loading...

Cara Membuat Donat Mengembang juga Empuk

loading...

Cara Membuat Donat Mengembang juga Empuk Mau dibuat usaha atau untuk dimakan sendiri tentunya cara pembuatannya harus benar agar hasilnya bisa tetap sempurna, utamanya adonannya bisa mengembang dan juga empuk seperti yang dijual di tempat makanan siap saji atau Dunkin Donat yang terkenal itu, karna sebenarnya Cara Membuat Donat Mengembang dan juga empuk initinya ada pada cara penggunaan bahan, cara mengolah bahan, cara memasak dan cara memberi toppingnya.

Sebelum belajar cara membuat donat Mengembang dan juga empuk, sedikit saya bercerita soal sejarah pembuatan donat dan asal usulnya. Mengenai asal usul pembuatan donat ada yang mengatakan kalau donat bersumber dari Imigran Belanda yang dibawa ke Amerika Utara dan ada pula yang mengatakan kalau donat awalnya dibuat oleh seorang kapten kapal asal negara Denmark bernama Hanson Gregory. Awalnya karena ketidaksengajaan ketika kapalnya sering dilanda badai pada saat sedang memakan kue yang mulanya belum berlubang dan karna tidak ada tempat meletakkan kuenya yang aman sehingga ia tusukkan di setir kemudi kapalnya agar tidak jatuh dan juga karna alasan seringnya kue tersebut tidak matang di bagian tengahnya sehingga dibuatlah kue yang berlubang ditengahnya yang akhirnya dinamakan dengan donat (doughnuts atau donut).

Cara Membuat Donat Mengembang dan juga Empuk Teksturnya dari Faktor Bahannya

Pemilihan tepung harus tepat, yaitu tepung dengan kandungan protein sedang dicampur dengan tepung dengan kandungan protein rendah gunanya agar tekstur donatnya menjadi lembut dan enak dimakan.


Pemilihan gula harus yang mudah larut. Dalam hal ini sebaiknya gunakan gula yang telah dihaluskan agar mudah tercampur dan dapat membantu proses kerja ragi dalam membuat adonan donat mengembang dengan baik.
Gunakan kuning telur yang warnanya bagus dan dengan jumlah yang sedikit lebih dari takarannya akan membuat tekstur donat semakin lembut dan tidak kasar, karna kadang ada donat murahan yang dijual teksturnya kasar salahsatunya karna penggunaan telurnya yang kurang.

Gunakan ragi yang tepat caranya dalam membuat donat serta tambahkan pengembagn pendukung lainnya baking powder dan bread improver sesuai rekomendasi cara pembuatannya. Untuk raginya sendiri, tipsnya sebelum digunakan dilarutkan dulu di air secukupnya baru kemudian diaduk rata dalam adonan donat.

Gunakan air susu yang dingin dalam mencampur adonan akan membuat donat hasil buatan anda semakin lembut. Kenapa harus dengan yang dingin? karna seperti pada pembuatan roti bahwa dengan air dingin adonan akan lebih mengembang dengan baik.
Masukkan garam secukupnya dan pada waktu yang tepat. Kenapa demikian? karna garam berpengaruh pada fungsi kerja pengembangan ragi, jadi sebaiknya masukkan garam setelah semua bahan tercampur karna jika salah akan menghambat adonan donat mengembang dengan sempurna.

Penggunaan lemak berupa mentega juga baik dalam membuat adonan donat makin empuk, jadi jangan abaikan bahan satu ini.

Pemilihan minyak goreng harusnya yang kuning dan jernih atau minyak goreng padat agar hasil donatnya lebih renyah.

Cara Membuat Donat Mengembang dan juga Empuk Teksturnya dari Faktor Alatnya


Untuk alat pengaduk sebaiknya gunakan mixer yang pengaduknya berbentuk spiral agar proses pengadukannya lebih rata karna akan berpengaruh dari hasil adukan dan tekstur donatnya.

Ukuran bahan yang pas juga penentu kualitas donat jadi sebaiknya gunakan timbangan untuk menakar bahan-bahannya.

Gunakan wadah yang bersih agar donat terbebas dari kotoran yang dapat menggangu kerja ragi. Faktor tempat yang tidak baik bisa membuat donat tidak mengembang dengan sempurna jadi harus betul-betul diperhatikan.

Cara Membuat Donat Mengembang dan juga Empuk Teksturnya Dari Faktor Pencampuran Bahannya dan Pembuatannya.

Campurkan terlebih dahulu semua bahan yang kering dan aduk rata baru kemudian tambahkan bahan cairnya sedikit demi sedikit. Hal ini berpengaruh pada hasil adonan yang pas teksturnya.

Campur adonan hingga kalis dan jangan berhenti hingga berhasil. Caranya mengetesnya ambil secuil adonannya, jika sobek berarti belum kalis. Adoanan belum kalis tentu tidak akan membuat adonan empuk seperti yang diinginkan.

Pada saat proses menunggu adonan mengembang jangan lupa ditutup dengan pelastik, jika sampai lupa pastinya adonan tidak akan mengembang dengan baik.

Pada waktu menggoreng donat jangan lupa digoreng di minyak yang banyak dan panasnya cukup. Perhatikan untuk tidak menunggu satu sisinya matang baru membalik karna akan berpengaruh pada kualitas warna dan tekstur donatnya.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Donat Mengembang juga Empuk "