loading...

CABE PAPRIKA DAN MANFAATNYA

Mendengar kata cabe, semua orang pasti langsung membayangkan sensasi rasa pedas di mulut. Namun, pernahkah sobat membayangkan cabe yang rasanya manis? Sobat tidak perlu terheran-heran karena jenis cabai tersebut ada di sekitar kita. Cabe yang dimaksud adalah paprika, si manis pedas.

Selain bentuk, warna dan rasanya yang unik, paprika pun memiliki banyak khasiat kesehatan yang menakjubkan, diantaranya:

1. Mencegah kanker
Paprika mengandung senyawa lycopene, tapi dalam jumlah yang lebih kecil. Lycopene mampu membunuh sel-sel kanker mulut. Peningkatan intake lycopene menunjukkan penurunan risiko kanker payudara, kanker prostat, pankreas, dan kanker colorectal.

2. Mencegah Stroke dan Penyakit Jantung 
Paprika mengandung vitamin B6 serta asam folat. Kedua unsur dapat menurunkan kadar homosistein dalam darah bila dikombinasikan bersama vitamin C dan betakaroten. Kadar homosistein yang tinggi akan menyebabkan kerusakan pembuluh darah serta meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung. 
Kandungan serat dalam paprika membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang merupakan penyebab penyakit jantung. 

3. Menjaga Kesehatan Mata
Paprika mengandung vitamin A yang sangat baik untuk menyembuhkan sakit mata sekaligus menjaga kesehatan mata. 

4. Menjaga Kesehatan Kulit
Mengkonsumsi paprika secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam. Hal ini karena kandungan vitamin dan zat yang ada pada daging paprika. Diketahui, paprika mengandung betakaroten dari vitamin A yang dapat mencegah ruam dan jerawat pada wajah. Bahkan paprika juga bisa membantu mengatasi keriput dan kulit kering. 

5. Meningkatkan kekebalan tubuh
Paprika mengandung banyak vitamin C yang berfungsi menjaga kekebalan tubuh. Vitamin C terlibat dalam beberapa proses penting dalam tubuh, mulai dari mengangkut lemak, pengangkutan elekton dari berbagai reaksi enzimatik, pembuatan kalogen (protein berserat yang membentuk jaringan ikat pada tulang), pemacu gusi yang sehat, menjaga tingkat kolesterol, memelihara kekebalan, untuk penyembuhan luka dan meningkatkan fungsi otak agar dapat bekerja maksimal. 

6. Membakar kalori
Mengonsumsi paprika dapat mempercepat metabolisme dan membantu membakar lebih banyak kalori. Konsumsi paprika juga mengurangi berat badan karena diet lemak tinggi. Hal ini juga menyebabkan sekresi cairan pencernaan dan mencegah gangguan alat cerna.

7. Mengobati Rasa Sakit 
Capsaicins senyawa yang terdapat dalam paprika mengandung banyak manfaat. Bisa mem-blok transmisi rasa sakit dari kulit ke sumsum tulang belakang dan mencegah sensasi rasa sakit. Mengonsumsi paprika bisa membantu dalam pengobatan rasa nyeri seperti memar, keseleo atau terkilir. 

8. Menjaga Kesehatan Rambut
Paprika memiliki kandungan silika, yaitu senyawa yang membantu dalam penyerapan vitamin dan mineral. Silika yang terdapat dalam paprika ini akan membantu mencegah kerusakan rambut serta menjaga rambut agar tetap tebal. Ekstrak paprika diketahui sebagai salah satu obat penyubur rambut sekaligus membantu menumbuhkan jaringan rambut yang baru. 

9. Meningkatkan kualitas sperma
Likopen dalam paprika ternyata juga bermanfaat untuk sistem reproduksi. Mengkonsumsi likopen, terutama pada paprika merah, diyakini dapat meningkatkan kualitas reproduksi. Hal ini karena likopen meningkatkan jumlah sperma, menjaga struktur sperma, dan meningkatkan motilitas (pergerakan) sperma.

10. Menjaga dan Memulihkan Energi
Selain kandungan vitamin yang bervariasi, paprika mengandung zat besi, karbohidrat, fosfor, beta karoten, asam folat, kalsium serta beta-cryptoxanthin. Kandungan vitamin yang bervariasi tersebut juga memberi manfaat untuk menambah dan memulihkan energi.

Untuk mendapatkan manfaat paprika dalam memulihkan energi bisa dilakukan dengan cara membuat jus paprika. Jika sobat kurang begitu menyukai aromanya, sobat bisa mencampurkan perasan jeruk manis dan madu.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CABE PAPRIKA DAN MANFAATNYA"