loading...

CARA TERNAK KENARI


Cara Ternak Kenari
Pembahasan kali ini adalah tentang cara ternak Kenari dengan cara yang paling praktis dan sudah terbukti berhasil karena sudah dilakukan oleh para penangkar burung kenari profesional di Negri Kita. Ternak burung kenari ini bisa dijadikan sebuah ladang penghasilan dan atau Cuma sekedar penghobi yang ingin mendapatkan keturunan burung kenari yang baik. Memang ditahun ini burung kenari masih menjadi burung yang paling digemari didunia penghobi burung karena warna dan suaranya yang cantik, hal ini juga terbukti bahwa didunia pasar burung, burung kenari masih menjadi yang paling laris manis. Bahkan saat ini burung kenari sudah mampu menembus pasar internasional, terbukti saat ini sudah banyak burung kenari import yang sudah masuk di Negara Kita.

Burung kenari masih menjadi yang terbaik dalam harga didunia pasaran burung, harga yang relatif konsisten dan bahkan naik untuk jenis burung kenari tertentu. Burung kenari memang memiliki harga yang berbeda-beda disetiap jenisnya, namun burung ini selalu laku laris manis mulai dari yang harganya murah sampai mahal. Jika sudah demikian maka burung kenari pasti akan menjadi burung yang paling ramai peminat, jadi hal ini tentunya membuka peluang usaha bagi sobat yang ingin mendatangkan pundi-pundi rupiah melalui budidaya burung kenari yang kemudia menjual bakalan atau bahkan menjual kenari yang sudah jadi siap kontes. Cara ternak Kenari ini sangatlah mudah dan pasti semua orang bisa melakukannya mulai dai orang biasa/pemula sampai dengan para peternak burung keanri yang profesional.

Memang saat ini sudah banyak para peternak yang membudidayakan burung kenari, namun jangan kuatir karena burung ini tidak pernah sepi peminat, jadi kesempatan menjualnya dipasaran juga sangat banyak dan tentunya laku. Burung ini menjadi pilihan karena mungkin satu alasan lain yaitu memiliki tubuh yang mini, jadi tentunya juga memerlukan pakan yang tidak banyak dan mudah dalam perawatan karena tubuh yang kecil jadi mudah dalam memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhnya. Pada dasarnya burung kenari menjadi unggulan karena suara dan warnanya yang cantik, jadi burung ini sangat cocok untuk dipelihara dan digantungkan diteras-teras rumah.

Memang sangat banyak keunggulan yang menjadi alasa mengapa burung kenari masih menjadi salah satu burung yang paling dicari, burung kenari merupakan salah satu jenis burung yang memiliki karakter sebagai burung kontes. Mungkin sobat juga melihatnya sendiri bahwa kontes burung kenari sudah dimulai dari tingkat pedesaan hingga naisonal. Untuk itu sobat harus menguasai cara ternak Kenari bila ingin berwirausaha sebagai peternak kenari untuk memenuhi kebutuhan pasar yang semakin meningkat. Beberapa keungulan mengapa burung kenari mengapa sangat berprospek untuk diternak/dibudidaya adalah sebagai dibawah ini:

  1. Burung kenari ini sangat mudah beradaptasi disemua iklim dan lingkungan, jadi saat ada perubahan iklim burung kenari akan lebih tangguh dari burung jenis lainnya yang bisa terserang penyakit.
  2. Burung kenari sangat mudah dijodohkan atau dikawinkan karena burung mungil ini memiliki tingkat birahi yang sangat tinggi, tingkat birahi burung kenari lebih tinggi dari jenis burung kicau lainnya. Dan jika menginginkan burung ini pada tingkat birahi yang tinggi dapat diberikan pakan berprotein tinggi dan juga bisa dengan dijemur yang berlebihan namun jangan sampai kepanasan. Burung ini juga akan birahi jika bertemu dengan lawan jenis, jadi sangat mudah untuk berternak burung kenari.
  3. Burung kenari memiliki bekal suara yang nyaring dan unik, burung ini juga dengan pintarnya yang pandai menirukan suara burung kenari lainnya dan bahkan suara jenis burung lain. Jadi burung ini merupakan burung kicauan yang spesial dan sangat mudah dilatih untuk menjadi gacor dan berisik.


Tiga hal yang saya sebutkan diatas merupakan beberapa keunggulan mengapa harus burung kenari? Mengapa harus ternak burung kenari, mengapa harus memelihara burung kenari!! Tetntunya dari beberapa alasan diatas sobat jadi mengerti dan ingin berternak burung kenari bukan? Baiklah selanjutnya akan saya bahas tentang bagaimana cara ternak Kenari yang hanya 5 langkah dan paling sederhana namun tentunya pasti berhasil!!

