loading...

Mengkonsumsi Lemak Penting bagi Anak

loading...
Orang tua tidak perlu takut memberikan asupan lemak kepada anak selama masih pada porsi yang dianjurkan, kata dokter spesialis gizi klinik pada Departemen Radioterapi Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK. "Jangan sampai anak tidak mendapatkan makanan yang mengandung lemak, karena khawatir kegemukan.
Lemak diperlukan untuk pertumbuhan anak, termasuk pertumbuhan otak," kata Fiastuti, yang juga staf luar biasa Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, ini di Jakarta.
Ia mengatakan, asupan nutrisi yang tepat sangat diperlukan untuk pertumbuhan anak menjadi optimal. Setiap hari anak membutuhkan gizi seimbang yang terdiri atas asupan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral.
Asupan kandungan nutrisi tersebut dapat diperoleh dari variasi makanan yang dikonsumsi. Konsumsi lemak hingga 30 persen dari total energi setiap hari diperlukan untuk menyerap vitamin penting, seperti A, D, E, dan K secara maksimal.
"Masalah gizi anak sebaiknya mendapatkan perhatian khusus melihat masih sering munculnya kesalahpahaman orang tua terhadap hal ini," katanya.
Ia menyebutkan, ada tiga masalah gizi, yakni kurang gizi, kelebihan gizi, dan salah gizi yang masing-masing memiliki indikasi dan akibat yang berbeda.
Untuk menghindarinya, katanya, perlu komposisi seimbang antara karbohidrat (45-65 persen), protein (10-25 persen), lemak sedikitnya 30 persen, dan bermacam vitamin lain mutlak diberikan kepada anak untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan fisik, perkembangan otak, kepandaian, dan kematangan sosial.
Menurut dia, perencanaan makan yang cerdas oleh orangtua diperlukan demi menciptakan pola makan yang sehat, terkontrol, dan menyenangkan. Kuncinya adalah jumlah kalori sesuai kebutuhan, jadwal makan teratur, dan jenis makanan dengan komposisi karbohidrat, protein, dan lemak seimbang, di samping nutrien spesifik yang terpenuhi.
kompas.com
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengkonsumsi Lemak Penting bagi Anak"