loading...

STANDAR KECANTIKAN DARI BERBAGAI NEGARA



Jika di Indonesia, kecantikan wanita seringkali diidentikkan dengan tubuh langsing, kulit putih dan wajah indo, bagaimanakah negara –negara lain memandang kecantikan seorang wanita?

Kecantikan Wanita Asia
Di Jepang, wanita yang cantik diidentikkan dengan wanita yang memiliki kulit halus dan lembut serta bersih dari noda maupun bekas jerawat atau luka. Kulit merupakan kunci dari kecantikan wanita Jepang, oleh karena itu perempuan di Jepang sangat menyukai makanan atau minuman yang mengandung kolagen; yaitu protein yang menyusun hampir tiga per empat area kulit dan berfungsi menguatkan dan menghaluskan kulit. Nah, kulit halus ini dianggap lebih sempurna jika rambutnya juga lurus. Kulit halus dan rambut lurus merupakan standar kecantikan wanita di Jepang.

Kulit dan rambut panjang yang lurus juga dianggap sebagai standar kecantikan wanita di India. Namun, untuk mendapatkannya wanita India tidak mengkonsumsi kolagen seperti wanita Jepang, melainkan campuran kunyit (turmeric),lemon dan madu yang dioleskan secara rutin ke kulit. Kebanyakan wanita India sangatlah beruntung karena secara genetik mereka memiliki rambut tebal, lurus dan hitam legam. Perawatan rambut, baik tradisional maupun modern, sangat disukai di India. Meski saat ini cukup banyak wanita di sana yang mengecat rambutnya, namun biasanya warna yang dipilih tidak terlalu jauh dari warna gelap, seperti coklat tua. Ini disebabkan karena rambut berwarna gelap dianggap melengkapi kecantikan kulit wanita India.

Sebaliknya di Iran, kulit mulus dan rambut indah tidak lah terlalu penting bagi wanita di Negara tersebut. Ini disebabkan karena wanita Iran biasanya mengenakan pakaian yang menutupi tubuh dari rambut hingga kaki, kecuali wajahnya. Oleh karena itu, bagian wajah, terutama hidung mungil, menjadi poin penting kecantikan wanita Iran. Sayangnya, tidak semua wanita di sana terlahir dengan hidung mungil seperti yang disyaratkan oleh standar kecantikan di negara itu. Beberapa wanita merasa perlu melakukan operasi untuk memperindah hidung mereka. Yang menarik adalah, seringkali operasi hidung ini digunakan sebagai cara untuk memperlihatkan status social mereka. Anda mungkin akan melihat wanita di sana memakai sejenis plester di hidung sebagai tanda mereka telah melakukan operasi hidung. Lucunya, ada juga yang tidak melakukan operasi namun tetap memakai plester tersebut agar dianggap fashionable.

Langsing adalah cantik berlaku di Brazil. Kebanyakan perempuan Brazil sangat terobsesi dengan tubuh langsing dan mereka biasanya menggunakan obat – obatan pelangsing yang bekerja luar biasa efektif. Selain itu, perempuan di negara ini juga sangat menggemari operasi plastik untuk mengecilkan pinggang dan perut serta membuat lekukan tubuh mereka seperti model. Ada penelitian yang mendata bahwa Brazil merupakan negara yang memiliki fasilitas operasi plastik terbesar di dunia. Yang unik adalah, di sini pembayaran operasi plastik bisa dilakukan dengan cara mencicil, jadi jangan heran jika wanita dari kelas menengah ke bawah pun melakukan operasi semacam ini. Konon, mayoritas wanita Brazil menghabiskan tiga per empat gajinya hanya untuk merawat kecantikan.

Sebenarnya, menjadi langsing bukan hanya menjadi standar kecantikan di Brazil sebab negara-negara di Eropa, misalnya Perancis, juga melihat wanita langsing sebagai wanita yang cantik dan menarik. Perbedaanya adalah, di Eropa, kebanyakan wanitanya menjadi langsing dengan diet ketat dan olah raga rutin. Ada begitu banyak metode diet yang popular di Eropa dan juga Amerika Serikat seperti diet Atkins, diet Dukan, diet Karbo, dan lain-lain. Terkadang, keinginan untuk diet mati-matian dan ekstrim ini menimbulkan kebiasaan buruk yang merusak kesehatan seperti kecendurangn menjadi Bulimia atau Anorexia. Keduanya adalah gangguan pola makan; Bulimia adalah kecenderungan seseorang (biasanya wanita) untuk makan sebanyak yang ia suka lalu memuntahkannya kembali setelahnya. Sedangkan Anorexia merupakan kecenderungan seseorang untuk menjadi sangat kurus dengan hanya makan makanan tertentu atau tidak makan sama sekali. Tentu saja hal tersebut mengganggu kesehatan. Namun, untuk beberapa wanita yang sangat terobsesi dengan kecantikan dan tubuh langsing, barangkali hal tersebut tidak menjadi pertimbangan utama mereka.

Lantas, bagaimana orang Indonesia memandang kecantikan seorang wanita? Pada sekitar tahun 60an, wanita cantik di Indonesia adalah wanita yang tubuh berisi dengan bagian dada dan pantat yang besar serta memiliki rambut panjang hitam dan kulit kuning langsat. Namun, jika melihat produk –produk kecantikan yang ditawarkan di berbagai iklan di media saat ini, nampaknya beberapa tahun terakhir, nilai kecantikan wanita Indonesia bergeser pada wanita bertubuh kurus, rambut panjang lurus dan kulit putih.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "STANDAR KECANTIKAN DARI BERBAGAI NEGARA"