela) dan sisi yang paling terang (biasanya dinding di seberang jendela) dengan ukuran 60 cm x 60 cm. Biarkan selama dua hari untuk memastikan apakah pilihan Anda sudah tepat.
    Jika merasa cocok dengan hasil cat yang ada, Anda dapat melanjutkan pengecatan. Jika sebaliknya, coba pilih warna lain dan mulai lagi dengan cara tadi. Gunakan cara sama untuk pengecatan di luar rumah. Sinar matahari dan perbedaan waktu (pagi, siang, malam) memainkan peranan penting dalam menentukan warna cat luar. Perhatikan contoh warna cat dari seluruh sudut pandang dan amati perubahannya sepanjang hari untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

  5. Jangan meletakkan hiasan di rak meja & rak di dinding seperti layaknya barisan tentara. Hindari pengelompokan benda-benda sejenis. Jangan mencampur-adukkan ukuran, besaran, dan tekstur. Ini adalah kunci utama untuk menata hiasan/pajangan-pajangan dengan baik.
    Variasikan penggunaan hiasan/obyek dari segi ketinggian untuk menciptakanketinggian yang berjenjang. Biasanya dapat terbentuk dengan susunan obyek yang berjumlah ganjil. Menambahkan tanaman di ruang akan mengurangi kesan ruang yang tinggi dan juga menambah tekstur yang ada.
    Buku-buku yang disusun dengan rapi dapat sebagai alas untuk barang-barang kecil dan bisa juga sebagai alas untuk menambah ketinggian lukisan mungil Anda. Gunakan cara-cara sederhana ini dan koleksi barang Anda. Jadi, tak selalu harus membeli barang yang sempurna atau sama persis dengan impian Anda. Cara ini akan membantu memaksimalkan penggunaan uang Anda.

  6. Jangan gunakan lampu meja sudut atau lampu baca yang bentuknya terlalu kecil. Gunakan lampu dengan tinggi antara 70 sampai 80 cm untuk lampu meja sudut dan lampu baca Anda. Pada dasarnya, ketinggian lampu sangat bergantung pada desainnya, tetapi ukuran ini bisa digunakan sebagai pedoman Anda. Untuk lampu kamar ganti dewasa, dibutuhkan ketinggian antara 50 dan 60 cm.
    Sekali lagi, model lampu (biasanya model lilin dianggap cukup tinggi) dapat dipertimbangkan. Lampu yang lebih kecil dapat digunakan di kamar ganti anak dan untuk lampu baca. Ingat, ini hanya sekadar saran karena yang terpenting, sesuaikan dengan kebutuhan ruang Anda.

  7. Jangan lupa memadukan bahan dan warna yang akan digunakan dalam penataan keseluruhan. Mulailah menata dengan beberapa hal yang dapat digunakan sebagai sumber inspirasi/ide. Misalnya, bahan sofa, karpet, penutup dinding, pernak-pernik kamar tidur, dan lainnya, yang memiliki kombinasi warna yang Anda sukai dan memungkinkan Anda berkreasi dengan semua itu.
    Hal ini akan menentukan skema warna dari setiap ruang yang ada. Pengunaanwarna dan pola yang digunakan untuk keseluruhan ruang, haruslah serasi, seperti Anda memadukan warna batu perhiasan Anda dengan baju dan sepatu yang akan dikenakan.
    Biarkan satu warna dari sumber inspirasi Anda mendominasi di setiap ruang. Gunakan warna ke-2, ke-3, dan warna-warna lainnya sebagai warna penunjang dan aksen untuk seluruh ruang yang ada. Gunakan warna-warna ini di setiap ruang dengan porsi yang lebih kecil.
    Pedoman umumnya: Lebih kurang 60 persen warna dominan utama dan 20 persen untuk dua warna berikutnya pada skema di setiap ruang yang ada. Warna tambahan dapat digunakan sebagai unsur penetral. Jangan pernah lupa mengaturnya sedemikian rupa sehingga membuat keseluruhannya tampak serasi/harmonis. Untuk ruang tambahan dalam rumah Anda, pertimbangkan membalik formula yang ada. Dengan kata lain, warna yang digunakan pada porsi 20 persen ditukar dengan warna dominan (60 persen). Gunakan komposisi di atas secara bergantian untuk ruang-ruang yang lain sehingga mengesankan kesinambungan.

