loading...

JENIS JENIS SAMBUNGAN PIPA AIR DAN FUNGSINYA

loading...

Banyaknya macam macam sambungan pada pipa terkadang ada yang kita tidak tahu, karena dalam pemasangan instalasi air tidak selalu lurus pasti akan terjadi sambungan, belokan, dan lain sebagainya. di bawah ini adalah macam macam sambungan pipa pvc yang sering di gunakan :

1. SOCK PVC



sock pvc sering kita gunakan untuk menyambung batang pipa yang kurang atau potongan

2. ELBOW PVC 90




elbow 90 derajat adalah sebuah sambungan pipa pvc yang di gunakan untuk membelokan pipa ke kanan atau ke kiri maupun ke atas dan kebawah dengan busur 90 derajat.

3. ELBOW 45 PVC




elbow 45 derajat ini berfungsi sama seperti elbow 90 yang berbeda tekukan dari elbow ini adalah 45 derajat.

4. WATER MUR PVC


water mur pvc ini biasa digunakan untuk sambungan pada dekat pompa atau filter air, fungsinya seperti sock tetapi dapat dibuka dratnya bertujuan untuk perawatan atau terjadi mampet atau ngempos.

5. SOCK DRAT LUAR (SDL) PVC




sock drat luar biasa digunakan untuk penyambukan pada drat dalam dan pada batang pipa, karena memili drat di luar maka di sebut dengan sock drat luar,

6. SOCK DRAT DALAM (SDD) PVC



sock drat dalam biasa di gunakan untuk penyambungan pada pipa pvc dan pada keran air, karena keran air memiliki drat di luar.

7. T PVC
sambungan T ini biasa digunakan untuk pencabangan jalur yang tadinya 1 sumber jalur menjadi 2 sumber jalur, karna bentuknya seperti huruf T maka sambungan ini disebut dengan T.

8. REDUSER PVC

sambungan ini disebut dengan reduser, karna fungsinya adalah menyambungkan kedua pipa yang ukuranya berbeda, contoh : bila pipa 1inc akan disambung dengan pipa3/4 inc maka di butuhkan reduser.

9. P-TRAP PVC



sambungan ini di sebut dengan p-trap karna fungsinya adalah untuk penyambungan pipa dari posisi atas ke samping , dan di bawahnya ada tutup yang dapat di buka (diputar) bertujuan agar mudah untuk perawatan jika terjadi kemampetan pada pembuangan.

sekian pembahasan tentang macam macam sambungan pipa pvc dan kegunaanya , trimakasih.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JENIS JENIS SAMBUNGAN PIPA AIR DAN FUNGSINYA"