loading...

TIPS AMPUH MEMBERSIHKAN KACA YANG SUDAH BERKERAK

TIPS AMPUH MEMBERSIHKAN KACA YANG SUDAH BERKERAK

Kaca yang berkerak disebabkan oleh jamur yang melekat pada kaca. Kemunculan jamur ini dapat dipicu oleh beberapa kondisi, seperti noda yang menumpuk terlalu lama, atau kaca yang terlalu sering terkena air dan sabun. Oleh karena kondisi tersebut, kerak pada kaca seringkali ditemukan di kaca mobil, kaca akuarium, dan kaca kamar mandi.

Kemunculan kerak pada kaca ini pun sangatlah mengganggu. Pada mobil misalnya, kaca mobil yang berkerak akan mengusik pemandangan dan juga berpeluang memangkas visibilitas mengemudi. Sedangkan di kaca akuarium, kerak yang muncul dapat mengganggu keindahan akuarium itu sendiri. Akuarium yang bersifat sebagai pajangan pun kehilangan kecantikannya. Dan terakhir, di kaca kamar mandi, hal ini juga sangat mengganggu karena akan menimbulkan kesan kotor dan kumuh pada kamar mandi.

baca juga
PENGOBATAN ALTERNATIF DARI AKAR PUTRI MALU YANG MANJUR (terutama untuk Libido)

Lalu, bagaimana cara membersihkan kaca yang berkerak tersebut? Membersihkan kaca dari jamur atau kerak sebenarnya bukan lah hal yang susah dan mahal. Tanpa disadari, banyak sekali bahan-bahan yang dapat ditemukan di rumah Anda yang dapat dimanfaatkan untuk pembersih kaca dari kerak. Sebab, pada dasarnya, terdapat beberapa bahan pembersih di rumah yang mengandung bahan yang sama dengan yang terkandung di pembersih kaca. Mungkin saja bahan tersebut tidak memiliki hasil sesempurna pembersih khusus jamur kaca yang berharga lumayan mahal, namun, setidaknya bahan ini cukup dapat diandalkan sebagai pembersih kaca dari kerak.


Berikut adalah beberapa bahan yang dapat dimanfaatkan sebagai cara membersihkan kaca berkerak:

1. Alkohol

Alkohol dengan takaran sekitar 50%-90% merupakan bahan pembersih kaca yang masih efektif. Sudah menjadi rahasia umum bahwa alkohol dapat digunakan sebagai larutan pembersih, termasuk pembersih kerak pada kaca. Cara penggunaannya pun relatif mudah yakni dengan membasahi kain dengan alkohol kemudian menggosokkannya pada kaca yang berkerak. Karena memiliki tingkat penguapan yang tinggi, alkohol cenderung cepat kering sehingga proses membersihkan pun menjadi lebih lama. Selain itu, alkohol juga dianggap kurang efektif untuk membersihkan kerak yang sudah cukup lama menempel pada kaca. Butuh waktu yang relatif lebih lama serta usaha yang lebih keras lagi karena menggosoknya pun harus lebih intens dan lebih kuat.

2. Pasta gigi

Pasta gigi dapat dikatakan sebagai salah satu bahan yang sangat efektif untuk membersihkan kerak pada kaca. Walau demikian, tidak semua jenis pasta gigi dapat digunakan. Jenis yang paling tepat untuk membersihkan kerak pada kaca adalah pasta gigi yang mengandung butiran lembut di dalamnya. Pertama-tama, Anda perlu mengusapkan pasta gigi ke permukaan kaca – terutama permukaan kaca yang berkerak – kemudian tunggu hingga kering. Setelah kering, bilas dengan air sembari digosok dengan sikat. Untuk sikat, disarankan menggunakan sikat gigi sehingga akan lebih cermat dalam membersihkan. Setelah dibilas dengan air hingga bersih, keringkan menggunakan kertas koran. Pasta gigi ini memiliki kemampuan membersihkan kerak lebih baik daripada alkohol.


3. Bahan pencuci serba guna berjenis krim

Bahan pencuci serba guna berjenis krim memiliki kelebihan untuk merontokkan kerak kaca. Penggunaannya pun termasuk paling mudah. Dapat dioleskan secara langsung di atas permukaan kaca yang bermasalah kemudian digosok. Proses menggosok pun dapat dilakukan menggunakan kain bersih, namun, apabila kerak membandel dapat menggunakan bahan kain yang lebih kasar atau busa gosok yang kasar. Setelah itu, bilas menggunakan air dan keringkan dengan kain bersih. Bahan ini merupakan bahan yang paling mudah diaplikasikan dan dengan penggunaan yang tepat maka hasilnya lebih baik daripada alkohol maupun pasta gigi.

4. Campuran cuka dan air

Selain menggunakan bahan-bahan di atas, Anda juga dapat menggunakan bahan pembersih alami yang bisa Anda temui di dapur, yakni dengan menggunakan campuran cuka dan air dengan tingkat perbandingan 1:1. Cuka memiliki efek asam yang dapat mengelupas kerak dan bercak sabun serta minyak yang menempel pada kaca. Cara penggunaannya adalah dengan menyemprotkan campuran air dan cuka pada permukaan kaca yang berkerak. Selanjutnya, diamkan selama kurang lebih lima menit agar cuka dapat bereaksi dengan baik. Dan cara terakhir adalah dengan membilasnya dengan air hangat.


