loading...

Bahaya Yang Mengintai di Balik Dispenser

loading...


Illustrasi/google

Jaman modern seperti sekarang ini, membuat kehidupan semakin praktis. Semua bisa dibikin serba cepat, tak terkecuali untuk urusan air minum. Tanpa perlu repot kita bisa meminum air kemasan isi ulang yang ditawarkan berbagai produsen dengan berbagai merek. itulah kehidupan sekarang. Praktis !


Dispenser, alat penunjang air minum yang praktis. Dengan alat ini kita bisa membuat kopi kesukaan kita atau susu untuk sikecil kalau dia lagi rewel, tanpa harus memasak air terlebih dahulu dan memerlukan waktu yang cukup lama. Tinggal tekan kran nya maka keluarlah air panas yang kita inginkan. Praktis bukan !

Dibalik semua kepraktisan dispenser, perlu kita waspadai bahaya yang dapat ditimbulkan alat ini terutama dispenser yang besar ( bukan portable ). Kejadian yang menimpa rekan kerja saya mungkin dapat dijadikan contoh. Saat hendak menyeduh kopi, rekan saya kesetrum namun tidak sampai mengancam keselamatan jiwanya. Rupanya banyak air yang menggenangi lantai disekitar dispenser, air tersebut membasahi kabel listrik dispenser yang terkelupas di gerogoti tikus, memang kabel dispenser di kantor saya tergeletak dilantai karena jarak antara steker dispenser dengan stop kontak dekat sekali jadi kabelnya tergeletak begitu saja dilantai, dan ini luput dari perhatian saya. Beberapa tips berikut ini agar kita terhindar dari bahaya dalam penggunaan dispenser :

- Kalau jarak steker dispenser dengan stop kontak dekat, gulung kabel dispenserdan diselotip. Biarkan kabel dispenser tergantung tidak menyentuh lantai.

- Selalu perhatikan kran dispenser terutama kran air panas, Penggunaan dispenserdalam waktu yang lama membuat karet pengaman didalam kran memuai sehingga kran menjadi bocor. Ganti karet pengaman atau bisa diganti kran baru yang banyak dijual ditoko - toko.

- Air didalam galon jangan sampai kering, Elemen pemanas dispenser akan cepat rusak dan bisa menimbulkan kebakaran listrik bila ini terjadi. Gantilah galon sebelum air didalam tangki dispenser benar - benar kering. Putuskan arus listrik saat penggantian galon.

- Awasi buah hati Anda yang masih balita, jangan biarkan dia mengambil sendiri air minumnya.

Demikian tips - tips aman dalam penggunaan dispenser. Semoga bermanfaat !
tulisan saudara DIMAN di Kompasiana
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Yang Mengintai di Balik Dispenser"