loading...

CARA MEMBERSIHKAN DINDING LAMA UNTUK PROSES PENGECATAN BARU


Proses pengecatan tembok seharusnya dimulai dengan mengupas lapisan cat lama terlebih dahulu. Tujuannya supaya lapisan cat baru tersebut bisa langsung menempel di permukaan tembok sehingga dapat melekat kuat. Hal ini berarti Anda wajib membersihkan lapisan cat dinding lama dari permukaan tembok sebelum melakukan proses pengecatan. Sayangnya ini bukan pekerjaan yang mudah.

Masalah yang kerap terjadi adalah masih banyak lapisan cat lama yang tidak terkelupas karena susah dibersihkan. Padahal Anda sudah berusaha membersihkannya dengan berbagai metode, namun lapisan cat lama tadi tetap tidak mau hilang. Akibatnya lapisan cat baru yang coba Anda aplikasikan ke permukaan tembok tersebut pun tidak bisa menempel dengan baik. Hasilnya ialah proses pengecatan yang Anda lakukan tidak berbuah optimal.

Masalah lain yang juga dapat menimpa permukaan tembok lama yaitu daya lekatnya sudah tak terlalu kuat. Daya lekat permukaan tembok tadi terlalu lemah karena sudah mengalami proses pengapuran. Adanya lapisan kapur tipis di bagian permukaan tembok yang menyebabkan cat baru tidak bisa menempel dengan kuat. Sebisa mungkin Anda wajib membersihkan permukaan tembok yang akan dicat dari kotoran-kotoran di permukaannya.

Beberapa upaya yang dapat dilakukan antara lain :

Gunakan Paint Remover

Ada produk khusus untuk membersihkan lapisan cat dinding bernama paint remover. Produk ini bisa Anda beli di toko bangunan terdekat dengan tingkat agresivitas yang berbeda-beda. Cara menggunakannya mirip seperti Anda mengecat dinding. Oleskan saja paint remover ini ke permukaan dinding secara merata memakai kuas. Setelah itu, Anda perlu menunggu sekitar 1-3 jam agar paint remover ini bekerja.

Langkah berikutnya Anda bisa membantu mengikis lapisan cat lama dari permukaan dinding menggunakan kape. Keroklah lapisan cat lama ini sampai benar-benar bersih. Kemudian Anda dapat membilas tembok dengan air untuk menghilangkan cairan paint remover yang masih menempel di dinding. Paint remover ini harus dibilas betul agar lapisan cat baru bisa melekat sempurna di permukaan dinding.

Thinner sebagai Alternatif

Apabila Anda kesulitan mendapatkan produk paint remover atau harganya terlalu mahal menurut Anda, maka sebagai gantinya cobalah gunakan thinner. Di sini Anda harus memakai thinner yang berkualitas bagus seperti epoxy atau ND supaya hasilnya pun memuaskan. Thinner epoxy dan thinner ND inilah yang menurut kami mempunyai daya agresivitas yang paling baik.

Thinner memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan paint remover. Di samping harganya lebih murah, kemampuannya dalam mengupas lapisan cat lama pun lebih baik. Anda tidak perlu menunggu waktu lagi. Sesaat setelah Anda mengaplikasikan thinner ini ke permukaan tembok, Anda bisa langsung mengeroknya. Namun thinner ini cepat mengering sehingga pengerjaan pengupasan cat lama harus segera dilakukan.

Bersihkan dengan Ampelas

Biasanya masih ada sisa-sisa lapisan cat lama yang menempel di dinding dan tidak bisa dihilangkan memakai paint remover atau thinner. Anda dapat menghilangkan lapisan cat lama tersebut menggunakan ampelas. Pakai ampelas kasar untuk menghapus sisa cat lama tadi sampai bersih. Pastikan sudah tidak ada sisa-sisa cat lama ya. Barulah kemudian Anda bisa menyapu dinding untuk menghilangkan debu yang menempel.

Setelah kondisi permukaan dinding benar-benar bersih, Anda bisa mengecatnya lagi menggunakan produk cat tembok yang baru. Prosesnya sama seperti pengecatan dinding saat pertama kali. Khusus untuk tembok yang sudah berkapur, daya rekat permukaannya yang lemah tidak bisa Anda perbaiki. Solusinya Anda bisa menerapkan cat dasar sebanyak dua lapis, di mana lapisan yang pertama memakai cat dasar yang cukup encer. Lalu pada pengecatan kedua memakai cat dasar biasa.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MEMBERSIHKAN DINDING LAMA UNTUK PROSES PENGECATAN BARU"