5. Blau (pewarna biru untuk baju)


Blau yang merupakan pewarna biru pada baju juga termasuk bahan yang efektif untuk membersihkan kerak pada kaca, terutama pada kaca kamar mandi yang umumnya kerak disebabkan oleh bekas sabun. Caranya dengan mencampur blau pada air hingga mengental.

Setelah itu, ratakan pada kaca dengan menggunakan koran bekas. Kemudian diamkan blau pada kaca hingga kering. Setelah kering, bilas kaca kamar mandi menggunakan sikat gigi bekas. Bersihkan hingga tidak ada lagi sisa blau yang menempel pada kaca.

6. Obat pembersih kerak kaca

Di luar bahan-bahan alternatif tersebut, Anda juga dapat menggunakan obat pembersih kerak kaca yang dengan mudah dibeli di toko-toko online di seluruh Indonesia, seperti Tokopedia dan Lazada. Selain dapat membersihkan kerak pada kaca, obat ini juga dapat menghilangkan kerak pada bodi dan velg mobil. Bahkan, beberapa obat pembersih kaca mengandung Premium Polymer untuk menjaga kilau pada kaca. Selain itu, keunggulan dari produk ini adalah siap pakai sehingga Anda tidak perlu repot-repot mencampur dengan bahan lain.

Demikianlah beberapa bahan yang dapat dimanfaatkan untuk membersihkan kerak pada kaca. Berbeda dengan membersihkan kaca yang buram, membersihkan kerak pada kaca memang membutuhkan usaha yang lebih keras. Dari mulai bahan pembersih yang memang harus handal menghilangkan noda, hingga teknik menggosok yang harus lebih keras. Seringkali kerak pada kaca tidak cukup apabila hanya digosok menggunakan spons atau kain yang berbahan lembut, apalagi hanya menggunakan koran bekas. Sikat yang paling tepat digunakan untuk membersihkan kerak pada kaca adalah dengan sikat gigi atau busa yang berbahan kasar seperti dari besi yang biasa digunakan untuk mencuci wajan atau panci.

Cara Mencegah Kaca Berkerak

Oleh karena sulitnya membersihkan kerak pada kaca, ada baiknya apabila lebih banyak melakukan upaya pencegahan munculnya kerak daripada baru membersihkannya setelah kaca rumah Anda berkerak. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk menghindari kerak bermunculan di kaca rumah Anda.

1. Menghindari kerak pada kaca mobil

Kerak pada kaca mobil tentu saja sangat menjengkelkan. Salah satu cara yang dapat Anda terapkan untuk mencegah muncul kerak pada mobil adalah dengan rajin membersihkan kaca mobil menggunakan kain yang telah dibasahi dengan air. Hal ini perlu dilakukan terutama setelah mobil kehujanan. Air hujan yang dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan kerak pada kaca. Sehingga, alangkah baiknya apabila Anda langsung mencuci mobil setelah terkena hujan. Cara lainnya adalah dengan hindari meletakkan mobil di bawah terik matahari secara langsung. Suhu yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan munculnya jamur pada kaca mobil itu sendiri. Selain itu, terlalu sering memarkir mobil di bawah terik matahari secara langsung juga dapat memudarkan cat mobil Anda.

2. Menghindari kerak pada kaca cermin

Cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kemunculan kerak pada kaca cermin di rumah Anda adalah dengan membersihkannya secara rutin. Tidak membiarkan noda menempel terlalu lama merupakan salah satu cara yang efektif untuk mencegah kemunculan kerak. Lebih baik Anda membersihkan kaca setiap hari menggunakan kain bersih sehingga noda-noda tidak terlalu lama menempel di kaca. Selain itu, noda darah dari nyamuk juga dapat menimbulkan masalah baru sehingga sebaiknya cepat-cepat dibersihkan apabila terlihat terdapat noda nyamuk di kaca cermin Anda.

3. Menghindari kerak pada kaca jendela rumah Anda

Tidak jauh berbeda dengan perawatan kaca cermin, yakni Anda cukup membersihkan kaca jendela dengan rutin. Kelembaban udara serta ventilasi yang kurang baik dapat membuat munculnya kerak pada kaca jendela rumah Anda. Sehingga untuk menghindari kemunculan kerak pada kaca jendela adalah dengan mengatur sirkulasi udara di rumah Anda sebaik mungkin. Dengan sirkulasi udara yang baik, udara di rumah pun tidak akan terasa lembab. Inilah yang kemudian menghindarkan munculnya kerak pada kaca.

4. Menghindari kerak pada kaca kamar mandi

Terdapat kemungkinan yang besar untuk muncul kerak pada kaca kamar mandi. Hal ini dikarenakan kaca kamar mandi terlalu sering terkena air yang sangat disenangi oleh jamur. Tidak hanya air, kaca kamar mandi juga seringkali terkena sabun, shampo, dan lain-lain. Bahan-bahan yang terkandung pada sabun dan shampo yang menempel pada kaca inilah yang menyebabkan munculnya jamur.

Cara yang paling tepat untuk menjauhkan kaca kamar mandi Anda dari kerak adalah dengan memastikan bahwa tidak ada sisa sabun maupun shampo yang menempel di kaca kamar mandi Anda. Anda dapat membersihkan kaca kamar mandi menggunakan cairan pembersih minimal seminggu sekali untuk menghindari kemunculan noda yang membandel. Selain itu, sirkulasi udara di kamar mandi juga berpengaruh sebab semakin lembab udara di kamar mandi tersebut, semakin besar kemungkinan tumbuh jamur di kaca kamar mandi.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS AMPUH MEMBERSIHKAN KACA YANG SUDAH BERKERAK"