loading...

Cara Tradisional Mengobati Asam Urat

loading...
http://danahauses.blogspot.com/2016/12/cara-tradisional-mengobati-asam-urat.html

Dulu penyakit asam urat umumnya diderita oleh mereka yang berusia lanjut dan juga wanita yang sudah menoupause. Namun saat ini penyakit asam urat mudah menyerang mereka yang masih berumur 30’an. Penyebabnya utamanya adalah karena mengikuti pola hidup yang tidak sehat. Baik karena konsumsi makanan yang salah, dan juga kurangnya olahraga.



Asam urat merupakan penyakit dari sisa metabolisme zat purin yang berupa kristal dan menumpuk di persendian tulang. Purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam bahan makanan yang berasal dari makhuk hidup atau sumber makanan hewani, namun baru-baru ini purin juga terdapat dalam sayur dan buah-buahan. Dalam tubuh kita juga terdapat purin yang dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu. Inilah yang menjadi alasan mengapa asam urat umumnya menyerang pada usia lanjut. Karena pada usia lanjut, sangat rentan terajadi kerusakan sel karena faktor penyakit.

Gejala Penyakit  Asam Urat


Dalam tubuh, purin diolah menjadi asam urat. Apabila asam urat berlebih akan mengakibatkan ginjal tidak mampu mengeluarkan sehingga terbentuklah kristal asam urat yang menumpuk di persendian. Akibatnya sendi meradang dan bengkak yang akhirnya menyebabkan rasa nyeri yang tak tertahankan. Rasa nyeri biasanya terasa saat bangun tidur atau pada malam hari.

Daerah yang diserang biasanya pergelangan tangan dan siku, sendi jari kaki, jari tangan, lutut, tumit dan dengkul. Agar lebih yakin apakah kita menderita asam urat atau tidak maka perlu diadakan pemerikasaan di laboratorium. Kadar asam urat normal pada pria berkisar 3,5 – 7 mg/dl dan pada wanita 2,6 – 6 mg/dl. Kadar asam urat yang berlebih dapat menimbulan batu ginjal.

Penyebab Penyakit Asam Urat

Kita perlu mengetahui makanan-makanan yang justru berdampak buruk dan malah menimbulkan penyakit asam urat. Pantangan Asam Urat dari bentuk makanan tersebut adalah:

  • Makanan yang kaya akan kandungan lemak
  • Kacang-kacangan: kacang tanah, kacang hijau, tauge, emping melinjo dan kacang kedelai beserta olahannya yaitu tempe, susu kedelai.
  • Sayuran: bayam, asparagus, jamur kuping, kangkung, daun singkong, sayur nangka, kangkung, daun pepaya
  • Seafood: udang, cumi-cumi, kerang, kepiting, ikan sarden, ikan teri
  • Jeroan: babat, usus, paru, hati, otak
  • Bebek, angsa, dan kalkun
  • Makanan yang sudah dikalengkan: kornet sapi, sarden
  • Ekstrak daging seperti abon dan dendeng
  • Daging kambing, daging sapi, daging kuda

Cara mengatasi asam urat dapat dilakukan dengan dua acara yaitu dengan pola konsumsi / pola hidup dan dengan obat. Untuk terbebas atau minimal mengurangi kambuhnya penyakit asam urat, perlu di awali dengan perbaikan gaya hidup terlebih dalam pola pengaturan makanan. Jika kita tahu bahwa penyebab asam urat adalah dikarenakan masalah gaya hidup, maka kita perlu untuk memperbaiki gaya hidup kita agar terhindar dari resiko kambuhnya asam urat. Berikut ini tips gaya hidup yang bisa kita lakukan untuk terhindar dari asam urat:

  • Makan makanan yang disarankan, Anda perlu mengetahui makanan apa saja yang memiliki kandungan yang baik untuk mencegah asam urat. Makan berikut perlu Anda konsumsi dalam menu harian Anda.
  • Konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi.
  • Makanan yang mengandung potasium tinggi seperti tomat, kentang, pisang.
  • Buah yang mengandung vitamin C.
  • Jagalah berat badan agar tetap ideal, Pada orang yang menderita kegemukan (obesitas) biasanya asam urat naik karena kurang berolahraga, dan pengeluaran sedikit. Jadi yang harus dilakukan adalah melakukan olahraga yang cukup sehingga berat badan ideal kembali.
  • Selain berolahraga, segala asupan energi disesuaikan dengan kebutuhan tubuh, berat badan dan tinggi badan.
  • Kurangi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti permen, gulali dan sirup.
  • Gaya hidup harus seimbang, jaga kesehatan fisik dengan bekerja secara proporsional. Jangan kita paksa tubuh kita untuk bekerja terlalu keras tanpa diimbangi dengan istirahat cukup.
  • Kita juga perlu konsumsi makanan penunjang yang aman dimakan seperti nasi, daging ayam, telur, keju, susu.
  • Selain itu kita perlu banyak minum air putih, karena air putih dapat membantu pengeluaran zat purin penyebab asam urat dari dalam tubuh.
baca juga


Bagi yang ingin mengobati asam urat dengan pengobatan tradisional, ada 5 bahan tradisional yang bisa dijadikan ramuan alami herbal untuk mengobati asam urat. Tidak ada salahnya Anda untuk mencoba salah satu resep dibawah ini:

Jahe

Anda bisa mendapatkan jahe dengan mudah. Siapkan dua buah jahe sebesar ibu jari dan digeprak sedikit. Selanjutnya, Rebus dengan 1 gelas air. Kemudian, Tunggu sampai dingin dan campur dengan sedikit madu untuk menambah manis alami. Minum ramuan ini setiap hari.

Cengkeh

Ramuan ini bukan untuk diminum, tetapi sebagai obat oles luar pada bagian tubuh yang terasa nyeri. Caranya, tumbuklah campuran cengkeh dan jahe dengan perbandingan 1 : 1 hingga halus. Kemudian oleskan tumbukan tersebut ke bagian yang terasa nyeri. Sebelumnya Anda perlu memastikan bahwa nyeri yang di rasa adalah karena asam urat dan bukan sakit lainnya.

Kulit Manggis

Yang dibutuhkan adalah kulitnya, dan untuk buahnya bisa Anda makan. Kulit manggis diiris kecil-kecil dan dijemur kering terlebih dahulu. Setelah itu hasil irisan yang sudah dijemur tersebut Anda seduh dengan air panas, layaknya membuat teh. Tunggu sampai air berubah warna baru Anda minum. Minumlah ramuan tersebut setiap hari minimal sekali sehari.

Daun Salam

Anda membutuhkan 5 lembar daun salam. Rebus 5 lembar daun salam dengan 2 gelas, tunggu sampai air menyusut menjadi 1 gelas. Sesudah dingin, Anda bisa meminumnya. Konsumsi ramuan tersebut setiap pagi sampai sakit asam urat tidak datang kembali. Rauan tersebut juga bisa diminum di saat tidak sedang mengalami asam urat. Untuk perawatan minum ramuan ini dua hari sekali.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Tradisional Mengobati Asam Urat"