loading...

MASA KADALUARSA KOSMETIK SECARA UMUM

loading...
MASA KADALUARSA KOSMETIK SECARA UMUM


Kemasan kosmetik yang masih tersegel normalnya dapat bertahan beberapa tahun dalam suhu kamar. Namun, begitu Anda membukanya kemasannya, paparan udara (panas dan lembab) akan mengoksidasi dan mendegradasi kandungan formula kosmetik. Cara dan frekuensi penggunaan kosmetik pun turut mempengaruhi perkembangbiakan bakteri pada kosmetik. Menurut Ni’Kita Wilson, pakar kimia kosmetik dari Cosmetech Laboratories di Fairfield, New Jersey, tempat terbaik untuk menjaga ‘usia’ kosmetik adalah di meja rias yang bersuhu sejuk dan tidak tersorot sinar matahari langsung. Hindari menyimpan kosmetik di kamar mandi karena suhunya lembab.

Daya tahan: 3 bulan jika digunakan rutin setiap hari dan 6 bulan jika hanya dipakai sesekali.
Semakin sering mascara digunakan, semakin banyak bakteri yang menempel, dan mascara semakin cepat kadaluarsa. Hal itu disebabkan oleh cairan pekat mascara yang terpapar udara. Kalau sudah menggumpal, bakteri lebih mudah berkembang biak.

Daya tahan: 3 tahun
Pensil eyeliner cukup awet dibandingkan eyeliner liquid karena tidak mengandung air, bentuknya padat, dan tertutup rapat di dalam batang pensilnya. Bakteri biasanya hanya terdapat di ujung pensil yang terbuka. Cegah perkembangbiakan bakteri dengan meraut pensil secara teratur.

Daya tahan: 3 bulan
Liquid eyeliners tidak dapat bertahan lama karena mengandung air dan umumnya berwarna gelap. Dua hal tersebut merupakan favorit pertumbuhan bakteri. 

Daya tahan: 6-12 bulan
Meski tahan hingga 12 bulan, sebaiknya krim wajah digunakan tidak lebih dari 6 bulan. Bentuknya yang kental dan mengandung air membuatnya mudah ditumbuhi bakteri. Selain itu, umumya krim wajah mengandung antioksidan seperti vitamin A, C, dan E yang sensitif terhadap paparan cahaya. Itu sebabnya krim wajah sering dikemas dalam kemasan kecil.

Daya tahan: 12-16 bulan
Sama seperti kosmetik lain yang berbahan dasar air, water based foundation (WBF) cenderung lebih mudah dihinggapi bakteri. Jika WBF mengering sebelum waktu kadaluarsa umumnya, jangan gunakan air untuk mencairkannya karena bisa jadi ada bakteri dalam air. Sebaiknya gunakan beberapa tetes alcohol-free toner yang dibeli di konter kosmetik resmi.

Daya tahan: 18-24 bulan
Lebih awet dari water-based foundation karena minyak membantu mempertahankan daya tahan jadi lebih lama. Namun, perhatikan bila foundation sudah terpisah jadi dua bagian (minyak tampak terpisah dari cairan foundation) dan warnanya sudah tidak jernih, artinya foundation sudah tidak layak pakai.

Daya tahan: hampir 1 tahun
Karena hanya menutup bagian-bagian tertentu saja, concelear jadi awet. Namun, bila sudah mendekati masa 1 tahun, sebaiknya tidak digunakan lagi.

Daya tahan: 3-5 tahun
Karena tidak mengandung air dan kering, powder eye shadow (terutama yang berkualitas baik) dapat bertahan lama. Namun, pastikan kuas dan sponge diganti secara teratur sebulan sekali atau dicuci seminggu sekali agar bakteri tidak berkembang biak.

Daya tahan: 2-4 tahun
Bila sudah kadaluarsa, lipstick akan cenderung menggumpal dan aromanya kurang sedap. Pastikan memilih lipstick berkualitas baik dan jangan membeli lipstick tak bermerek jelas. Pewarnanya bisa jadi berbahaya.


Daya tahan: maksimal 3 tahun, namun rata-rata 1 tahun. Usia bisa lebih singkat jika tabir surya sudah terpapar suhu panas.
Bila Anda jarang beraktivitas di luar, belilah tabir surya dalam kemasan kecil. Jangan lupa, tutup rapat botol agar lotion atau cream tabir surya tak mudah mongering.

Daya tahan: 3 - 4 tahun
Sama halnya dengan pensil alis atau pencil eye liner yang tidak mengandung air, daya tahan lip liner lebih kama karena bentunya kering dan tersimpan dalam batang pensil. Raut bagian ujung pensil untuk mencegah perkembangbiakan bakteri.

Daya tahan: maksimal 2 tahun
Daya tahan paling maksimal hanya berlaku untuk lip gloss yang menggunakan aplikator. Lip gloss yang penggunaannya langsung pakai jari memiliki daya tahan lebih singkat karena cenderung mudah terpapar bakteri dari jari.

Daya tahan: 1 tahun
Jika cairan kuteks sudah lengket, mengental, dan berserabut, segera singkirkan. Umumnya kuteks sensitif terhadap suhu ekstrim dan kelembaban. Hindari menyimpannya dalam kamar mandi.

Daya tahan: 2 tahun
Berbeda dengan kosmetik lain, masa kadaluarsa parfum dan eau de toilettes tidak menimbulkan iritasi di kulit. Namun, aromanya tidak akan kuat, lebih pudar. Agar lebih awet, hindarkan dari cahaya matahari langsung dan suhu lembab.

Daya tahan: 2 tahun
Tidak mengandung air, sehingga lebih awet dan tidak mudah dtumbuhi bakteri. Namun, cuci atau ganti aplikator secara berkala.

Daya tahan: 6 bulan
Mengandung air, sehingga usianya lebih pendek dan lebih mudah ditumbuhi bakteri.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MASA KADALUARSA KOSMETIK SECARA UMUM"