loading...

TIPS MEMILIH WARNA CAT RUMAH SUPAYA LEBIH MENARIK

TIPS MEMILIH WARNA CAT RUMAH SUPAYA LEBIH MENARIK

Warna cat rumah ruang keluarga, anda bisa menerapkan berbagai macam sesuai dengan selera dan keinginan anda sendiri sebagai penghuni sekaligus pemilik. Hal tersebut akan menjadi salah satu faktor pendukung munculnya rasa nyaman, yang nantinya akan timbul setelah pemilihan dan penerapan warna tertentu pada ruang keluarga di hunian anda tersebut.


Jangan lupa untuk memasukkan warna kesukaan anda dan keluarga, dengan harapan akan bisa lebih betah berdiam diri di rumah. Rumah dibuat sebagai tempat dan tujuan utama untuk berlindung, jadi sudah selayaknya anda memberikan perhatian lebih khususnya dalam pewarnaan.
------------
lihat juga
TIPS MERANCANG DESAIN TERALIS BESI UNTUK JENDELA

Warna cat yang anda gunakan di rumah tentu akan mempengaruhi produktivitas dan juga aktivitas keluarga anda sehari – harinya. Selanjutnya kualitas hidup dari penghuni juga akan ikut berkembang karena mereka akan merasa nyaman dan pikiran bisa lebih jernih.

Komponen ini merupakan salah satu poin yang cukup penting kedudukannya dalam sebuah bangunan. Jadi anda tidak boleh memandang sebelah mata atau pun bahkan menyepelekannya.

Tempat berkumpulnya keluarga seperti ruang keluarga walaupun hanya sekedar untuk sharing pengalaman, hal – hal yang dilakukan sepanjang hari, harus tetap diperhatikan penataannya.

Dengan adanya rasa nyaman yang dihadirkan akan membuat setiap anggota keluarga ingin segera bisa pulang ke rumah, terutama pada saat sedang melakukan aktivitas bekerja, sekolah atau pun aktivitas yang lainnya di luar rumah.

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai warna cat rumah ruang keluarga yang nantinya diulas lebih dalam sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan referensi, yuk kita simak bersama – sama penjelasan berikut ini :

1. Penggunaan Warna Cat Pastel

Tren warna modern sekarang ini ialah warna – warna pastel atau pun soft. Warna pastel merupakan perpaduan antar warna utama dengan warna dasar putih. Warna pastel cenderung mempunyai kesan ringan, adem, lembut, dan juga kalem.

Mulai dari warna pakaian sampai cat rumah pun banyak masyarakat yang menggunakannya. Sangat cocok digunakan untuk mewarnai model rumah minimalis anda. Seperti halnya ruang keluarga, apabila diterapkan warna pastel akan terasa lebih nyaman.

Contoh warna pastel seperti halnya perpaduan warna biru dengan warna putih akan menghasilkan warna biru pastel, perpaduan warna merah dengan warna putih akan menghasilkan warna pink pastel, perpaduan antara warna orange dengan warna putih akan menghasilkan warna orange pastel dan lain sebagainya masih banyak lagi.


2. Penggunaan Warna Dasar

Penggunaan warna dasar yakni putih juga sangat cocok diaplikasikan untuk warna dinding ruang keluarga anda. Warna putih juga termasuk warna netral yang bisa disandingkan dengan berbagai warna furniture dan aksesories tambahan sebagai pelengkap ruang keluarga anda.

------------
lihat juga
CARA SERVICE KIPAS ANGIN YANG RUSAK

Pengaplikasian warna putih juga membuat ruangan anda menjadi terlihat bersih, karena warna ini memantulkan cahaya. Sehingga saat terjadi interaksi secara langsung dengan cahaya, maka secara otomatis warnanya akan lebih terpancar. Selain itu rasa nyaman, tenang, sejuk akan menghinggapi setiap orang yang sedang berada di ruang keluarga tersebut.

Namun ada hal yang perlu anda pahami dan perhatikan. Jika anda memutuskan untuk mengaplikasikan warna putih pada ruang keluarga maka anda wajib menjaga kebersihan dindingnya dari debu atau pun kotoran lainnya. Akan lebih baik jika anda melapisinya dengan lapisan pelindung yang mudah dibersihkan.Sponsors Link

3. Hindari Penggunaan Warna Mati

Poin berikutnya mengenai warna cat rumah ruang keluarga ialah wajib menghindari penggunaan warna mati. Mengapa disebut sebagai warna mati? Warna mati disini hanyalah istilah karena saat digunakan tanpa adanya kombinasi warna lain akan membuat ruangan tampak gelap, seram, dan terkesan kotor. Warna yang saya maksud adalah hitam.

