loading...

Tips Mendapat Manfaat dari Kartu Kredit

loading...
Walaupun kita sering mendengar berbagai permasalahan akibat penggunaan kartu kredit, bukan berarti kartu kredit tidak memiliki manfaat sama sekali. Anda pasti tahu bahwa salah satu kunci keberhasilan mengatur keuangan adalah tahu benar ke mana saja larinya uang-uang Anda. Jika Anda bukan tipe yang telaten membuat catatan pengeluaran harian, kartu kredit bisa membantu mencatatkannya untuk Anda.


Selain itu, kartu kredit juga bisa digunakan untuk mengkonsolidasikan berbagai macam tagihan, seperti tagihan telepon, listrik, dan lain-lain sehingga kita terhindar dari telat bayar. Anda suka belanja atautravelling? Nah, tawaran diskon atau point reward yang dikumpulkan kartu kredit bisa bermanfaat mengurangi kocek yang harus Anda keluarkan, lho! Dan pastinya, denga kartu kredit, saat bepergian, Anda tidak perlu membawa uang tunai berlebih terutama untuk deposit ke hotel dan maskapai penerbangan.

Di antara kemudahan dan tawaran menarik yang bisa diberikan kartu kredit, ada beberapa hal yang musti diperhatikan sebelum Anda mengajukan aplikasi kartu kredit.
  • Kartu kredit merupakan kartu pengganti uang cash. Anda harus sadar betul bahwa kartu kredit bukanlah kartu yang dapat menambah jumlah uang yang Anda miliki. Ketika Anda menggesek kartu kredit, Anda hanya melakukan penundaan pembayaran. Dengan tingginya bunga kartu kredit, sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan kartu ini sebagai alat berutang, terlebih jika alasannya untuk menopang gaya hidup Anda.
  • Selalu bayar tagihan kartu kredit secara lunas saat jatuh tempo. Saya yakin Anda tidak akan mau membayar beban bunga yang bisa mencapai 40% setahun, bukan? Dengan membayar tepat waktu, Anda juga tidak akan terkena denda keterlambatan.
  • Perhatikan kemampuan bayar Anda, bukan limit kartu kredit. Berapa pun tingginya limit kartu kredit Anda, apabila Anda tidak memiliki kemampuan membayar yang setara maka hal ini bisa menjadi bumerang untuk Anda sendiri.
  • Idealnya, satu orang hanya boleh memiliki maksimal dua kartu kredit. Kartu kredit pertama digunakan untuk operasional dan kartu kredit kedua sebagai cadangan.

Setiap orang memiliki kontrol diri yang berbeda atas penggunaan uang. Apabila Anda sanggup mengontrol uang Anda saat ini, maka silakan saja memiliki kartu kredit. Namun jika tidak, saya sarankan untuk tidak menggunakan kartu kredit terlebih dahulu. Kenali karakter Anda dalam menggunakan uang sebelum memutuskan memiliki kartu kredit atau berkonsultasilah dengan perencana keuangan untuk mengetahui kemampuan finansial Anda dalam berutang. Live a beautiful life!
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mendapat Manfaat dari Kartu Kredit"