loading...

Tips Memilih Sepatu Olahraga

loading...
Tidak mudah menentukan sepatu olahraga saat ini. Saat akan membelinya, kita dihadapkan pada berbagai pilihan yang sangat menarik disertai berbagai penjelasan tentang kelebihan setiap jenis sepatu.
Seorang ahli biomekanik, bidang ilmu yang mempelajari perubahan posisi tubuh saat bergerak, dari universitas Calgary, Kanada, Benno Nigg, memberi panduan lengkap untuk memilih sepatu yang sesuai bagi setiap orang.
  1. Beli sepatu olahraga menjelang sore hari, diujung aktivitas harian yang padat. Pada saat ini seluruh otot kaki mengembang, sehingga membentuk kondisi yang mirip dengan kondisi saat otot berkontraksi selama berolahraga
  2. Kenakan sepatu di kedua kaki, dan rasakan seluruh bagian sepatu tidak menjepit kaki. Pastikan ada bagian mata kaki, ujung jari dan sisi kaki tidak terhimpit. Berjalanlah memutar, melompat dan berjongkok saat mencoba sepatu untuk merasakan kenyamanannya saat Anda bergerak.
  3. Pilihlah sepatu yang menyisakan area di depan ibu jari kaki
  4. Pilihlah sepatu yang sesuai dengan jenis olahraga. Jika Anda melakukan olahraga dengan tingkat erobik yang tinggi, seperti; olahraga beraket (badminton, tenis, squash), erobik atau basket; maka Anda membutuhkan sepatu yang melindungi mata kaki. Jenis olahraga ini menciptakan benturan pada mata kaki dan otot pergelangan kaki, akibat pertemuan tumit dengan landasan olahraga.
  5. Selain itu pilih sepatu berbantalan tebal dan ringan untuk meminimalisasi dampak benturan. Jika olahraga pilihan Anda adalah jalan kaki dan joging, maka sepatu olahraga berbantalan tebal tetap dibutuhkan untuk meredam benturan tumit dengan tanah. Namun tak masalah jika Anda memilih sepatu yang tidak melindungi mata kaki, karena tekanan yang dialami mata kaki saat berjalan dan joging relatif tidak berat.

sumber : surabayapost

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Memilih Sepatu Olahraga"