loading...

CARA ALAMI MEMBERSIHKAN SUMUR MENGGUNAKAN TAWAS

Salah satu cara menjernihkan air sumur secara alami adalah dengan menggunakan tawas. Menurut wikipedia, Tawas (Alum) adalah kelompok garam rangkap berhidrat berupa kristal dan bersifat isomorf. Kristal tawas ini cukup mudah larut dalam air, dan kelarutannya berbeda-beda tergantung pada jenis logam dan suhu.


Secara penampakan tawas itu sangat mirip dengan gula pasir putih, di pasar kebanyakan orang menjajakan tawas dalam bentuk pasir tapi terkadang ada juga yang masih bongkahan. Walaupun berwarna putih tapi saat bercampur dengan air, si tawas ini tidak mengubah warna. Kita dapat menemukan tawas di toko bangunan dan juga toko kimia terdekat dengan harga sekitar 3000 ribuan per kilo.

baca juga :

Kenapa Tawas dapat Menjernihkan Air SumurKekeruhan air bisa dihilangkan dengan penambahan bahan kimia yang termasuk dalam kategori koagulan. Prinsip penjernihan air itu ialah dengan menggunakan stabilitas partikel bahan pencemar yang berbentu koloid. Di pasaran bahan seperti Aluminium Sulfat [Al2(SO4)3.18H2O] adalah yang sering disebut tawas. Tawas sudah terkenal sebagai flocculator dan koagulan yang terbukti sangat efektif untuk mengendapkan partikel yang melayang dalam air baik itu dalam bentuk koloid ataupun suspensi.

Cara Menjernihkan Air Sumur dengan Tawas
Hal yang perlu diperhatikan saat ingin menggunakan tawas sebagai penjernih air adalah takarannya.
  • Untuk Air tidak terlalu keruh, tidak berlumpur
  • Cukup 3-5 sendok makan full untuk 1000 liter air dalam sumur
  • Untuk Air yang keruh dan sedikit berlumpur
  • Cukup 5-8 sendok makan full untuk 1000 liter air dalam sumur
  • Jika masih membandel dan tidak jernih-jernih maka berikan dosis yang lebih besar. Asal jangan langsung sekarung, lakukan penambahan dosis bertahap saja.Tata cara menggunakan tawas untuk menjernihkan air sumur adalah dengan mencampurkan tawas dengan sedikit air (+- 5 liter). Jika anda memakai tawas bongkahan, terlebih dahulu hancurkan menjadi lebih lembut. Aduk aduk terus, pastikan tawas sudah larut dalam air.
  • Selanjutnya masukkan larutan campuran tawas dengan air ke dalam sumur, tunggu sekitar 6 jam. Tawas perlu waktu untuk mengikat kotoran dalam air sumur, lebih baik memasukkan tawas pada sore hari, sehingga esok paginya sudah beres.
baca juga 

Sumur aneh di Desa Estonia Tuhala

Setelah melakukan cara menjernihkan air sumur dengan tawas maka sumur sudah kembali jernih dan tidak berbau. Sayangnya cara ini sebenarnya kurang efektif karena anda belum menghilangkan sumber dari air keruh, sangat disarankan untuk menguras sumur dan menghilangkan lumut lumut di dinding sumur yang dekat dengan air.

Hal yang perlu diperhatikan dalam menjernihkan Air Sumur dengan Tawas

  • tawas hanya bisa menjernihkan air bukan mengubah rasa air. Sehingga air sumur yang asin dan berminyak tidak bisa teratasi
  • takaran tawas di atas hanyalah contoh, tapi dilapangan bisa berbeda tergantung tingkat pencemaran di air
  • alternatif dari tawas adalah mengunakan kapur gamping

Cara Menjaga Air Sumur Tetap Jernih
Langkah selanjutnya bisa anda lakukan adalah menjaga agar air tetap jernih sehingga tidak cepat keruh. Sama dengan cara menjernihkan, kita masih akan menggunakan bahan yang mudah kita dapatkan di sekitar.

Arang Tempurung Kelapa
Dalam arang terdapat kandungan karbon aktif yang dapat menjaga air tetap fresh sehingga lebih jernih. Dipilih batok kelapa karena arangnya lebih bagus, lebih kuat dan lebih banyak karbon aktif. Tapi jika anda kesulitan mencari bahannya, bisa menggunakan arang dari kayu.

Caranya adalah bungkus arang tempurung kelapa dengan kain, lalu ikatkan ujung ikatan dengan tali panjang. Selanjutkan turunkan arang sampai dasar sumur, jangan lepaskan tali anda. Tali nantinya masih digunakan untuk mengangkat arang kelapa ke atas. Ganti arang setiap kurang lebih 3/4 bulan

Ijuk
Ijuk terbuat dari serat pepohonan yang juga dapat membantu menjernihkan air, caranya cukup buatlah ikatan ijuk dan berikan pemberat (batu/ bata). Berikan tali untuk menurunkan ijuk ke dasar sumur, gantilah ijuk setiap 3/4 bulan
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA ALAMI MEMBERSIHKAN SUMUR MENGGUNAKAN TAWAS"