loading...

Persiapan Mobil Untuk Melakukan Perjalanan Jauh

loading...

Persiapan Mobil Jarak Jauh

Sungguh bijaksana bila Anda mempersiapkan mobil sebelum melakukan suatu perjalanan yang jauh. Karena bila tidak, tujuan berlibur atau kepentingan bisnis apa pun yang akan Anda lakukan bakal berantakan akibat terjadinya kerusakan pada mobil.

Perjalanan itu sendiri bisa jadi perjalanan yang memakan waktu berhari-hari melintasi pulau, menyeberang beberapa selat atau bahkan hanya perjalanan dekat. Jauh atau dekat yang penting mobil harus selalu sehat agar perjalanan Anda menyenangkan dan aman.

Menyiapkan mobil perlu dilakukan beberapa hari sebelum rencana perjalanan dimulai. Hal ini penting agar persiapan betul-betul sempurna, juga untuk mengantisipasi kalau membutuhkan perbaikan yang harus dilakukan di bengkel sebelum hari berangkat.

Seandainya ada bagian yang belum sempurna masih ada kesempatan untuk memperbaikinya. Berikut ini pekerjaan apa saja yang perlu Anda siapkan atau bagian mana saja yang perlu diperiksa sebelum rencana perjalanan dilakukan. Membuat ruang penumpang menjadi longgar dengan memindahkan bagian yang tidak penting ke tempat lain merupakan ide yang sangat berguna dan perlu dipertimbangkan. Bagian atap mobil merupakan ternpat yang ideal untuk dioptimalkan.

Oleh karena itu, memasang kerangka tambahan di atas atap mobil untuk meletakkan barang-barang bawaan merupakan cara terbaik. Kendati begitu, harus diperhitungkan berat bawaan tersebut agar tidak merusak atap mobil. Ketika memasang kerangka di atas atap tersebut harus dipastikan kuatnya pengancingan pada nisi atap dan tidak merusak cat.

Pemilihan perangkat tambahan itu juga harus pasti, artinya pilihlah yang konstruksinya kuat sehingga tidak melengkung dan menimpa atap mobil. Setelah semua barang, seperti tas, perlengkapan sehari-hari dan sebagainya diletakkan di atas rak tersebut, jagan lupa untuk menutupinya dengan terpal, agar terlindung dari debu dan hujan.

Perhatikan 3 komponen penting dari mobil berikut ini.
1. Mesin dengan semua perlengkapan seperti saluran bensin, pompa, saringan udara, saringan bensin, karburator, dan mesin itu sendiri perlu diperiksa. Bagi mesin diesel, perhatikan saringan solar dan saringan udaranya, karena dua komponen ini sangat mempengaruhi tenaga mesin.
2. Periksalah roda termasuk ban, rem, transmisi, dan diffrential.
3. Bagian kelistrikan yang terdiri dari penerangan, pengisian aki, dan
sistem starter mesin sampai tali kipas. Kalau ketiga komponen ini sehat, niscaya perjalanan Anda akan menyenangkan.

http://rachmadrevanz.com

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Persiapan Mobil Untuk Melakukan Perjalanan Jauh"