loading...

Jangan Gegabah Gunakan WiFi

loading...


Hingga saat ini, akses internet nirkabel/WiFi telah digunakan oleh lebih dari 700 juta orang di seluruh dunia.

Berdasarkan temuan global research project yang dilansir oleh Online Security Brand Tracker yang disampaikan oleh InSites Consulting (April-May 2011) dan analisis dari United Consultants, hampir separuh dari pengguna internet dunia menggunakan koneksi nirkabel. Notebook menjadi perangkat yang paling populer (41%), diikuti oleh netbook (3%), smartphones (2%), dan komputer tablet (1%).

Saat orang-orang berada di Airport seringkali mereka akan meluangkan waktu sementara menunggu jadwal penerbangan, dengan mengakses WiFi menggunakan laptop meski sekedar melihat dan membalas beberapa e-mail.

“Apa yang tidak diketahui pengguna WiFi adalah resiko keamanan dari data terutama yang terkait dengan lalu lintas data yang terjadi saat memulai akses. Login credentials dan lalu lintas yang terjadi di dalam network akan terendus bahkan sebelum sebuah e-mail terkirim melalui koneksi Wi-Fi hotspot, begitulah umumnya modus pencurian data di dalam jaringan, tanpa terdeteksi,” jelas Cameron Camp (Malware Researcher ESET).

Oleh karena itu, pengguna hotspot diwajibkan untuk meningkatkan kewaspadaan saat berada di dalam jaringan hotspot yang tidak aman, terutama akses yang tidak membutuhkan password.

“Masalah bisa terjadi dari teknologi proxy, yang mampu meng-intercept komunikasi WiFi, menangkap, meng-copy dan menyimpan copy data di komputer pelaku yang berada di jaringan lokal untuk kemudian mengirimkannya melalui jaringan WiFi yang sebenarnya. Gejala terjadinya scam bisa dirasakan dari melambatnya lalu lintas e-mail data anda. Tetapi karena jaringan ramai oleh lalu lintas semua pengguna dalam jaringan, maka akan sulit untuk mengetahui bahwa lalu lintas data kita dibajak oleh pelaku scam,” imbuh Camp.

Beberapa threat yang mengancam dalam menggunakan koneksi Wi-Fi gratis:

- Evil twin login interception: jaringan yang diset up oleh hacker untuk menyamar sebagai Wi-Fi hot spots yang resmi.

- 0-day OS/app attack attempts: serangan threat melalui exploit yang tidak dikenal.

- Sniffing: upaya intercept untuk mencapai baik software maupun hardware komputer dan melakukan log terhadap lalu lintas dalam sebuah jaringan.

- Data leakage (man-in-the-middle attack): Pelaku kejahatan dunia maya mampu memodifikasi lalu lintas jaringan dan membuat user tidak menyadari seakan-akan ia sedang melakukan transaksi dengan bank, padahal kenyataannya data yang dikirim oleh user terkirim ke komputer pelaku kejahatan tersebut.

http://www.infokomputer.com
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jangan Gegabah Gunakan WiFi"