loading...

Menata Koleksi Buku di Ruang Sempit

loading...

"A room without books is like a body without a soul," itulah yang dikatakan Cicero, seorang orator dan penulis prosa terkenal di abad 43 Sebelum Masehi, mengenai rumah yang tak terlihat adanya tumpukan buku yang menghiasi sudut ruangannya.

Deretan koleksi buku-buku yang telah dan akan Anda baca, tak hanya akan menambah wawasan dan pengetahuan semata, tapi juga menambah 'jiwa' dan kesan intelektualitas yang menjadi cermin si pemilik rumah.

Tapi bagaimana bila ruangan Anda terlalu sempit untuk menyimpan timbunan buku tersebut? Apalagi, sebagai sebuah benda yang rapuh termakan waktu, penyimpanannya pun tak boleh sembarangan.

Rasanya rumah mungil Anda tak memungkinkan untuk membuat ruangan khusus, seperti perpustakaan atau sekedar sebuah lemari buku yang cukup besar menampung buku-buku tersebut.

Sebenarnya Anda tak perlu pusing, sebab dengan berbagai siasat, koleksi buku Anda tetap dapat menghiasi rumah tanpa harus membuat ruangan terlihat semakin sempit. Caranya?

Memanfaatkan Setiap Sudut

Coba telusuri rumah Anda untuk mencari celah yang bisa dipergunakan. Di bawah tangga, garasi yang tak terpakai, dinding bagian atas dan salah satu sudut ruang keluarga, merupakan beberapa contoh yang bisa Anda manfaatkan untuk meletakkan rak buku. Semua sudut tak terpakai di rumah Anda, bisa disulap sebagai tempat penyimpanan buku.

Menggunakan Rak

Buku juga tak kalah rapi bila disimpan dalam rak, Anda bisa menggunakan rak gantung, rak tanam maupun rak sebagai penyekat ruang sebagai alternatif.

  • Rak gantung adalah rak yang menempel pada dinding dan tak punya kaki. Rak seperti ini biasanya lebih ringan, sehingga tidak membuat ruang terasa penuh. Karena tak punya kaki, maka bagian bawah rak bisa ditempatkan perabotan lain, seperti sofa atau meja.
  • Rak tanam adalah rak yang ditanam ke dalam dinding. Karena masuk ke dalam dinding, luas ruangan menjadi tidak berkurang. Sebelum membuat rak tanam, pikirkan dulu, buku apa yang akan dimuat di dalamnya, sebab rak tanam sifatnya permanen dan sulit diubah-ubah ukurannya.
  • Rak buku juga bisa menjadi menyekat antarruang. Pada rumah-rumah berukuran kecil, biasanya antara ruang tamu dan ruang keluarga dipisahkan oleh sekat. Nah, gunakan saja rak buku sebagai sekatnya.


Jika ruangan Anda sempit, perhatikanlah komposisi warna dari rak-rak yang tertata dalam rumah. Warna yang sangat kontras antara meja, kursi atau rak, dapat menimbulkan kesan berantakan. Apalagi kalau corak atau bentuknya berbeda- beda

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menata Koleksi Buku di Ruang Sempit"