loading...

PENYEBAB NYERI DI DADA SEBELAH KANAN

http://danahauses.blogspot.com/2016/11/penyebab-nyeri-di-dada-sebelah-kanan.html



Perlu dicatat bahwa nyeri di dada tak selalu berhubungan dengan masalah kardiovaskular. Dilansir dari boldsky.com, 

berikut adalah beberapa Penyebab NYERI DI DADA SEBELAH KANAN


Masalah pencernaan
Dalam beberapa kasus, masalah pencernaan juga bisa membuat nyeri di dada. Contohnya adalah saat kamu tersedak maka akan menyebabkan penyumbatan di dada yang membuat nyeri.


Hepatitis
Jika kamu menderita hepatitis, maka kamu akan mudah merasa nyeri di dada. Nyeri ini terjadi saat pleura meradang atau akibat dari disfungsi pankreas.


Subluksasi tulang rusuk
Subluksasi tulang rusuk adalah gangguan posisi dari koordinasi antar tulang yang bisa menyebabkan rasa nyeri. Nyeri ini akan semakin kuat munculnya saat kamu bersandar.


Stres
Di tengah kesibukan seperti saat ini, penyebab paling khas dari nyeri dada adalah stres. Sebabnya kecemasan dan stres akan menempatkan banyak tekanan yang berakibat dari munculnya rasa nyeri.

Jadi, sudah jelas kan bahwa nyeri di dada tak selamanya karena penyakit kardiovaskular. 
Sumber : Merdeka


Penyebab secara umum munculnya sakit dada kanan adalah dikarenakan :

  • Musculoskeletal atau traumatik yang terjadi karena otot mengalami kram atau cedera. Biasanya dialami oleh atlet yang mempunyai aktivitas fisik yang sangat berat. Jika cedera otot ini bukan karena sebab mempunyai riwayat penyakit jantung, bisa dipastikan sakit yang dirasakan pada dada sebelah kanan terjadi karena mengalami benturan atau juga karena terjatuh sehingga dada mengalami cedera.
  • Masalah pada kantung empedu dapat terjadi oleh akibat seringnya mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak atau ketika batu empedu menyumbat saluran empedu.
  • Terinfeksi virus, bakteri dan mikroorganisme, terutama virus yang menyebabkan flu dan batuk yang masuk ke dalam tubuh juda dapat menyebabkan sakit dada kanan.
  • Adanya peradangan yang terjadi di dalam pleura, yaitu selaput yang melindungi paru-paru. Ketika selaput pelindung mengalami peradangan maka akan menimbulkan sakit pada bagian dada sebelah kanan.
  • Radang pada selaput perut atau gastritis yang terjadi setelah mengkonsumsi minuman keras yang berlebihan atau karena berpuasa yang tidak benar dan sehat seperti tidak sahur dapat menjadi pemicu sakit dada.
  • Hepatitis atau peradangan yang terjadi di dalam hati, hal ini menyebabkan rasa sakit pada dada sebelah kanan karena organ hati ini lokasinya berdekatan dengan dinding rongga dada sebelah kanan.
  • Masalah saluran pencernaan atau asam lambung yang dikarenakan pola makan yang kurang sehat dan tingkat stress yang berlebihan.
  • Kelelahan fisik sebagai akibat dari banyaknya aktifitas yang dijalani sepanjang hari sehingga menguras banyak tenaga dan energi, yang menuntut otot dada sebelah kanan harus mengoptimalkan kinerjanya.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENYEBAB NYERI DI DADA SEBELAH KANAN"