loading...

CARA SERVICE KIPAS ANGIN YANG RUSAK

loading...
http://danahauses.blogspot.com/2017/04/cara-service-kipas-angin-yang-rusak.html
Berhubungan kemarin kipas angin dirumah saya mengalami kerusakan yang bisa dikatakan kerusakan berat maka kali ini saya akan posting masalah yang dihadapi kipas angin tersebut dan cara mengatasinya. Ada 2 bentuk kerusakkan yang pernah terjadi pada kipas angin tersebut dan alhamdulillah telah berhasil saya atasi sendiri tanpa membawanya ke tempat service.



1. Kipas angin tidak bisa berputar dan terdengar suara dengung di dalam kipas atau kipas angin berputar tapi sangat lambat.

Masalah ini terjadi karena bushing / bearing yang berada didalam kipas mengalami kerusakkan. Bushing yang sudah rusak biasanya tidak bisa lagi diperbaiki karena pengunci penutup bushing telah patah sehingga kita harus menggantinya dengan yang baru. Harga bushing dipasaran sekitar lima belas ribuan. Berikut bentuk bushing yang sudah rusak dan yang masih bagus:


http://danahauses.blogspot.com/2017/04/cara-service-kipas-angin-yang-rusak.html
Contoh Bushing yang Rusak dan Bushing yang masih bagus

Di dalam kipas angin bushing berfungsi untuk tempat kedudukan as kipas. Jika kedudukan ini sudah tidak bagus tentu sudah dipastikan kipas tidak akan bisa berputar dengan baik, bahkan tidak bisa berputar sama sekali. Kerusakan yang terjadi pada bushing biasanya akibat kehausan. Selain itu juga karena getaran keras. Getaran ini tejadi biasanya pada saat kipas sedang berputar kita mengarahkan angin atau membengkokan kipas dengan cara yang tidak benar atau dengan kasar sehingga mengakibatkan as berputar kurang stabil dan terjadi gesekan pada pengunci penutup bushing yang membuat pengunci bisa patah. Untuk itu jika mengatur kemana arah angin pada kipas sebaiknya melakukanya dengan lembut atau mematikan kipas terlebih dahulu.

Cara mengganti bushing kipas angin:
1. Buka semua cover atau penutup kipas.
2. Lepaskan ke empat baut yang berada dibagian belakang (dekat kumparan).
3. Keluarkan bushing yang rusak dan ganti dengan yang baru.
4. Setelah selesai pasang ke empat baut dan pasang baling-baling.
5. Coba tes dulu hidupkan kipas.
6. Jika sudah oke, pasang kembali semuanya.


Tambahan : Jika kipas angin berputar tapi lambat juga bisa disebabkan oleh debu yang sudah menumpuk terlalu banyak jadi bersihkan debu tersebut sebelum memastikan kerusakan pada bushing.


2. Kipas angin tidak bisa berputar dan tidak ada suara dengung di dalam kipas. 
Pada kasus ini bisa dipastikan sekring (fuse) yang berada di dalam kipas telah putus. Sekring adalah suatu komponen pengaman dalam peralatan elektronik. Jika diaplikasikan pada kipas angin sekring berfungsi sebagai pengaman dari panas yang berlebihan sehingga akan melindungi kumparan supaya tidak terbakar. Sekring akan memutuskan dirinya jika kondisi kumparan terlalu panas begitulah cara kerja dari sekring. Sekring yang berukuran kecil ini berada sangat dekat dengan kumparan. Berikut bentuk sekring kipas angin miyako kecil:


Tanda panah menunjukan sekring kipas angin

Untuk memastikan sekring rusak atau tidaknya bisa dilakukan dengan cara mengukur menggunakan multitester. Cara mengukurnya cukup dengan menghubungkan kedua ujung sekring ke mulitester dengan satuan Ohm. Jika terdapat nilai atau jarum bergerak maka sekring masih bagus dan begitu sebaliknya jika tidak ada nilai atau jarum tidak bergerak sama sekali berarti sekring sudah rusak maka anda harus mennggantinya dengan yang baru. Harga sekring dipasaran cukup murah tidak sampai seribu rupiah.


Jika tidak ada multitester untuk mengukurnya, anda masih bisa mengecek sekring dengan cara melepaskan sekring dan menghubungkan kabel tanpa sekring. Jika kipas berputar berarti sekring rusak dan sebaliknya jika kipas tidak mau berputar berarti sekring masih bagus.


Cara mengganti fuse / sekring:
  • Buka cover bagian belakang.
  • Cari sekring yang berada di dekat kumparan seperti gambar diatas (lakukan hal ini dengan hati-hati jangan sampai kabel lain terputus).
  • Setelah ditemukan copot sekering tersebut dan ganti dengan yang baru. Cara menyambungnya bisa dililitkan saja dengan kuat lalu membungkusnya dengan pengaman sambungan yang telah ada sebelumnya.
  • Setelah itu rapikan kembali semua kabel dan pasang cover bagian belakang.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA SERVICE KIPAS ANGIN YANG RUSAK"