Langkah-Langkah Cara Ternak Kenari
1.    Menyediakan Sangkar/Kandang
Persiapan pertama yang harus dilakukan adalah menyediakan sangkar (kurungan) untuk burung kenari, baik untuk penjodohan maupun untuk anakan (bakalan), jadi syarat ini merupakan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Dalam persiapan sangkar ini sebaiknya harus diperhatikan dengan semestinya, mulai dari ukuran yang cocok hingga penempatan sangkar ditempat yang aman dan jauh dari pemangsa atau mungkin suara mesin yang mengganggu agar burung kenari tetap nyaman dan terhindar dari stress. Sama juga harus memeprhatikan suhu tempat peletakan sangkar, bila suhu bagus tidak rendah/tinggi maka burung kenari akan selalu sehat dan mudah untuk birahi, pemilihan sangkar juga sebaiknya yang tidak terlalu kecil agar burung kenari bisa bergerak menari kesana dan kemari didalam sangkarnya. Dengan kriteria sangkar/kandang seperti ini dapat dipastikan burung kenari akan selalu sehat dan tetap fit.

Peletakan kandang yang bagus adalah disekitar samping tembokdan menempel sehingga sangkar tidak mudah goyah, usahakan tempatnya harus sepi dari kebisingan kendaraan atau sesuatu yang dapat mengganggu. Jika area peletakan sangkar banyak gangguan maka burung kenari akan mudah stress saat mengerami telurnya, sehingga pengeraman tidak berlanjut dan telur tidak bisa menetas. Paling penting adalah sangkar burung kenari ini harus aman dari beberapa hewan pemangsa yang ada disekitar Kita seperti : anjing, kucing, tikus, ayam, bahkan semut dan mungkin binatang lain yang dapat mengganggu ketenangan burung kenari yang di ternak. Selain itu kebersihan kandang juga hal yang nomor satu, membersihkan kandang harus dilakukan setiap harinya, lebih baik 2 kali sehari justru akan lebih baik, bisa saat pagi dan sore hari.

2.    Mempersiapkan Indukan Unggul
Jelas dalam persiapan kedua ini adalah menyiapkan sepasang indukan yang akan dijodohkan, indukan burung kenari yang akan dijodohkan sebaiknya memiliki garis keturunan yang unggul agar nantinya dapat melahirkan anak-anak yang berkualitas sehingga mudah untuk dipasarkan atau dirawat sendiri untuk hiasan rumah sobat. Burung kenari yang akan sobat jodohkan juga harus memiliki kriteria tertentu, dan dibawah ini adalah kriteria burung kenari yang harus dimiliki saat dijodohkan :

Berjenis Kelamin Jantan dan Betina
Memang dalam menentukan jenis kelamin burung kenari agak ribet, namun jangan kuatir bagi sobat yang sudah familiar dengan burung kenari ini tentunya tidak kesusahan dalam membedakannya. Ada tanda yang paling mudah diidentifikasi yaitu pada saat burung kenari berumur 1 bulanan dan sudah dipisah oleh induknya/disapih (dimusuhin sang induk), sedangkan burung itu sering bunyi maka jelas burung kenari ini adalah berjenis kelamin jantan.

Cara lainnya yang mudah dilihat dengan kasat mata yaitu bentuk postur tubuhnya, apabila jantan akan lebih panjang dan ramping, bila bentuk tubuh lebih cenderung bulat dan pendek maka dapat dipastikan itu burung kenari berkelamin betina. Jika sobat lebih jeli lagi maka menentukan kelamin pada burung kenari ini bisa dimulai dari bentuk telur saat belum menetas, jika lebih panjang maka jantan, dan jika bulat adalah betina. Untuk sobat yang belum paham dengan cara membedakan jenis kelamin burung kenari dapat mempelajarinya pada “Cara Membedakan Kenari Jantan Dan Betina Tepat 100%”.

Memiliki Usia Yang Ideal Untuk Dijodohkan
Sebelumnya jika sobat ingin menjodohkan burung kenari yang berusia ideal untuk reproduksi tentunya sobat harus mengetahui usia burung kenari tersebut, memang sangat penting mengetahui usia burung kenari karena perawatan burung mungil ini harus disesuaikan dengan usianya, mulai dari pemberian pakan, hingga penjodohan. Bila Anda seorang peternak yang menjual bakalan/anakan burung kenari pada para penghobi tentunya mengetahui usia adalah hal nomor satu, simpel saja bila mengetahui usia maka sobat juga akan mengetahui kapan memberi pakan lembut atau kasar. Jika melangkah lebih jauh maka mengetahui usia juga penting karna sobat akan mengetahui kapan burung kenari dijual, dan kapan burung kenari dijodohkan. Adapun usia yang paling ideal untuk dijosohkan adalah jika memasuki usia 8 bulan bagi burung kenari jantan, sedangkan usia ideal untuk burung kenari betina adalah 6 bulan.

