loading...

CARA PERAWATAN TANAMAN BUNGA BOUGENVILLE



Bunga bougenville atau sering disebut bungan kerta merupkan salah satu tanaman bungan dengan batang yang kokoh dan kuat. Bougenvile adalah salah satu tanaman bunga dengan bentuk dan warna bunga indah serta menarik. Karena bunga kertas mempunyai jumlah bunga berkelompok dengan bentuk bunga khas. 

Batang pohon bunga bougenville bisa mencapai diameter ukuran yang lumayan besar. Karena batang pohon bunga kertas yang besar dan kokoh ini, Tidak jarang orang membentuk pohon bougenvile menjadi tanaman bonsai. Dengan karakter bunganya yang bisa berkelompok ini, Tentu akan memberi tampilan bonsai lebih indah serta menarik.

Cara menanam bunga bougenville atau membudidayakan bunga ini bisa dibilang lebih mudah. Walaupun demikian, Bunga kertas tidak bisa dibudidayakan dengan biji, Umbi atau lainnya. Dan untuk menanam bougenvile cukup dilakukan steak batang dan sambung. Untuk mananam bunga ini, Kita ambil batang yang sudah tua.

Berikut cara menanam bunga bougenvile dengan steak batang serta perawatan bougenville
  • Persiapan bibit bungan bougenville
  • Pilih batang yang sudah tua, Kemudian potong dengan cara miring. Hal ini agar didapatkan kondisi runcing pada potongan tersebut. 

Siapkan media tanam
Media tanam bunga bougenville yang baik adalah dengan menambahkan campuran pasir pada pot atau plasti. Kenapa harus ada pasir?, Hal ini agar terdapat rongga pada media. Karena melalui rongga ini sirkulasi udara dan air akan lebih lancar. Dalam hal ini, Pasir diletakkan didasar pot atau polibag. Kondisikan pasir sebatas sepertiga dari tinggi pot. Setelah itu baru masukkan campuran tanah dan pupuk kandang diatasnya. Setelah ini siap, Tancapkan potongan batang pohon bougenvilee. Untuk proses ini akan lebih baik jika dilakukan pada sore atau pagi hari.

Pemangkasan bunga kertas ( Bunga bougenville )
Setelah jumlah dahan atau batang banyak dan panjang, Tentu akan memberi kesan liar pada tanaman bunga bougenville. Untuk itu, Pada tahap ini akan dilakukan pemangkasan serta membuat tampilan rapi. Ini harus sering dilakukan jika tanaman akan dibentuk menjadi bonsai bougenville. Selain batang yang sudah panjang, Pemangkasan juga harus dilakukan pada bagian dengan daun yang lebat. Ini bertujuan agar nutrisi tidak terpusat pada daun, Melinkan juga akan lari kebunga.

Pemupukan
Perawatan bunga bogenvilee selanjutnya adalah pemupukan, Ini wajib dilakukan, Dan ini merupakana bagian dari perwawatan bunga bougenville yang baik. Hal ini agar kebutuhan nutrisi bagi tanaman agar tetap subur dan sehat. Pemupukan ini bisa dilakukan setelah usia satu bulan dari mulai tanam. Gunakan pupuk kandang atau kompos pada tahap perawatan ini.

Agar bunga bougenville tetap subur dan menarik, Lakukan tahapan-tahapan diatas secara ruti. Selain hal tadi, Jangan lupa senantiasa melakukan penyiraman dengan rutin. Saat melakukan penyiraman, Kondisikan jangan terlalu basah. Karena tanaman bougenvile tidak membutuhkan air yang berlimpah. Jadi lakukan seperlunya saja.

Cara menanam bunga bougenville dengan tehnik sambungan pucuk
Selain dengan cara stek batang, Untuk menanam atau membudidayakan bunga bougenville bisa dilakukan dengan cara sambungan pucuk. Tehnik ini sedang populer dikalangan pembudidaya bougenville. Karena cara ini bisa memungkinkan satu pohon dengan beberapa jenis bunga. Bagimana cara budidaya bougenville tehnik sambung pucuk?. Untuk melakukan tehnik budidaya ini, Caranya hampir sama dengan tehnik tanam bougenville stek batang. Yaitu pilih batang yang sudah tua, Potong dengan cara miring, Dan langkah selanjutnya adalah sambung pada pohon bougenville lain sesuai keinginan.

Untuk menanam atau budidaya bunga bougenvile bisa dilakukan dengan dua cara, Yaitu stek batang dan sambung pucuk. Agar didapat tanaman bougenville yang bagus, Sebaiknya dilakukan perawatan yang baik, Yaitu dengan pemupukan yang tepat, Penyiraman tepat dan pemangkasan guna merapikan pohon serta mengatur kebutuhan nutrisi.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA PERAWATAN TANAMAN BUNGA BOUGENVILLE"