loading...

TIPS DALAM MEMBUAT KANDANG MERPATI


Nah setelah mengetahui jenis-jenis kandang merpati kali ini sahabat merpati akan memberi gambaran kandang yang baik bagi merpatinya, berikut faktor-faktornya.

Ukuran Kandang

Usahakan ukuran kandang merpati muat untuk 4 burung, artinya jika di masukkan 4 ekor burung kandang tetap muat dan masih bisa bergerak, ini adalah antisipasi jika burung nantinya akan menetas di dalam kandang. Burungpun akan nyaman dengan kondisi seperti itu dan akan betah dikandang. Ukuran yang saya rekomendasikan tinggi lebar panjang sekitar 35x40x50.

Sanitasi Kandang

Selain faktor ukuran, kandang merpatipun harus mempunyai sanitasi yang bagus, kandang yang lembab akan mengakibatkan penyakit bermunculan. Sebaiknya kandang diberi alas bawahnya untuk menampung kotoran. Kandang jangan terlalu tertutup atau kata orang sunda sih ‘ngelekeb’ beri lah ventilasi secukupnya.

Posisi Kandang

Posisi kandang yang baik adalah menghadap timur dan tidak terhalang dari cahaya matahari. Usahakan kandang tersinari matahari terutama matahari pagi, karena matahari pagi sangat bagus bagi kesehatan merpati dan membantu membersihkan kandang merpati secara ‘kering’, kandang yang kering tidak lembab akan membuat merpati lebih sehat. Ketinggian kandang disesuaikan dengan kebutuhan, kalo saya suka yang bisa di raih saja jadi gampang untuk menengok merpatinya.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS DALAM MEMBUAT KANDANG MERPATI"