loading...

BAGIAN-BAGIAN DAGING SAPI

Bila kita sedang pergi ke pasar tradisional atau mungkin ke supermarket besar yang meyediakan potongan potongan daging yang sudah di beda bedakan, terkadang kita suka bingung, dengan bagian mana yang tepat untuk di jadikan masakan anda. Pada dasarnya beda bagian daging, maka berbeda pula cara memasaknya. Bila kita salah memasak jenis daging, maka biasanya daging yang kita masak akan bertektur kenyal dan tidak dapat lembut dan sulit empuk. Berikut ini bagian bagian daging sapi dan bagaimana cara mengolahnya.

Daging Punuk : Gading ini dikenal dengan nama blade. Bagian ini menyambung dari daging atas ke paha depan. Pada bagain tengahnya terdapat serat serat kasar yang mengarah pada bgain bawah. Daging jenis punuk ini sangat cocok di masak dengan proses kukus.
Daging Has Dalam : Lebih sering di sebut dengan nama tenderloin. Merupakan bagian daging tengah sapi. Pada daging ini banyak terdapat otot otot yang terletak pada bagian tulang belakang, tulang punggung dan bahu. Daging ini sangat lunak dan berlemak. Sangat cocok di gunakan untuk memasak sukiyaki, steak dan empal

Daging Has Luar : Lebih mudah dengan sebutan sirloin. Daging ini merupakan daging sapai bagian bawah iga sampai luar has dalam. Termasuk paling murah dari bagian jenis gading sapi yang lainnya. Ototnya sangat keras dan lemaknya juga sedikit. Sangat cocok bagi anda yang sedang berdiet. daging ini biasa di gunakan juga untuk steak maupun dendeng.

Daging Lamusir : Di sebut juga dengan nama cube roll. Daging ini berasal dari bagian belakang sapi, dekat has dalam, has luar dan daging tanjung. Potongannya dapat di ambil dari bagian punggung, kemudian di potong dari rusuk ke empat hingga ke rusuk 12. daging ini termasuk dalam jenis daging yang lunak dan berlemak. sangat cocok untuk menu bakar atau daging panggang.

Daging Tanjung : Juga biasa di kenal dengan nama rump. Dagingnya berasal dari bagian punggung bagian belakang. Sangat tepat untuk olehan yang di panggang.

Daging Sapi Paha Depan : Terkenal dengan sebutan chuck. Paling banyak di potong potong bentuk segi empat tulang bahu biasanya masih menempel pada bagian paha. hingga terluar. Sangat cocok untuk masakan seperti bakso.

Daging Sapi Sengkel : atau biasa di sebut dengan schenkel. Yang berarti bagian depan atas kaki. Karena ototnya yang cukup banyak, sangat enak bila di masak untuk bakso urat, sup atau soto.

Daging sapi Bagian Iga : Pastinya daging ini berasal dari sekitar tulang iga, terdiri dari beberapa bagian iga. Sangat tepat untuk di masak sebagai semur, iga bakar, steak iga, sup iga

Daging Sandung Lamur : Di sebut juga dengan brisket. Daging ini berasal dari bagian dada bawah hingga ketiak. Biasa di sebut dengan daging anak sapi, karena cukup berlemak. sangat tepat untuk masakan seperti rendang.

Daging Sapi Samcan : Daging ini berasal dari otot perut, berbentuk panjang, datar. Namun daging ini agak kurang lunak, biasanya daging ini di buat sebagai campuran tumis daging dan tambahan dalam sayur.

Daging Sapi Kelapa : biasa juga di sebut dengan knuckle, berasal dari paha bagian belakang bagian atas. Sangat tepat di jadikan sebagai olahan daging panggang.
Daging Sapi Gandik : Daging ini berasal dari daging sapi bagian paha belakang bentuknya sangat mirip dengan bagian paha depan. Sangat tepat di masak untuk dendeng balado, isi lemper atau untuk abon.

Setelah anda mengenal bagian bagian dari daging sapi, tentunya kita sidah tidak bingung lagi dalam megolah daging sapi.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BAGIAN-BAGIAN DAGING SAPI"