loading...

Empat Cara Lolos dari Kesulitan Keuangan

loading...
Empat_Cara_Lolos_dari_Kesulitan_Keuangan

HARGA berbagai barang kebutuhan dan biaya hidup semakin tinggi dari waktu ke waktu. Jika tidak pandai mengatur keuangan, Anda bisa dengan mudah terpuruk dalam kesulitan finansial.

Alexandra Lebenthal, Presiden dan CEO Lebenthal & Co., sebuah lembaga penasihat keuangan di Wall Street, menulis sebuah novel berjudul 'The Recessionistas' yang diangkat berdasarkan kejadian nyata. Berikut ini adalah empat aturan keuangan berharga yang dapat dipetik dari bukunya:

Belajar otodidak
Salah satu hal mengagumkan di abad ini adalah kehadiran internet, yang memudahkan orang-orang mengakses dan memperlajari berbagai hal. Temukan situs-situs yang memiliki bagian investasi dan mengajarkan keuangan dasar, yang memungkinkan Anda mencari tahu hal-hal yang ingin dipelajari. Informasi yang diperoleh bisa Anda jadikan landasan untuk berbicara lebih jauh soal keuangan, dengan orang yang lebih paham mengenainya.

Penasihat keuangan
Temukan penasihat keuangan yang mampu membuat Anda merasa nyaman. Banyak perempuan merasa lebih suka berurusan dengan sesama perempuan, karena hal itu secara natural menimbulkan rasa nyaman.

''Perempuan senang berbicara, jadi Anda juga ingin bercakap-cakap tentang hal itu. Anda ingin bertanya dan mengatakan, 'Bagaimana pendapatmu tentang ini atau itu?' Aku rasa kadang ketika lelaki berurusan dengan perempuan, kau tidak mendapatkan tingkat dialog dan tingkat kenyamanan seperti itu,'' ujar Lebenthal.

Aksi dini
Jangan menunda-nunda untuk menabung dan berinvestasi. Sebaiknya, mulailah merencanakan masa depan keuangan Anda sejak dini. Selain tabungan dana pensiun, dana darurat merupakan jenis simpanan yang juga harus dimiliki.

Dana darurat adalah simpanan uang yang sewaktu-waktu dapat Anda pergunakan apabila menghadapi situasi darurat. Misalnya, saat mengalami kecelakaan, sakit, atau kehilangan pekerjaan. Dengan simpanan dana darurat, Anda tidak perlu menggunakan kartu kredit atau berutang untuk menutupi pengeluaran.

Sejumlah pakar keuangan menyarankan, seseorang sebaiknya memiliki simpanan dana darurat minimal enam kali gaji bulanan.

Membuat anggaran
Teliti dengan seksama anggaran keuangan Anda. Kemudian, tentukan berapa banyak uang yang bisa ditabung. Semakin dini Anda mulai menabung, semakin banyak waktu yang tersedia bagi dana tersebut untuk berlipat ganda.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Empat Cara Lolos dari Kesulitan Keuangan"