loading...

PANDUAN DASAR MEMBUAT AKUARIUM

https://danahauses.blogspot.com/2019/01/panduan-ukuran-kaca-dalam-membuat.html

Memelihara ikan bisa menjadi salah satu cara yang dipilih untuk melepaskan stres. Usai menjalani hari yang sibuk di kantor, pulang ke rumah dan melihat ikan kesayangan berenang bebas di dalam akuarium pastinya jadi hal yang menyenangkan. Tertarik memelihara ikan di rumah? Nggak perlu beli akuarium yang harganya cukup mahal. Beberapa langkah ini bisa membantu untuk membuat sendiri akuarium di rumah bagi pemula.

Kumpulkan Bahan-Bahannya

Untuk membuat akuarium, bahan-bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut.

1. Kaca.
2. Lem silikon.
3. Alat tembak lem.
4. Pisau cutter.
5. Pipa PVC.
6. Lakban.
7. Penggaris.
8. Spidol.
9. Obeng.
10. Skimer.
11. Kabel.

Punya Gambaran untuk Bentuk Akuarium

Jangan membuat akuarium tanpa gambaran yang jelas. Sebaiknya Anda sudah memiliki ide untuk desainnya, apakah segi empat, segi enam, atau bentuk-bentuk lainnya. Bentuk yang paling simpel, sederhana dan nggak memakan tempat adalah segi empat.

Menentukan Jumlah Ikan

Setiap orang tentu memiliki keinginan akan akuarium yang berbeda. Ada yang hanya ingin memelihara sedikit ikan, ada pula yang gemar melihat hewan air ini berenang berbondong bonding. Tentunya, semakin banyak jumlah ikan, semakin besar ukuran wadahnya.

Potong Kaca Bisa Gunakan Jasa Orang Lain

Sebagai pemula yang belum memiliki pengalaman memotong kaca, daripada terus-terusan gagal, sebaiknya gunakan jasa potong kaca. Biasanya toko-toko kaca menyediakan layanan ini, tentunya dengan biaya jasa. Jangan lupa untuk menghaluskan pinggir-pinggir kaca bekas potongan dengan gerinda atau batu asahan.

Satukan Potongan Kaca

Setelah kaca dipotong dan pinggir-pinggirnya dihaluskan, kini saat untuk menyatukannya. Supaya tidak bergeser, sementara gunakan penahan berupa lakban. Selain itu, lakban juga berguna sebagai pembatas agar lem silikon yang dioleskan tidak merembet terlalu luas. Setelah lem silikon dimasukkan ke dalam alat lem tembak, satukan potongan-potongan kaca dengan perekat tersebut.

Tambahkan Penghias

Jika proses pengeleman sudah selesai dan kering, buanglah lakban dan rapikan sisa-sisa lem. Kemudian masukkan air untuk melihat apakah hasil pengeleman tersebut sukses, tanpa ada kebocoran di sisi-sisi akuarium. Setelah itu, tambahkan aksesori-aksesori lain, seperti stiker background, lampu, filter air, pasir dan batuan hias, serta lain-lainnya.

Gunakan Hanya Pipa Terbaik untuk Instalasi Pengairannya

Supaya pengairan dari dan ke luar akuarium terjaga kualitasnya hingga waktu yang lama, gunakanlah pipa PVC Rucika. Pipa air yang dulunya dikenal dengan namaWavin ini sudah dipercaya oleh keluarga Indonesia untuk mengalirkan air di rumah. Mulai dari air akuarium, saluran untuk air bersih, serta pembuangan limbah. Selain itu, harga PVC Rucika juga sangat terjangkau dan mudah ditemukan toko-toko bangunan yang jual pipa PVC.

Untuk kebutuhan air bersih, seperti akuarium, gunakan RUCIKA Standard. Produk yang satu ini terbuat dari material uPVC yang dikenal lebih unggul dibandingkan bahan polimer lainnya. Pipa ini memiliki kandungan Calcium Zinc (tanpa timbal), tahan terhadap korosi, kuat, ringan, serta mudah dalam penyambungan dan pemeliharaan
https://danahauses.blogspot.com/2019/01/panduan-ukuran-kaca-dalam-membuat.html
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PANDUAN DASAR MEMBUAT AKUARIUM"