loading...

TIPS CARA STRATEGI INVESTASI PADA LAHAN KOSONG


Salah satu solusi alternatif untuk mendapatkan penghasilan yang cukup besar adalah investasi. Ada banyak produk yang dapat kita investasikan. Emas dan tanah misalnya. Khusus untuk investasi tanah, Anda bisa membeli lahan kosong berupa lahan tanpa bangunan di atasnya. Selang beberapa waktu kemudian setelah harganya naik, Anda bisa menjualnya kembali untuk memperoleh keuntungan yang sangat banyak.

Masyarakat Indonesia khususnya senang berinvestasi dengan tanah sebab harganya terus naik. Bahkan kenaikan harga tanah dari tahun ke tahun di beberapa daerah sudah tidak masuk akal lagi karena mencapai lebih dari 500 persen. Salah satu faktor penyebabnya ialah pertumbuhan ekonomi di sektor properti yang terus mengalami peningkatan. Hal ini juga mengakibatkan jumlah lahan kosong semakin langka. Karena persediaan yang ada tidak mampu memenuhi permintaan yang kiat meningkat, maka harganya pun melejit.

Tetapi faktanya adalah berinvestasi lahan kosong itu tidak semudah teori yang dipaparkan oleh pakar bisnis. Kenyataannya Anda harus berjuang keras untuk bisa memilih tanah yang ideal buat diinvestasikan, lalu mencari pembeli yang benar-benar tertarik untuk mendapatkannya. Jika Anda tidak jeli dalam membuat strategi investasi ini, bukan tidak mungkin justru Anda sendiri yang akan mengalami kerugian. Lantas, Anda pun terpaksa harus menjual tanah tadi dengan harga murah untuk menutupi kerugian yang timbul.

Tanah harus Free, Clean, dan Clear

Pada saat Anda hendak membeli lahan kosong yang akan dibuat menjadi investasi, Anda harus memperhatikan legalitasnya baik-baik. Idealnya lahan kosong harus berstatus free, clean, dan clear. Free artinya lahan bebas dari sengketa dan memiliki sertifikat resmi yang menunjukkan siapa pemilik aslinya. Kemudian clean berarti lahan tersebut tidak dihuni atau digunakan oleh siapa saja, termasuk orang-orang yang tidak berhak. Sedangkan clear artinya ukuran dan batas-batas lahan tadi tepat sesuai dengan keterangan pada sertifikatnya.

Segera Amankan Lahan yang Dibeli

Marak terjadinya kasus penyerobotan lahan-lahan tak terpakai di Indonesia oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Jangan biarkan kasus semacam ini menimpa lahan milik Anda. Walaupun Anda pasti menang saat menuntut kembali hak atas tanah tersebut, tetapi proses pengurusannya sangat rumit. Jadi ada baiknya setelah Anda membayar harga tanah tadi secara lunas, segera pasang pagar permanen yang mengelilinginya. Pagar ini sangat efektif untuk mencegah aksi penyerobotan oleh pihak lain.

Beli Lahan di Kawasan Prospektif

Sebaiknya Anda ke sampingkan dulu soal lahan kosong yang harganya murah. Kalau ingin mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal, pilihlah lahan kosong di kawasan prospektif. Contohnya di pinggir jalan raya, pusat kota, atau posisi hook. Kelebihan dari lahan yang berada di lokasi ideal semacam ini yaitu Anda bisa menyewakannya. Anda cukup membuat bangunan ruko yang menarik di atasnya sehingga bakal ada penyewa yang berminat. Adanya ruko tadi juga sekaligus berguna untuk meningkatkan nilai jual lahan nantinya.

Pertimbangkan Lahan di Pinggir Jalan

Lahan yang berada di tepi jalan raya mempunyai nilai yang jauh lebih baik daripada lahan di dalam perkampungan. Peminat lahan seperti ini juga jauh lebih banyak. Tanah yang berlokasi di tempat yang strategis bisa jadi terletak di persimpangan jalan antara jalan-jalan utama di sebuah kota. Kebanyakan kawasan pusat kota berawal dari lokasi di persimpangan jalan raya. Alternatif lainnya ialah lahan yang ada di jalan penghubung tanah di dalam kota dengan tanah di luar batas kota. Lokasi ini juga cukup prospektif.

Periksa Peruntukan Tanah dengan Tepat

Peruntukan dari sebidang lahan kosong harus sesuai dengan perencanaan tata kota di wilayah tersebut. Jadi sebelum membeli lahan, Anda harus mengetahui optimalisasi pemanfaatan pemakaian tanah terlebih dahulu. Ada baiknya Anda membeli lahan kosong di kawasan yang di dekatnya akan dibangun fasilitas umum oleh pemerintah setempat. Adanya fasilitas umum ini akan menambah nilai jual lokasi lahan di kawasan tersebut nanti. Maka secara otomatis, nilai lahan milik Anda pun akan ikut terkerek naik.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS CARA STRATEGI INVESTASI PADA LAHAN KOSONG"