loading...

Cara Mengebor Yang Benar

MENGEBOR memang tidak sekedar membuat lubang. Agar tangan tidak lelah dan hasilnya memuaskan, ada cara tepat untuk mengebor.
Apakah Anda ingin membuat lubang? Anda tentunya membutuhkan alat bor untuk membantu pekerjaan ini. Sepintas, karena sudah ada bantuan alat bor pekerjaan mengebor mungkin dianggap mudah dan sepele. Namun, Anda jangan terkecoh dulu dengan anggapan ini.

Mengebor memerlukan ketelitian dan cara yang tepat ketika melakukannya. Setiap media yang berbeda yang akan dibor, memerlukan karakteristik penanganan yang berbeda-beda pula untuk proses pengeborannya. Sebagai contoh, cara mengebor dinding tembok atau beton akan berbeda dengan cara mengebor kayu atau besi. Kali ini, sebuah tip bagaimana mengebor dinding, baik untuk dinding biasa maupun dinding beton.


Menurut Kui Teng Halim (Product Manager PT. Multi Tehaka, Distributor perkakas merek Bosch), ada 6 hal yang perlu diperhatikan ketika mengebor dinding.



  1. Pilih alat bor dengan kekuatan yang dianjurkan. Biasanya produsen bor sudah mempunyai spesifikasi alat bor sesuai dengan medianya. Bor untuk dinding pada umumnya mempunyai “tambahan” kekuatan ketika digunakan. Kekuatan ini akan membuat bor tidak hanya mampu memutar mata bor saja tetapi juga melakukan gerakan seperti memukul. Namun untuk diameter kecil, Anda bisa menggunakan bor yang tidak khusus untuk dinding tetapi mata bornya harus khusus untuk dinding.


  2. Lihat kondisi permukaan yang akan dibor. Raba permukaan dinding terlebih dahulu. Cek apakah permukaannya rata atau tidak. Untuk titik yang akan kita bor, hendaknya mempunyai permukaan rata dan tidak ada batu kecil yang menempel pada plesteran tembok.


  3. Agar titik pengeboran dapat tepat, maka titik itu harus ditandai terlebih dahulu dengan alat tulis atau paku.


  4. Posisi mata bor harus tegak lurus dengan titik yang akan dibor.


  5. Perhatikan cara berdiri ketika mengebor. Cara yang terbaik ketika mengebor adalah berdiri dengan kaki kiri berada di depan, sedangkan kaki kanan di belakang. Dengan cara ini diharapkan orang yang mengebor dalam posisi lebih stabil.


  6. Perhatikan juga cara memegang alat bor. Untuk bor yang tidak ada pegangan di bagian depan, Anda harus menggunakan kedua tangan untuk memegangnya. Tangan kanan untuk memegang bagian bawah bor dan sekaligus untuk menekan tombol power bor. Sedangkan tangan kiri untuk memegang bagian atas bor.


kompas.com

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengebor Yang Benar"