loading...

TIPS MEMINDAHKAN TANAMAN YANG BAIK DAN BENAR

loading...
TIPS MEMINDAHKAN TANAMAN YANG BAIK DAN BENAR
Pertumbuhan merupakan hal penting yang harus diperhatikan ketika menanam tanaman di pot. Kita harus mengganti pot tanaman ke wadah yang lebih besar bila tanaman yang kita punyai tumbuh kian besar dan akarnya juga sudah semakin banyak.


Dalam melakukan pemindahan tanaman ini, kita harus berhati-hati. Pasalnya, seperti juga makhluk hidup lainnya, tanaman dapat juga mengalami stess ketika "pindah rumah". Nah, berikut ini adalah tahapan pemindahan tanaman ke pot lain agar tanaman minim stres.


1. Sediakan Pot dengan Ukuran Lebih Besar
Langkah pertama adalah menyiapkan pot baru dengan ukuran yang lebih besar ketimbang ukuran pot sebelumnya. Sebaiknya cari pot yang ukurannya 2 kali lebih besar untuk tanaman jenis buah supaya kita tidak perlu mengganti pot sesering mungkin.


2. Masukkan Media Tanam ke Pot Baru
Tahap berikutnya adalah memasukkan media tanam ke dalam pot baru dengan jumlah 1/3 volume ukuran pot. Sebaiknya media tanam terbuat dari campuran tanah subur (bukan pasir lho ya), sekam, dan pupuk dengan perbandingan 1:3:2.


3. Cabut Tanaman dari Pot Lama
Sesudah pot yang baru siap, langkah selanjutnya adalah cabut tanaman dari pot yang lama. Hal yang perlu diingat adalah kita jangan mencabut tanaman secara langsung supaya akarnya tidak terlukai. Cara yang tepat untuk mencabut tanaman tersebut adalah tepuk-tepuk permukaan pot dengan memakai tangan untuk mengeluarkan tanaman dari pot asal.


4. Angkat Tanaman Pelan-pelan
Kalau tanah dan akar tanaman telah terlepas dari pot yang lama, maka angkat tanaman beserta tanah-tanahnya secara perlahan-lahan. Posisi tangan mesti berada di pangkal batang tanaman, bukan di ujung atau pucuknya.


5. Masukkan Tanaman ke dalam Pot Baru
Tahapan yang ke-lima adalah masukkan tanaman ke dalam pot baru yang telah terisi oleh 1/3 media tanam tadi. Tempatkan batang tanaman agar berada pas di tengah pot. Lalu, tambahkan media tanam di bagian pinggir dan atasnya sampai mencapai bibir pot.


6. Siram Tanaman
Langkah yang terakhir adalah menyiram tanaman dengan memakai siraman berair lembut. Jangan menggunakan selang dari keran air! Untuk langkah penyesuaian, jangan langsung menempatkan tanaman di tempat panas, tetapi letakkan di tempat teduh terlebih dahulu selama 5 - 7 hari. Tanaman akan bebas dari stres bila pemindahannya dilakukan secara benar.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS MEMINDAHKAN TANAMAN YANG BAIK DAN BENAR"