loading...

TIPS MENGHILANGKAN JAMUR YANG MELEKAT PADA JAKET KULIT

Seperti banyak orang ketahui, jaket kulit terbuat dari kulit binatang yang dikeringkan lalu diolah menjadi pakaian. Jika jaket berada di tempat yang lembab terlalu lama, mungkin jamur akan tumbuh dipermukaannya. Jamur bisa tumbuh karena mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dari kulit tersebut.

Jamur akan mengeluarkan bau apek dan meninggalkan noda putih. Jika tidak segela dihilangkan, lama kelamaan akan merusak jaket. Perlu sedikit perlakuan khusus untuk mencuci dan menghilangkan jamur tersebut. berikut tutorial lengkap cara membersihkan jamur pada jaket kulit!

TIPS MENGHILANGKAN JAMUR YANG MELEKAT PADA JAKET KULIT

Langkah-langkah yang dilakukan kurang lebih mirip dengan cara menghilangkan jamur di pakaian yang telah dibahas di artikel sebelumnya. Tapi yang pasti serat kain berbeda dengan kulit asli, so jaket kulit butuh perlakuan lebih spesial.

Persiapan  Menghilangkan Jamur pada Jaket Kulit:
  • Sikat lembut, Alternatif lain Spoon cuci piring
  • Lotion kulit / Pengkilap Montor / Alkohol / Cuka / Minyak goreng / Baby Oil (Pilih salah satu yang tersedia di tempat anda)
  • Jaket dalam keadaan kering, kalau basah jemur dulu
  • Langkah Membersihkan Jaket Kulit
  • Gantung jaket kulit di luar ruangan
  • Dimaksudkan agar spora jamur tidak masuk dalam ruangan dan tumbuh lagi di pakaian lainnya. Jika anda punya alergi, gunakan masker penutup agar spora tidak terhirup.
  • Gosok pelan pelan bagian yang ditumbuhi jamur dengan sikat lembut. Jangan terlalu kasar agar permukaan tidak rusak. Kalau menggunakan spoon cuci piring, gunakan sisi hijau yang kasar.

baca juga

Jika ada bagian yang susah hilang, jangan dipaksakan. Intinya jangan sampai permukaan jaket kulit rusak.

  • Setelah penggosokan, bagian batang jamur akan hilang dan akan menyisakan bagian akar yang sudah terlanjur masuk dalam permukaan kulit jaket.
  • Dari semua cairan yang disebutkan di atas, saya menyarankan memakai pengkilap montor. Semprotkan pada bekas tumbuh jamur. Gosok lagi dengan sikat lembut, permukaan jamur yang sulit pun bisa teratasi. Setelah itu akar jamur akan mati.
  • Terakhir tinggal jemur jaket lalu angin-anginkan. Hal ini dilakukan agar sisa spora yang menempel pada jaket kulit terbang menghilang. 
  • Jika ada goresan atau permukaan yang sedikit rusak, gunakan baby oil dan pelembab lainnya.
  • Jika warna memudar gunakan semir dengan warna senada untuk menyamarkannya.

Untuk membersihkan jamur dari bahan kulit sintetis biasanya lebih mudah karena bahan tidak sesensitif jaket kulit asli. Nah, setelah melakukan langkah menghilangkan jamur di atas maka jaket kulit sudah bisa dipakai kembali. Agar jamur tidak berkunjung kembali, alangkah baiknya selalu rawat dan jaga selalu jaket kesayangan anda.

Jika mengetahui adanya jamur yang ditandai dengan bercak putih, segeralah lakukan langkah langkah cara menghilangkan jamur pada jaket kulit secepatnya. Lebih cepat lebih mudah hilangnya!

Mencegah Munculnya Jamur pada Jaket Kulit

Kebanyakan jamur muncul jika jaket kulit anda dalam keadaan lembab. Bisa terjadi karena kehujanan ataupun karena keringat anda sendiri. Jika jaket anda basah, segera lap, gantung dan angin-anginkan. Lebih baik tidak di jemur di sinar matahari langsung, agar tidak mudah retak retak.

Selalu hindari terkena hujan secara langsung, lebih baik berteduh jika turun hujan deras. Jaket kulit itu cukup tebal dan membutuhkan waktu lama untuk kering. Ditambah musim hujan dengan kelembabab tinggi maka tidak heran jamur bisa tumbuh dengan cepat dalam waktu semalam saja.

Jangan simpan jaket kulit dalam lemari terlalu lama. Keadaan lemari yang gelap dan lembab, bisa menjadi salah satu faktor munculnya jamur. Gunakan jaket sesekali jika anda bepergian.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS MENGHILANGKAN JAMUR YANG MELEKAT PADA JAKET KULIT"