Tips Memulai Bisnis Laundry

Saat ini bintang akan mencoba menjelaskan bagaimana memulai bisnis laundry. Saat ini bisnis semacam ini sedang booming dan banyak dicari orang. Apalagi mengingat kebutuhan orang modern sekarang ini yang sibuk akan aktivitas. Apalagi laundry adalah hal yang sangat dibutuhkan di perkotaan besar di indonesia.


Bisnis laundry dari jenis yang paling sederhana dikenal dengan cuci-setrika, biasanya di daerah kos-kosan. Sementara bentuk laundry yang modern di Indonesia dari dulu dikenal dengan istilah binatu. Atau lebih terkenal dengan istilah laundry & dry clean, dimana untuk dry clean pakaian dibersihkan pakai cairan kimia khusus yang bisa membersihkan dan merontokkan kotoran di pakaian tanpa di cuci secara biasa. Sedangkan untuk laundry pakaian dicuci menggunakan mesin cuci.

Bisnis laundry yang akan kita bahas adalah untuk kalangan menengah. Untuk yang lebih khusus lagi, saya sarankan untuk memulai dari yang termudah dulu. Jika sudah sukses anda bisa mengembangkan untuk kalangan yang lebih khusus. Mari kita bahas yang dibutuhkan dan apa yang diperlukan dalam memulai bisnis laundry.

Mesin
  • mesin cuci baju kapasitas besar/ industri,
  • mesin pengering baju kapasitas besar,
  • mesin setrika press besar (setrika otomatis)
  • setrika tangan

Jika dana sedikit mesin press bisa digantikan dengan setrika biasa, tapi tentu harus bekerja keras karena ini dilakukan secara manual. Dan jika jumlah cucian semakin banyak segeralah berganti ke mesin setrika press besar . Selain itu mesin cuci punya spesifikasi, tergantung dari jumlah kilogram yang ingin dicuci apakah 10 kg, 20 kg, 30 kg, dan seterusnya, begitu juga dengan mesin pengering. Untuk mesin-mesin kelas industri keluaran Jerman memiliki kualitas terbaik, tapi harganya jauh lebih mahal dibandingkan mesin keluaran Jepang.

Di beberapa laundry modern, biasanya menggunakan mesin penyaring air sebelum digunakan atau mesin daur ulang air. Beberapa laundry modern yang lebih mewah dan mahal bisa menggunakan air minum mineral untuk mencuci pakaian pelanggan. Namun Untuk memulai usaha jenis rumahan, Anda bisa memakai mesin rumahan, tetapi daya tampung cucinya kurang besar.

Biasa Operasional

Ini adalah biaya yang umumnya anda harus keluarkan dalam menjalankan bisnis laundry, tentu saja ini bergantung dengan situasi dan kondisi yang anda alami. Tapi yang pasti anda memerlukan hal semacam….
  • air,
  • bahan kimia untuk dry-clean,
  • biaya sewa tempat deterjen dan pelunak cucian,

Pekerja

Untuk memulai bisnis ini anda dapat melakukan sendirian jika jumlah cucian laundry tidak terlalu banyak. Tapi jika sudah berkembang alangkah baiknya anda memperkejakan orang terutama untuk posisi sebagai berikut:
  • 1 orang pekerja di tempat penerima cucian
  • 2 orang pekerja di tempat pencucian
  • 1 orang untuk mencuci
  • 1 orang lagi untuk setrika pakaian.

Attention Please!!!

Berbisnis laundry mengandalkan kuantitas yang besar, karena keuntungan per potong dari sisi nominal tak terlalu besar. Jadi anda harus mampu membuat pelayanan pelanggan dengan baik sehinggak mereka mau kembali. Yup!! Selamat berbisnis…

http://blogbintang.com

sponsor artikel

0 comments: