loading...

TIPS MASAK DAN MENGOLAH DAUN PAKIS

Cara Memasak dan Mengolah Daun Pakis. Daun pakis adalah jenis pakis yang dapat di masak. Sebenarnya daun pakis sendiri tumbuh di hutan atau ngarai ngarai, karena cara mencarinya yang tergolong sulit, oleh sebab itu, sayur pakis termasuk sayuran dengan harga yang sedikit mahal. Untuk memasak pakis ini bila salah, biasanya akan bertektur keras dan sedikit kaku. Ada cara mudah mengolah pakis agar menjadi sayuran istimewa yang enak.



  • Saat berbelanja daun pakis, pilihlah sayur pakis yang masih kuncup, karena sayur pakis yang masih kuncup masih bercitarasa sedikit manis dan enak.
  • Buanglah bagian bawah daun pakis, sekitar 5-6 cm, karena biasanya bagian bawah sedikit keras.
  • Belah batang pakis menjadi dua bagian agar pakis cepat matang saat di masak atau di tumis.
  • Saat akan mengolah pakis, berikan sedikit garam, lalu remas remas dengan lembut, baru di cuci bersih, hal ini di lakukan, karena untuk membunuh bakteri dan menghilangkan aroma lembab pada daun pakis.
  • Jangan menjemur daun pakis, hal ini akan membuat daun pakis semakin alot, cukup masukkan sayur pakis dalam air mendidih, baung airnya, lalu didihkan kembali, lalu angkat.
  • Siakan semua bumbu untuk sayur pakis lalu masak hingga masak dan aromanya merasuk.Sayur pakis ini memang enak bila di masak dengan tempe sayur pakis, atau bila anda suka buatlah ketupat sayur padang yang salah satunya berbahan daun pakis. Selamat mencoba bunda.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS MASAK DAN MENGOLAH DAUN PAKIS"