10 Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

10 Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Buang jauh-jauh pemikiran bahwa menikah muda akan sulit untuk berjalan langgeng! Asalkan orang itu memahami tips-nya, pasangan yang telah menikah di usia muda mampu menjaga keharmonisan rumahtangganya dan senantiasa menjadi pasangan yang abadi.

Untuk pasangan muda, berikut artikel penting tentang, “10 Tips yang Menjaga Keharmonisan Rumahtangga”, yaitu:

1. Jangan Pelit Mengatakan “Aku Cinta Kamu”

Ada perempuan muda bersuami, apabila dia mengirimi suaminya pesan, di akhir kalimat pada setiap SMS-nya, perempuan muda itu selalu bilang, “Aku Cinta Kamu”. Sekarang cobalah anda terapkan pada pasangan anda.


Untuk pasutri mempererat hubungan merupakan modal awal dalam rangka membangun rumahtangga agar selalu harmonis. Kompak, rukun, serta selalu bekerjasama merupakan faktor penting yang harus dimiliki oleh setiap individu dari pasangan.

Begitu juga intim saat di tempat tidur. Disinyalir, pasangan suami istri yang melakukan hubungan suami-istri dengan rutin serta terjadual akan mampu membawa rumah tangga menuju kebahagiaan.

3. To The Pint

Terutama kaum lelaki, agak lemah dalam membaca pikiran pasangan. Jika memang sedang malas untuk pergi ketika istri mengajak atau meminta ditemani, tidak usah mencari-cari alasan.

Misalnya dengan mengatakan, “Selaluuu aja pergi-pergian … Kok nggak pernah ngerasain sih, aku kan capek?!”. Sebaiknya, ungkapkan saja apa adanya apabila Anda sedang tidak ingin bersama istri anda.

4. Selalu Komunikasi

Kunci utama hubungan yang bahagia adalah komunikasi. Unek-unek yang ada dalam benak kita bisa diungkapkan saat terjalin komunikasi antara Anda dengan pasangan Anda.

Justru, apabila semua beban disimpan dalam hati akan ‘mengganggu’ jalannya komunikasi. Untuk itu manfaatkanlah momen komunikasi sebaik mungkin dalam rumah tangga.

5. Selalu Berterima Kasih

Maksudnya jangan pelit juga untuk selalu mengapresiasi keputusan pasangan dengan memilih Anda sebagai teman hidupnya. Di sela-sela senggang, cobalah untuk saling mengingatkan, “kenapa sih bisa jatuh cinta padaku?” atau “Kenapa kita bisa saling jatuh cinta?“

6. Ekspresikan Rasa Sayang

Seseorang yang mengekspresikan rasa cinta pada pasangannya dengan tindakan, merupaan ciri-ciri dari pasangan bahagia. Untuk itu jangan pernah gengsi untuk saling berpegangan tangan mesra, berpelukan, hingga sun pipi, kening dan melakukan ekspresi kasih sayang lainnya.

7. Beri Pasangan Kesempatan Menikmati Waktu Sendiri

Sudah menjadi hal yang wajar, di awal-awal pernikahan, pasangan suami istri selalu ingin berdua. Nah, kini sesekali, berilah pasangan kesempatan untuk menikmati waktunya sendiri. Lalu, di malam harinya, biarkan pasangan Anda dengan penuh semangat bercerita mengulas kejadian yang tadi seharian dilakukannya sendiri.

8. Bahu-Membahu

Tidak setara rasanya, apabila sedang berkumpul di rumah, pasangan – salah satunya sibuk bekerja, sementara yang satunya lagi, leha-leha nonton tv.

Sehingga untuk mencerminkan hubungan yang setara, kerjakanlah kegiatan bersih-bersih rumah dengan kompak, bahu-membahu, dikerjakan bersama-sama. Rumah bersih lebih cepat, dan semua senang 

9. Merasakan Kelucuan

Maksudnya, Anda dan pasangan seringkali tertawa terbahak-bahak berdua. Bahagia sekali … Semakin nyaman hidup dengan pasangan kita akan semakin nampak banyak kelucuan. Bangun dan peliharalah momen ‘kelucuan’ ini sebagai tabungan yang akan menjadi sebuah kenangan kelak.

10. Jangan Pernah Ada Rahasia

Tidak perlu bagi Anda merahasiakan sesuatu hal kepada pasangan, apalagi pasangan yang paling kita sayangi, sebab pasangan bahagia adalah pasangan yang sangat mengerti, bahwa menyimpan rahasia akan menimbulkan ketidakbahagiaan.

Demikianlah, “10 Tips yang Menjaga Keharmonisan Rumahtangga“. Mudah-mudahan Anda akan semakin sayang dengan pasangan hidup Anda. Good-luck!

sponsor artikel

0 comments: