loading...

PESONA KAMUFLASE HEWAN YANG INDAH

Sepintas, tak ada yang menarik dengan ranting dan dedaunan kering. Tetapi coba lihatlah dengan cermat karena ternyata ada makhluk lain yang juga berada di dedaunan itu. Makhluk itu berupa hewan bunglon yang bentuknya semacam bunglon.




Bunglon itu berbeda dengan bunglon seperti pada umumnya. Warna, bentuk dan tekstur tubuhnya menyerupai dedaunan kering. Bunglon unik itu merupakan salah satu hewan yang memiliki kemampuan untuk berkamuflase dan menyerupai denga keadaan di sekitarnya.




Hal yang serupa juga terdapat pada hewan kupu-kupu yang memiliki warna dan bentuk seperti dedaunan kering. 

Selain bunglon dan kupu-kupu daun kering itu, ada banyak hewan lainnya di dunia ini yang memiliki kemampuan untuk berkamuflase. Tujuannya agar hewan itu bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya dan menghindari dari terkaman predator lainnya.




Seperti halnya hewan rusa yang warna bulunya bisa mirip dengan warna rerumuputan dan pepohonan di sekitarnya sehingga hampir tak terlihat ada rusa di sana.





Hewan lainnya adalah burung yang bentuk dan warna tubuhnya abu seperti warna bebatuan kecil yang berserakan di sekitarnya.




Ada pula katak berwarna biru yang warna tubuhnya mirip dengan warna daun yang berjatuhan dan berserakan di sekitarnya. Begitu pula dengan katak berwarna hijau dengan bintik-bintik kecil berwarna hitam yang mirip dengan warna rerumputan kecil di lingkungannya.




Tak kalah menakjubkan adalah hewan burung kakaktua yang hinggap dan membuat sarangnya di batang pohon. Warna burung itu mirip dengan warna batang pohon yang menjadi tempat sarangnya.




Tak hanya di daratan saja, di dalam air juga terdapat makhluk dengan kemampuan kamuflase yang mengagumkan. Ada jenis ikan tertentu yang warna tubuhnya seolah transparan dan mirip dengan warna bebatuan kecil di dasar perairannya.




Shubhanallah sangat indah dan menakjubkan sekali kemampuan hewan-hewan itu dalam berkamuflase. Tentu masih ada banyak lagi hewan lainnya yang memiliki kemampuan seperti itu. 





Yang patut diwaspai adalah adanya kamuflase hewan-hewan yang berbahaya dan berbisa seperti ular, kalajengking, lipan, singa , buaya dan sebagainya. Karena bisa jadi mereka juga terdapat di tumpukan dedaunan kering, batang pepohonan, genangan air dan sebagainya karena itu berarti maut siap mengintai Anda.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PESONA KAMUFLASE HEWAN YANG INDAH"