  8. Jangan lupa menambahkan barang-barang kesayangan keluarga dan lukisan untuk menunjukkan "pribadi" Anda. Pajanglah barang-barang kesayangan keluarga di sekeliling rumah untuk menggambarkan kesenangan/hobi masing-masing anggota keluarga.
    Rumah Anda dan ruang-ruang pribadi yang ada sebaiknya memperlihatkan gayahidup dan selera dari anggota keluarga. Taruhlah foto keluarga di dinding dan di atas meja untuk sentuhan pribadi. Bingkai lukisan anak-anak Anda dan gantungkan pada dinding khusus, susun benda-benda kesayangan anggota keluarga secara khusus pula, dan pajanglah benda-benda kenangan untuk memberi tema dan sebagai hiasan pada ruang yang ada. Nah, kepribadian keluarga Anda pun akan tecermin dan membuat Anda bisa berkreasi secara maksimal saat menata rumah.

  9. Jangan mengabaikan bentuk arsitektur khusus di rumah Anda. Lakukan perbaikan pada penataan rumah dengan menekankan karakter dan hal khusus dari rumah Anda, Setiap rumah pasti mempunyai sesuatu yang unik. Bisa sudut jendelanya, lantai yang indah, tekstur dinding yang mengagumkan, atau hal lainnya. Gunakan bentuk arsitektur yang ada sebagai dasar untuk memberi ciri khas pada penataan. Pasti hasilnya akan menakjubkan.

  10. Jangan takut bereksperimen! Membiarkannya tanpa penataan, karena Anda tidak yakin mampu melakukannya, malah bisa bikin Anda kecewa dan frustrasi.

(Tabloid Nova)

Read more ...

CARA MEMILIH JENIS-JENIS MINYAK WANGI




Memilh minyak wangi bagi sebahagian orang ternyata tak semudah membalik telapak tangan. Apalagi kini memang semakin banyak tawaran jenis parfum. mari kita cari tahu soal seluk-beluk dunia wangi-wangian ini.


Sebelum Anda membeli wewangian yang tepat, ternyata ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar tak salah beli nantinya. seperti yang saya baca dari majalah Fitness rupanya minyak wangi pada dasarnya dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, tergantung pada tingkat konsentrasi aroma minyak wangi, yaitu :
  1. PERFUME = Aromanya dapat bertahan antara 8 sampai 12 jam, dan harganya tergolong mahal. Wewangian ini memiliki konsentrasi perfume oil sebesar 20-30%. Wewangian jenis ini umumnya dikemas dalam botol kecil, dan dipakai dengan cara dioleskan 1- 2 tetes.
  2. EAU DE PERFUME = Ini adalah salah satu formula yang terpopuler diantara kita. Cara pakainya disemprotkan ke tubuh. Memiliki kandungan 15-20% perfume oil. Kekuatan dari aroma cau de perfum mampu bertahan 6 hingga 8 jam sehari.
  3. EAU DE TOILLETTE (EDT) = Wewangian jenis ini memiliki konsentrasi perfume oil sebesar 4-10%. Bentuknya sama seperti cau de perfume, hanya tingkat wanginya lebih ringan.
  4. COLOGNE = Anda bisa menemukannya dalam bentuk spray ataupun splash. Tingkat konsentrasi parfumnya cuma berkisar 2-5%. Maka jika Anda memakai cologne perlu mengulanginya beberapa jam sekali.
  5. SOLID PERFUME = Beberapa dari brand kecantikan menciptakan parfum dengan jenis terbaru yang terbuat daru campuran fume oil dan wax ini. Ketika Anda mengenakannya, aroma yang tercium akan lebih kuat ketimbang produk wewangian jenis ini.

