loading...

PENTINGNYA PENJEMURAN PADA BURUNG PELIHARAAN

loading...

PENTINGNYA PENJEMURAN PADA BURUNG PELIHARAAN
Tahukah anda, sinar matahari yang baik bagi semua jenis mahluk hidup dimulai dari awal terbit hingga sebelum tengah hari. Itulah mengapa burung peliharaan banyak diembunkan dengan tujuan agar bisa mencicipi sinar matahari pagi di awal hari. 

Cahaya matahari pada pagi hari ternyata memiliki banyak manfaat bagi mahluk hidup - termasuk burung kicauan - yang sebagian besar memberi pengaruh pada kondisi, penampilan dan kesehatannya. Beberapa manfaat sinar matahari untuk burung kicauan adalah sebagai berikut: 

Sinar matahari pada pagi hari bisa membunuh mikroba, termasuk yang bersembunyi dalam sangkarnya. Oleh karena itu, sempatkan untuk menjemur sangkar-sangkar yang tidak terpakai secara berkala pada waktu menjemur burung kesayangan anda. Manfaatnya pada burung adalah mengusir kutu atau parasit yang menempel di kulit atau bulu mereka. Karena itu pula kita sering melihat burung yang memiringkan tubuhnya sambil memekarkan bulu-bulunya agar sinar matahari bisa menembus lapisan kulit dan bulunya. 

Penjemuran pada pagi hari terutama setelah matahari baru terbit sangat baik untuk meredakan burung peliharaan yang sedang stress, atau bahkan yang sedang macet bunyi. 

Pada saat penjemuran di pagi hari itu, kulit akan mensistesa vitamin D dengan bantuan sinar matahari. Vitamin D yang terserap bisa membantu penyerapan kalsium dalam tubuhnya yang membuat tulang semakin kuat. 

Sinara matahari memperbaiki sistem kekebalan tubuh yang lemah, karena itu sering kita lihat burung yang sering mengembangkan bulu-bulunya dan tampak malas-malasan, setelah dijemur bebeapa saat mereka langsung terlihat aktif kembali. 

Untuk burung yang mengalami kegemukan, sinar matahari di pagi hari bisa membantu menurunkan berat badannya dengan meningkatkan metabolisme mereka melalui stimulasi tiroid. 

Namun yang perlu diperhatikan pada saat menjemur burung adalah untuk tidak terlalu berlebihan saat menjemur burung kicauan, karena ada beberapa jenis burung yang memang tidak kuat dan mudah alami dehidrasi ketika terpapar sinar matahari untuk waktu yang cukup lama. 

Penjemuran yang baik berlangsung mulai dari saat burung diembunkan atau pada pagi hari sekali sampai pukul 10 atau sebelum pukul 11 siang.
Disarikan dari : http://www.agrobur.com/
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENTINGNYA PENJEMURAN PADA BURUNG PELIHARAAN"