loading...

ROKOK JUGA MENJADI PERUSAK LINGKUNGAN

loading...
Dewasa ini, banyak sekali upaya-upaya untuk mengampanyekan gerakan cinta lingkungan.

Mungkin moms sering dengar kalimat “Go Green!” dan ajakan-ajakan untuk tidak memperbanyak sampah plastik, bersepeda ke kantor, memperbanyak ruang hijau. Tapi tau nggak kalau ternyata rokok juga punya andil dalam pengrusakan lingkungan? Hasil penelitian di Italia menyatakan bahwa rokok bisa mencemarkan udara sepuluh kali lipat lebih banyak dari yang dihasilkan oleh mesin diesel.

Para ilmuwan membandingkan jumlah bahan-bahan yang dikandung dalam asap mesin mobil berbahan bakar diesel dengan asap rokok. Hasilnya, tiga batang rokok yang mengepul ternyata menghasilkan peningkatan partikel di udara sepuluh kali lebih banyak daripada yang dikeluarkan asap mesin yang menyala.

Ivan Vince, ahli polusi udara dari Ask Consultants di London, mengatakan temuan itu masuk akal. Ia menyebutkan bahwa rokok mengeluarkan lebih banyak partikel dibanding mesin berbahan bakar diesel rendah belerang.

Di sebuah garasi di kota kecil Chiavenna, Invernizzi dan rekan-rekannya melakukan percobaan. Mereka menggunakan mobil Ford Mondeo turbo diesel tahun 2002 bermesin 2 liter dan telah dipakai selama enam bulan. Mobil itu dibiarkan menyala dalam garasi tertutup selama 30 menit dimana alat penganalisa akan mengambil contoh udara tiap dua menit. Garasi kemudian dibuka dan dibersihkan dari asap selama empat jam. Kemudian pintunya ditutup lagi dan tiga batang rokok dinyalakan bergantian selama total 30 menit.

Selanjutnya para ilmuwan melakukan pengukuran dan alat penganalisa menunjukkan adanya partikel pencemar sepuluh kali lebih banyak dari asap rokok dibanding asap mesin diesel. Bahkan tingkat polusi partikel-partikel yang berbahaya bagi kesehatan jauh lebih banyak.
Kebanyakan bahan kimia yang dikeluarkan asap rokok merupakan bahan-bahan yang merusak lingkungan. Misalnya aldehyd yang merusak tanaman, mata dan saluran pernafasan, sedangkan nitric oksida adalah biang keladi terbentuknya lapisan ozon.

So, maukah kita mulai mengingatkan orang-orang di sekeliling akan bahaya rokok yang selain merusak kesehatan juga merusak lingkungan ?

Sumber : www.newscientist.com/wsn
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ROKOK JUGA MENJADI PERUSAK LINGKUNGAN"