loading...

Tips Membuat Dapur di Rumah Mungil

loading...


Saat akan membangun rumah, dapur biasanya menjadi salah satu ruangan yang harus dipikirkan dengan baik penempatannya. Apalagi di rumah mungil yang tak banyak lahannya.


Sebenarnya, ruang untuk dapur tak selalu harus besar. Semua tergantung pada pengaturan yang cermat dan pemilihan perabot yang tepat, sehingga dapur dapat menjadi tempat yang nyaman saar melakukan kegiatan memasak.


Dulu orang beranggapan, dapur sebagai tempat memasak pasti akan kotor dan tak rapi. Tapi anggapan itu saat ini tak berlaku lagi, apalagi dalam merancang sebuah rumah, dapur justru mendapatkan perhatian khusus.


Pada umumnya, di rumah yang ukurannya tidak terlalu besar, dapur juga sekaligus berfungsi sebagai ruang makan. Untuk membuat dapur Anda tak perlu harus menggunakan bahan-bahan mahal, yang penting fungsi dan pemanfaatannya semaksimal mungkin. Jangan lupa pula, untuk mempertimbangkan kemudahan penggunaannya.




Dapur yang baik adalah dapur yang dapat menampung semua kegiatan pengolahan makanan, seperti memotong, mencuci dan memasak. Sehingga Anda dapat melakukan berbagai pekerjaan, tanpa harus bergerak terlalu jauh. Artinya, Anda harus benar-benar menggunakan peralatan yang tepat, menghitung seberapa besar ruang gerak yang diperlukan.




Pertimbangkan pula tempat penyimpanan, baik bahan makanan maupun piranti makan dan perabotan memasak serta faktor kenyamanannya.Faktor mendasar lain yang harus diperhatikan, adalah:





  • Manfaatkan ruang se-efektif dan semaksimal mungkin, sehingga tak ada ruang yang terbuang sia-sia.

  • Tempatkan barang atau peralatan dapur yang sering dipakai pada tempat yang mudah terjangkau. Selain menghemat waktu, tenaga juga tak terbuang untuk mencari-cari.

  • Pastikan dapur Anda memiliki udara dan jendela agar pertukaran udara lancar, begitu juga sinar matahari. Perhatikan pula saluran air dan pembuangan sampah, sehingga kebersihan dan kesehatannya terjamin.

  • Untuk memberi kesan luas, perhatikan pula warna dan tata lampu sehingga terkesan luas.- Tempatkan lemari gantung di dinding dan beri sejumlah rak yang dapat membuat peralatan makan tersimpan dan tertata rapi.
  • Bagian bawah kompor gas, meja cuci dan tempat cuci (sink), bisa dibuat lemari untuk menaruh peralatan masak yang lebih besar.
Lengkapi dengan beberapa laci, untuk menaruh pisau, sendok-garpu dan pernak-pernik lainnya.- Gunakan kompor dengan sistem tanam atau oven yang menempel di bawahnya, untuk menyiasati ruang. (YSM)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Membuat Dapur di Rumah Mungil"