Dinalik aroma wangi yang terdeteksi oleh indra penciuman kita, ternyata terdiri dari beberapa tingkatan aroma atau lazim disebut notes. Maka dalam dunia parfum dikenal beberapa istilah yakni top notes dan base notes. Setiap notes akan berperan penting dalam menciptakan perpaduan aroma parfum yang dinamis. Adapun tingkatan aroma yang tercium dalam sebuah parfum adalah:

  1. TOP NOTES = Aroma yang tercium pertama kali oleh hidung Anda, sedetik setelah minyak wangi disemprotkan.
  2. MID NOTES/HEART NOTES = Sesudah top notes, Anda akan mencium aroma mid notes yang meninggalkan kesan personaliti dawi wewangian tersebut. Biasanya mid notes memiliki komposisi aroma yang spicy, bunga atau buah-buahan. Aroma ini biasnya tercium setelah 5 menit pertama hingga 6 jam berikutnya.
  3. BASE NOTES = Sedangkan base notes adalah sentuhan akhir yang terpancar dari sebuah parfum. Komposisinya terdiri dari woody, animal, balsamic. Aromanya akan tercium setelah lebih dari 6 jam.

Untuk panduan memilih parfum dapat mengikuti tip-tip berikut ini:

  1. JIKA KURANG YAKIN DENGAN PILIHAN ANDA = untuk melihat referensi tentang wangio yang cocok untuk Anda, Anda dapat melihatnya kesini atau kesini
  2. COBA TESTER PARFUM = Mintalah SPG untuk menyemprotkan tester parfum pada kulit Anda. Namun jangan langsung menciumnya, biarkan 1 menit agar aroma menempel, lalu cium wanginya. Setelah 10 menit, cium kembali aroma tersebut, hal ini untuk mengetahui berapa lama wangi parfum kuat bertahan.
  3. CARA JITU MENETRALKAN INDRA PENCIUMAN = Jika Anda telah mencoba beberapa aroma parfum dan mulai pusing dengan baunya, segera netralkan dengan cara menghirup aroma biji kopi atau lengan baju yang Anda kenakan.
  4. JANGAN MENCOBA LEBIH DARI 4 AROMA = Untuk memudahkan saat memilih parfum, jangan terlalu banyak menyemprotkan tester yang tersedia. Cukup coba 4 tester yang berbeda, pada pergelangan tangan kiri dan kanan, serta punggung telapak kiri dan kanan.
  5. PERHATIKAN DAYA TAHAN AROMA = Jika berencana memilih parfum di sebuah mal, setelah Anda mencoba tester, cobalah berkeliling selama 30 menit. Cara ini untuk mengukur daya tahan aroma. Jika aromanya masih melekat, berarti segeralah membeli parfum berkualitas.

Adapun langkah atau cara agar aroma parfum dapat bertahan lama adalah :

  1. Memakai parfum ibarat mengkomsumsi minuman cocktail dingin. Semprotkan parfum dan biarkan orang disekitar Anda menikmati aromanya, takaran yang tepat untuk penggunaannya adalah: Perfume cukup oleskan 1 atau 2 tetes, Eau de perfume cukup semprotkan sebanyak 3 semprotan, Eau de toilette pakai sebanyak 4 semprotan, cologne boleh pakai 6 semprotan dan untuk solid perfume oleskan 1 atau 2 kali.
  2. Aroma wewangian akan bertahan lebih lama bila dipakai pada area nadi pergelangan tangan, dibelakang telinga dan belahan dada.
  3. Kalau Anda belum ingin memakai parfum yang baru dibeli, coba simpan di kulkas. Hal ini ternyata ampuh menjaga kualitas aromanya, bisa bertahan hingga setahun. Untuk perlindungan maksimal, pastikan botol parfumnya masih terbungkus rapi pada kotaknya. Anda juga bisa menyimpan botol parfum didalam kamar mandi, Ingat simpan parfum dalam tempat yang sejuk dan terhindar dari paparan sinar matahari.

