loading...

KARATERISTIK WARNA

loading...
KARATERISTI warna-warna dasar dan sekunder serta pengaruhnya terhadap suatu ruangan akan kita bahas pada postingan ini.
Baiklah kita langsung saja pada warna sebagai berikut :
  • Merah, merupakan warna vitalitas dan energi-cemerlang, seru dan dramatis. Sevagai warna yang menonjol paling kuat, merah dapat menimbulkan kesan terlalu mencolok. Ruangan akan kelihatan lebih kecil apabila corak merah yang lebih kuat dipergunakan. Kekuatan hangatnya cocok untuk dapur dan kamar mandi yang dingin. Dengan adanya warna merah diruang makan akan lebih mengundang selera makan. Apabila unsur putih ditambahkan pada merah, ia akan menjadi merah muda, sebuah warna yang feminim, yang dikaitkand dengan cinta dan romantisme. Warna merah muda pastel dan merah mawar tua, akan membantu Anda menciptakan suasana kamar tidur yang benar-benar romantis. Tambahan warna biru pada merah muda akan memunculkan merah muda keunguan yang misterius dan kaya akan gaya, cocok untuk kamar tidur dan kamar mandi
  • Jingga warna jingga hampir sekuat dan semenonjol warna merah, dapat difunsikan untuk tujuan-tujuan serupa . Warna ini dapat menjadi sangat menggugah, khususnya bila diperpadukan dengan warna hitap atau abu-abu, putih atau dengan warna pelengkapnya, yaitu biru. Inilah kombinasi yang sangat cocok untuk ruang bermain anak, kamar makan, dan ruang belajar. Warna jingga yang dicampur dengan putih akan menjadi warna persik, koral atau aprikot, yang merupakan warna feminim dan romantis yang sangat cocok untuk kamar tidur.
  • Kuning warna yang gembira yang sering dikaitkan dengan sinar matahari dan kehangatan. Kuning juga melambangkan pikiran, intelektualitas, dan energi yang kreatif. Warna kuning terang akan menghadirkan cahaya dan terang mentari ke dalam ruangan-ruangan tergelap. Tetapi karena warna ini sangat menggugah, gunakanlah dengan cermat. Kuning yang dicampur abu-abu akan menjadi warna emas terang, atau coklat muda yang lembut. Warna-warna ini dipakai dalam skema warna yang mewah untuk ruang belajar, kamar tidur. Warna kuning dengan secercah hijau bisa terlihat elegan, tetapi harus hati-hati karena warna ini akan terlihat abu-abu dibawah pencahayaan buatan. Kuning pucat memiliki kesan memantulkan cahaya yang kuat dan dapat membuat ruang yang sempit tampak lebih luas dan terang.
  • Hijau merupakan warna keseimbangan, yang posisinya diantara warna hangat dan warna sejuk. Hijau merupakan warna alam. namun warna hijau juga dapat berubah menjadi warna yang sangat dingin, terutama bila mengandung unsur biru. Tetapi perpaduan hijau dengan warna-warna hangat yang kontras akan menghilangkan kesan dingin tersebut. Rona hijau pucat akan menciptakan kesan luas pada kamar mandi dan kamar tidur yang kecil. Bila hijau mengarah pada warna biru, ia akan menjadi warna mint, yang sangat menyegarkan dapur. Nuansa hijau tua terlihat kaya dan megah. Hijau dengan unsur abu-abu akan terlihat sangat lembut.
  • Biru adalah warna keselarasan, perdamaian, dan kesetiaan. Biru dikaitkan dengan langit dan pemandangan luas, serta menciptakan kesan lega. Karena bersifat sejuk, gunakanlah warna ini dengan cermat. Kadar pemantulan cahayanya rendah dan akan menyebarkan serta melembutkan cahaya matahari yang kuat, menenagkan ruangan-ruangan yang terlalu terang. Biru terang juga bernuansa sangat ceria, yang membuatnya ideal untuk kamar anak. Biru murni, khusunya, yang mulai mengarah ke hijau merak sulit dipadukan dengan warna lain. Gunakanlah dalam jumlah sedikit apabila ruangan Anda kecil. Warna biru dengan unsur abu-abu maupun nuansa biru memberikan kesan lembut, namun akan membosankan bila pencahayaannya tidak memadai.
  • Ungu adalah warna menyala dan tidak mudah dipadukan dengan warna lain. Ungu lebih cocok dipadukan dengan biru, biru hijau dan merah muda.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KARATERISTIK WARNA"