Coba anda ingat, apakah selama anda berkunjung dan bersilaturahmi ke banyak rumah, pernahkah anda melihat ruangan yang mengaplikasikan warna hitam secara keseluruhan? Sangat jarang bukan, mungkin malah hampir tidak ada.

Penggunaan warna mati seperti ini justru malah mengundang serangga seperti kecoa dan juga nyamuk untuk bersarang. Suasana gelap seperti itu sangat disenangi oleh kecoa dan nyamuk. Untuk itu hindari pengaplikasian warna mati pada ruangan anda. Saya sarankan hanya digunakan untuk kombinasi saja.

4. Penggunaan Kombinasi Warna Glamour

Melakukan kombinasi warna dengan warna – warna glamour seperti halnya gold dan silver akan membuat ruang keluarga anda semakin elegan dan tentunya lebih semarak. Untuk kedua warna tersebut biasanya digunakan pada bagian dinding yang dianggap sebagai tempat utama dan menjadi pusat perhatian nantinya.

Seperti halnya bagian yang digunakan untuk meletakkan furniture untuk tempat televisi. Disinilah bagian utama yang saya maksudkan, dari sebuah ruang keluarga yang ditemukan kebanyakan. Dengan menambahkan aksen warna glamour akan membuat ruangan lebih terkesan menarik.

Namun disarankan juga jangan terlalu berlebihan, namanya juga kombinasi jadi harus menyesuaikan dan menyeimbangkan dengan warna yang dikombinasikan. Tidak disarankan mengkombinasikannya dengan warna yang bertolak belakang. Sama saja anda menenggelamkan aksen glamournya.

5. Kurangi Penggunaan Warna Yang Terlalu Mencolok Dan Terang

Warna yang terlalu mencolok dan juga terang akan membuat mata menjadi cepat lelah karena dampak dari pantulan cahaya yang dihasilkan. Bukannya anda merasa nyaman, justru malah tidak ingin berlama – lama berdiam diri di suatu ruangan.

Kalau boleh saya memberi saran, tekan keinginan anda untuk mengaplikasikan atau pun bahkan menerapkan warna – warna tersebut ke area ruang keluarga. Dampaknya tidak baik bagi penglihatan anda. Apalagi bagi anak – anak, secara perlahan kreativitasnya tidak bisa tumbuh dan berkembang dengan ketidaknyamanan yang ditimbulkan pada tempat tinggal.

Pernahkan anda menemukan dan melihat apakah maksud penggunaan warna terang pada informasi lalu lintas di jalan raya khususnya di area jalan tol? Warna cerah yang digunakan tersebut mempunyai maksud untuk memudahkan pengemudi membaca informasi tersebut, dengan adanya pantulan warna saat terkena cahaya matahari atau pun lampu sorot kendaraan.

Namun kondisi tersebut hanya difungsikan dalam beberapa detik saja saat sedang melewati rambu lalu lintas. Tujuannya adalah untuk memancing titik fokus penglihatan. Namun apa jadinya jika di area ruang keluarga diaplikasikan warna terang, dan kemudian secara tidak sadar akan memaksa penghuninya untuk selalu fokus menggunakan penglihatannya? Nah hal seperti inilah yang saya maksudkan bisa memicu kerusakan pada indera penglihatan anda.

6. Gunakan Warna Yang Berhubungan Dengan Alam

Mengaplikasikan warna yang berhubungan dengan alam akan menciptakan suasana “back to nature”. Suasana tenang, sejuk, nyaman merupakan hal yang diidam – idamkan banyak orang, khususnya pada saat berkumpul bersama keluarga istilahnya quality time.

Warna yang saya maksud seperti contohnya warna hijau bisa mewakili rimbunnya dedaunan, warna biru bisa mewakili laut, langit, sungai, danau, warna coklat bisa mewakili pepohonan. Selanjutnya anda bisa menerapkan gambar sesuai dengan warna yang anda gunakan.

Sekarang ini sedang trend kombinasi warna background yang dipadupadankan dengan berbagai macam gambar. Misalnya saja penggunaan background dengan warna biru. Untuk lebih dekat lagi dengan alam, maka ditambahkan gambar awan, sunset, ikan dan lain sebagainya.

Konsep seperti itu akan menambah penghuni betah berlama – lama berdiam diri di dalam rumah dan malas untuk jalan ke luar rumah. Bukannya hal yang demikian akan lebih menguntungkan bagi anda. Berkurangnya porsi ke luar rumah tentu saja membantu menghemat dan menekan pengeluaran seperti halnya bahan bakar, jajan dan makan.

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai warna cat rumah ruang keluarga yang sudah diulas di atas secara detail dan dikemas dengan baik diharapkan bisa membantu memudahkan anda dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi sehingga layak dijadikan sebagai sumber referensi.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS MEMILIH WARNA CAT RUMAH SUPAYA LEBIH MENARIK"