Adapun jenis-jenis aroma parfum adalah :

  1. Green & Citrus = para wanita aktif dan dinamis akan menyukai aroma yang segar dan jauh dari kesan seksi. Cobalah dengan aroma lemon, lime, bergamot, ataupun tanaman seperti basil, mint, lotus. contohnya : Gucci Envy, Creed Silver Mountain Water, Dolce Gabbana light Blue, L'Occitane Verbena.
  2. Floral = Ini adalah aroma bunga seperti Kenzo Flower.
  3. Oriental = wewangian khas beraroma eksotis karena banyak mengandung rempah seperti vanilla, cinnamon. contohnya : Dior addict, Thiery Mugler Angel, Ralph Lauren Wild, Calvin Klein Obsession, dll
  4. Unisex = Ini adalah wewangian yang biasa dipakai oleh para pria maupun wanita, contohnya Calvin Klein CK One. Parfum ini sudah terbukti bisa dipakai oleh kaum pria dan wanita. Aromanya yang segar,bakal membuat Anda tidak pernah bosan setiap hari.



Sumber : fitness







Read more ...

CARA MEMBINA HUBUNGAN YANG HARMONIS DENGAN PASANGAN

Dari beberapa artikel-artikel dan tips-tips yang pernah Anda baca dan coba untuk membina hubungan yang harmonis dengan pasangan, tidak ada salahnya artikel berikut ini layak Anda coba :


  • BELAJAR BERKOMUNIKASI SECARA EFEKTIF, Ini merupakan cara mendasar dan juga paling penting. Bebrbicara saja tidak menjamin pesan dan maksud anda sampai pada pasangan. Komunikasi efektiflah yang dibutuhnkan oleh setiap pasangan, bahkan setiap orang. Jika Anda berdua tidak mengalami kesulitan dalam berkomunikasi, dijamin friksi antara Anda berdua akan menghilang dengan sendirinya. Tidak cuma itu, kehidupan seks Anda dan pasangan juga so pasti akan lebih hebat...wahhh..

  • PELAJARI KEAMANAN EMOSI PASANGAN, Orang seringkali mempunyai perbedaaan pendapat tentang keamanan emosi ini, Namun secara umum, kita bisa memperhatikan bahwa pasangan dengan keamanan emosi yang baik saat bersama, akan semakin tersambung secara fisik maupun secara spritual.

  • PELIHARA KESEIMBANGAN HUBUNGAN, Jika hubungan Anda dan pasangan sudah seimbang, maka peliharalah dengan baik. Hargai pasangan Anda sebagai individu yang juga berhak berkembang sendiri.

  • BUAT WAKTU INTIM UNTUK BERDUA, Seperti yang sudah disampaikan diatas, masa sekarang memang tidak memberikan ruang bagi setiap pasangan untuk mempunyai waktu berdua saja. Pekerjaan, anak, dan hal-hal lain telah menelan perhatian Anda. Sepakati waktu minimal sekali seminggu buat Anda berdua. Abaikan semua urusan diluar urusan hubungan Anda berdua. It's your 'me and him' time!

  • TERTAWA BERSAMA!, Humor adalah resep jitu menghilangkan konflik ampuh. Tertawa juga menjadi sebuah cara untuk merelakskan ketegangan yang ada diantara Anda berdua. Bukan hanya itu, ketegangan akibat hal eksternal yang berpotensi merusak kenyamanan dan keseimbangan hubungan Anda berdua akan terbabat habis!,

sumber : fitness

Read more ...