loading...

MENURUNKAN BERAT BADAN DENGAN MINYAK ZAITUN


Penelitian gabungan kelompok ilmuwan dari Jerman dan Austria menemukan manfaat dari minyak zaitun dalam membantu menjaga berat badan, yaitu memberi rasa kenyang lebih lama dengan mendorong regulator serotonin.

Bila dibanding minyak dan lemak alami lainnya, minyak zaitun adalah jenis yang paling memberi rasa kenyang dalam waktu cepat dan bertahan lama. Rasa kenyang lebih cepat adalah penting dalam membantu menurunkan berat badan, atau tidak menambah berat badan.

Kesimpulan di atas diperoleh setelah meneliti dan membandingkan manfaat dari butter, gajih / lemak, minyak kanola, dan minyak zaitun.

Para peneliti kemudian membentuk kelompok-kelompok orang satu benda tadi untuk dimasukkan dalam konsumsi harian para responden selama 3 bulan.

Hasil menunjukkan, kelompok minyak zaitun merasa kenyang lebih lama usai jam makan normal (sarapan, makan siang, dan makan malam) dengan menu menggunakan minyak zaitun. Para responden dari kelompok minyak zaitun pun tak ada yang mengalami peningkatan berat badan atau lemak tubuh selama 3 bulan penelitian.

Dalam satu pernyataan, pemimpin penelitian ini, dr Peter Schieberle dari Technische Universität München (TUM), Jerman-dikutip dari Medical Daily-mengatakan, kelompok yang mengambil minyak zaitun memiliki konsentrasi hormon serotonin tinggi dalam darahnya.

Serotonin adalah bahan neurotransmitter yang mempengaruhi sel-sel dalam otak yang terkait nafsu makan, keinginan seksual, mood, tidur, memori dan pembelajaran, serta beberapa sikap sosial. Asupan memberi pengaruh kuat terhadap tingkat serotonin, dan studi ini menunjukkan peran minyak zaitun dalam mendorong serotonin.

Belum puas, para peneliti kemudian menggali lebih dalam untuk mengetahui alasan minyak zaitun memberi rasa kenyang lebih lama yang dramatis dibandingkan minyak kanola, padahal keduanya memiliki asam lemak yang sama. Diperkirakan, aroma dari minyak zaitun untuk memasak adalah kunci dalam memberikan rasa kenyang lebih lama itu.

Rasa kenyang dari minyak zaitun tergantung dengan tingkat gula dalam darah saat. Semakin cepat penurunan gula dalam darah, semakin cepat seseorang merasa lapar lagi.

Hasil penelitian lebih mendalam menunjukkan, zat dalam aroma minyak zaitun konten ternyata memberi manfaat kesehatan yang sama dengan konsumsi minyak zaitun itu sendiri. Artinya, aroma minyak zaitun juga penting dalam membantu mengelola keinginan makan seseorang.

Para peneliti masih mencari tahu tentang zat dalam aroma minyak zaitun yang paling efisien dalam memperlambat penurunan tingkat gula darah. Sejauh ini para peneilti mengidentifikasi 2 bahan dalam minyak zaitun yang mempengaruhi gula dalam darah yang jumlahnya paling besar adalah, Hexanal dan E2-Hexanal.

Diharapkan para peneliti, hasil penelitian ini dapat membantu dijadikan landasan dalam menciptakan produk-produk yang ditujukan untuk mengurangi masalah berat badan, terutama yang bertujuan membuat pengguna merasa kenyang lebih lama.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENURUNKAN BERAT BADAN DENGAN MINYAK ZAITUN"