loading...

INILAH PENDIRI HTC Cher Wang


Kali akan diceritakan kisah nyata kehidupan pendiri HTC, Cher Wang. Dia adalah wanita pengusaha yang dianggap sebagai wanita terkaya di Cina. Dia adalah pendiri perusahaan pembuat smartphone, HTC dan juga merupakan inovator lahirnya chipset terintegrasi VIA Technologies. Siapa sebenarnya perempuan ini? Mari simak boiografinya berikut ini.

Kisah nyata kehidupan Cher Wang dimulai dari dirinya yang merupakan seorang anak jurtawan. Perempuan yang lahir pada tanggal 14 September 1958 ini terlahir dari kalangan berada. Ayahnya merupakan seorang pengusaha. Ayahnya dikenal sebagai konglomerat Formosa Plastics Group. Tidak heran jika Cher Wang sering disebut sebagai putri taipan kaya dari Taiwan

Masa Kecil Cher Wang

Bagiamana kisah nyata kehidupan masa kecil Cher Wang? Cher Wang ternyata bukan seorang wanita yang glamor dan suka menghamburkan uang. Dia juga bukan seorang yang manja dan hidup bergaya layaknya seorang putri. Meskipun hidup di tengah kekayaan, Cher Wang hidup dengan caranya sendiri yang sederhana dan dermawan. Cher Wang kecil diajarkan oleh ayahnya untuk berbuat baik. Ia sering diajak oleh ayahnya untuk berkunjung ke rumah sakit setempat. Rumah sakit tersebut nyatanya sering mendaparkan bantuan dana dari sang ayah. Hal inilah yang kemudian sedikit mempengaruhi jalan kehidupan Cher Wang.

Cher Wang mengenyam pendidikan di luar negeri. Ia bersama saudar-saudaranya dikirim belajar di luar Taipei. Ayahnya merasa anak-anaknya temasuk Cher Wang harus merasakan pengalaman hidup yang berbeda-beda. Dalam hal ini Ayahnya termasuk ketat. Ayahnya ingin Cher Wang merasakan sebuah perjuangan, Untuk itu Cher Wang dikirim ke Oakland, California untuk belajar di College Preparatory School. Setelah itu ia lanjut ke Universitas California

Karir Cher Wang

Kisah nyata kehidupan seorang Cher Wang berlanjut setelah ia lulus dan kembali ke Taiwan. Karir pertamanya dimulai pada tahuan 1982 saat ia masuk perusahaan First International Computer, perusahaan pembuat komponen komputer dan elektronik yang ada di Taiwan. Lima tahun kemudian perubahan besar terjadi dalam karir Cher Wang. Ia mendirikan perusahaan komputer pembuat chipset bernama Via Technologies. Perusahaan ini didirikan bersama suaminya, Wen Chi Chen yang kini menjadi CEO-nya. Perusahaan ini mengeluarkan chipset untuk komputer dan pernah populer pada zamannya.

Mendirikan HTC

Kisah kehidupan nyata seorang wanita pengusaha ini akan memberikan inpirasi pada setiap wanita. Hal ini karena dia tidak pernah menyerah dan selalu belajar dari ayahnya yang dikenal sebagai 'Raja Operasi Bisnis'. Setelah mendirikan Via Technology, pada tahun 1997, Cher Wang mendirikan perusahaan yang fokus pada pengembangan smartphone yaitu HTC Corporation atau High Tech Computer Corporation.

Perusahaan ini awalnya fokus pada pembuatan notebook. Namun karena ranah ini cukup ketat, akhirnya HTC berfokus pada pengembangan ponsel pintar. Ponsel pertama yang diusungnya adalah smartphone dengan sistem operasi Windows Mobile. Namun keberruntungan tidak memihak perusahaan ini. Sampai akhirnya HTC memutuskan untuk mengusung smartphone dengan sistem opersi Android. Bahkan kini HTC bisa menjadi perusahaan terkemuka karena bisa mengusung telepon bermerek Google, Nexus One. Hal inilah yang kemudian menjadi titik balik kesuksesan Cher Wang bersama perusahaan ternamanya , HTC.

Berkat mendirikan HTC, Cher Wang kini dianggap sebagai salah satu wanita yang berpengaruh. Tentu perjuangan Cher Wang memang belajar dan dipengaruhi oleh ayahnya. Namun meskipun berlatarbelakang keluarga kaya, kisah kehidupan nyata Cher Wang membuktikan bahwa perusahaannya dibangun atas kerja keras sendiri. Artinya dia tidak mengandalkan kepopuleran ayahnya. Ia berjuang mendirikan HTC bersama dukungan dari suaminya, Wen Chi Chen

Cher Wang Seorang Pemalu yang Dermawan

Kisah kehidupan nyata Cher Wang yang patut diberi contoh adalah sifat dermawannya. Dibesarkan bersama sang ayah yang juga sering membantu orang lain, membuat Cher Wang memiliki rasa simpati pada orang yang kurang beruntung. Ia juga menaruh perhatian pada pembangunan pendidikan. Contohnya adalah pada tahun 2011, saat ia menyumbangkan dana sebesar US $ 28.100.000 untuk pembangunan Guizhou Forerunner College, sebuah perguruan tinggi amal yang ada di Barat Daya China.

Selain dikenal sebagai seorang dermawan, Cher Wang juga dikenal sebagai pemalu. Dia tidak suka jadi pusat perhatian. Di perusahaannya sendiri, Wang tidak terlibat dalam tim manajemen eksekutif HTC tetapi sebagai ketua, ia tetap ikut campur untuk menentukan arah perusahaan. Kini atas usahanya, Cher Wang mendapat penghargaan diantaranya, penghargaan sebagai eksekutif muda yang layak dipantau pada tahun 2005. Ia juga dinobatkan sebagai wanita terkaya di Negeri Ginseng pada tahun 2011 oleh Majalah Forbes. Itulah kisah nyata kehidupan Cher Wang yang mungkin bisa jadi inpirasi terutama untuk kaum wanita.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "INILAH PENDIRI HTC Cher Wang"