3.    Menjodohkan Burung Kenari
Menjodohkan burung kenari merupakan poin paling penting saat menjalankan ternak burung kenari, proses ini dimana sobat diharuskan menentukan sepasang burung kenari pilihan yang sebaiknya dipilih dari garis keturunan yang unggul. Dan disaat menjodohkan ini burung kenari diharapkan mau berjodoh, menjadi pasangan, dan siap kawin agar dapat bertelur sehingga meneteas dan menjadi piyik kenari. Menjodohkan burung kenari ini juga memiliki proses-proses khusus, mulai dai pendekatan dengan mendekatkan antar sangkar burung kenari jantan dan betina hingga berjarak 5 cm. Namun beberapa peternak burung kenari juga banyak yang menyatukan burung kenari yang dijodohkan langsung dalam satu sangkar. Perlu diperhatikan jika menjodokan burung kenari ini perlu perawatan yang baik, mulai dari sangkar yang nyaman hingga peletakan sangkar pada lokasi yang nyaman dan aman. 

4.    Menyediakan Sarang Untuk Bertelur
Tahap selanjutnya apabila penjodohan sudah berhasil dan burung kenari sudah terlihat sering loloh dan kawin maka selanjutnya sobat harus meyediakan sebuah sarang untuk bertelur. Sarang ini sangat penting untuk menaruh dan mengerami telur burung kenari, sarang yang nyaman akan menentukan menetas atau tidaknya telur yang sedang dierami. Sarang dapat dibeli dipasar burung atau ditoko pakan ternak, memang sangat ditekankan untuk menyediakan sarang yang nyaman agar sepasang induk ini mau mengerami telurnya dengan secara bergantian.

Kebayang betapa pentingnya yang hanya sebuah sarang karena sangat mempengaruhi menetas atau tidaknya telur burung kenari tersebut, Proses pengeraman tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya sekitar 2 minggu burung kenari sudah menetas menjadi piyik cindil yang imut. Waktu pengeraman ini jika dihitung adalah diantara 12-14 hari saja, namun juga tergantung suhu pada musim tertentu.

Perhitungan menetasnya burung kenari ini memang juga tergantung pada suhu, apabila suhu rendah maka biasanya telur akan lebih lama saat menetas. Para peternak burung kenari yang sudah berpengalaman biasanya memberi lampu bohlam 5W untuk membantu menghangatkan sangkar, jadi setelah 12 hari telur-telur akan menetas satu-persatu, dan disusul telur berikutnya yang biasanya selisih satu hari. Jika semua telur sudah menetas usahakan selalu mengamati sang pejantan apakah ada tindakan jahat pada sang anak atau tidak, jika ada maka segera pisahkan sang pejantan dari pasangan dan anaknya, namun jika justru mau meloloh dan melindungi anaknya maka biarkan saja karena dapat membantu sang induk betina untuk merawat anaknya. Jadi sobat harus memehami karakter pejantan yang dijodohkan agar anakan burung kenari yang baru menetas tetap aman, sebaiknya berikan pakan seperti extra fooding agar pertumbuhan anakan burung kenari lebih cepat.

5.    Memberi Perawatan Yang Tepat
Perawatan yang tepat akan bermanfaat untuk kesehatan burung kenari, hal ini dapat dilakukan dengan memberikan asupan pakan yang baik dan kebersihan kandang yang terjaga. Pakan dan kebersihan kandang ini sebenarnya belum cukup, sobat perlu memandikan dan menjemur burung kenari agar kondisi fisiknya selalu prima dan tidak mudah sakit. Dengan melakukan perawatan seperti diatas disetiap harinya maka burung kenari akan fit dan rajin kicau, jadi untuk mendapatkan burung kenari yang spesial tentunya dibutuhkan perawatan yang spesial juga.


Burung kenari juga perlu diobati jika terserang penyakit, sobat bisa memberi obat sesuai dengan penyakitnya yang menyerangnya dengan membelinya ditoko pakan ternak terdekat. Penyakit yang paling banyak menyerang burung kenari adalah penyakit cacingan, cacingan pada burung kenari ini sangat mudah diobati hanya dengan memberi obat cacing untuk burung yang dapat dibeli ditoko pakan ternak langganan sobat. Jika sobat ingin merawat burung kenari agar gacor bisa mempelajarinya pada 
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA TERNAK KENARI"