loading...

Cara Mengganti Saringan Udara Pada Mobil

loading...

Saringan Udara
Memeriksa dan mengganti saringan udara dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.
1. Lepaskan alat pengikat tutup rumah saringan udara. Alat pengikat ini dapat berupa klem, baut, atau mur. Lepaskan tutupnya, lalu ambillah saringan udara yang terlihat di dalamnya.

2. Periksalah kondisi saringan udara dengan saksama. Jika terdapat kotoran seperti bekas oli atau bekas debu yang tidak dapat hilang (walaupun telah disemprot dengan penyemprot bertekanan udara tinggi), gantilah saringan udara dengan yang baru.

3. Sebelum memasang yang baru, bandingkanlah saringan udara yang baru dengan saringan udara yang lama. Dimensi (seluruh ukuran) keduanya harus sama persis. Paking atas dan paking bawah (bila memang ada paking-nya) haruslah sama.

4. Pasanglah saringan udara yang baru secara baik pada rumahnya. Pastikan bahwa paking-nya sudah dipasang secara tepat sehingga saringan udara dan paking terkesan sangat menyatu. Paking yang tidak dipasang atau dipasang dengan tidak tepat akan membuat udara bebas masuk ke dalam mesin melalui celah yang ada.
Kotoran dari udara bebas yang masuk tanpa melalui saringan akan membuat mesin cepat rusak. Untuk mobil yang sudah agak tua (lebih dari lima tahun), penambahan sedikit gemuk pada permukaan paking yang menempel ke saringan udara dan pada permukaan paking yang menempel ke rumah saringan udara, akan membuat paking melekat lebih baik lagi.

5. Setelah yakin bahwa saringan udara telah tepat berada di tempatnya, tutup kembali rumah saringan udara dengan rapat dan kencangkan kembali pengikatnya seperti semula.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengganti Saringan Udara Pada Mobil"