loading...

TIPS CARA MEMELIHARA TANAMAN ANGGUR

loading...

Penjarangan dan Penyulaman
Di dalam penjarangan buah anggur adalah hal yang perlu diperhatikan secara serius Karen nantinya merupakan hal yang akan sangat mempengaruhi kualitas buah yang akan dihasilkan. Jika tidak dilakukan penjarangan buah anggur dalam budidaya tanaman anggur maka akan merusak perkembangan buah anggur itu sendiri dan juga akan menurunkan kualitas dari buah. Buah yang perlu dibuang adalah buah yang : Memiliki bertangkai panjang,  Tidak sempurna bentuknya, Buah yang terbentuk tanpa adanya persarian, Buah yang ada di sebelah dalam;

Tahap penjarangan dilakukan saat umur satu bulan setelah pembungaan dan penjarangan kedua saat buah masih pentil, tahap kedua ini dilakukan dua minggu setelah tahap satu dan buah sebesar biji jagung. Jangan lupa dilakukan pembrongsongan (pembungkusan) buah. Kapan pembungkusan dilakuikan? Pembungkusan dilakukan dalam satu dompol buah sudah ada dua atau tiga buah yang masak dengan kertas semen ataupun koran.

Terus kapan penyulaman dilakukan? Penyulaman hanya dilakukan bila terdapat tanaman yang tidak sehat/ matiyang dilakukan secara rutin bersamaan saat penyiraman karena anggur perlu perhatian berkelanjutan.

Penyiangan
Kapan dilakukan penyiangan? Penyiangan tanaman buah anggur dilakukan jika terdapat tanaman pengganggu.

Perempalan
Perempalan di sini terdiri perempalan bentuk pada anggur dan untuk pembuahan.
Perempalan bentuk pada anggur dilakukan saat tanam sampai dengan berumur 1 tahun. Tujuan perempalan ini adalah untuk mendapat pertumbuhan yang baik. Caranya yaitu dengan membuang tunas-tunas yang tidak perlu dan membiarkan satu tunas yang baik sebagai batang pokok.

Perempalan untuk pembuahan dilakukan setelah perempalan bentuk yaitu saat anggur berumur 1 tahun. Tips dalam perempalan ini dilakukan yaitu periksalah dahulu dengan memotong ujung salah satu cabang, bila meneteskan air perempalan dilaksanakan, namun jika tidak meneteskan air harus ditunda. Perempalan dilakukan dengan memotong ranting-ranting, dengan meninggalkan 2-4 mata tunas dan semua daun dibuang sehingga tanaman jadi gundul. 

Pelaksanaan dalam 1 tahun dilakukan 3 kali:
  • Tahap Pertama yaitu Bulan Maret - April (90-110 hari)
  • Tahap Kedua yaitu Bulan Juli - Agustus (90-110 hari)
  • Tahap Ketiga yaitu Bulan Nopember - Desember, tahap ini sering gagal
Perempalan antara bulan November-Desember, tidak memperoleh hasil. Tujuannya hanya untuk memelihara kesuburan tanaman sampai musim hujan berakhir dan tanaman tidak rusak.


Pemupukan
Ada dua masa pemupukan tanaman anggur yang dilakukan yaitu:

a) Pemupukan saat umur 0 - 1 tahun yang terbagi menjadi
  • Umur 0-3 bulan, 10 gram urea, interval 10 hari
  • Umur 3-6 bulan, 15 gram urea, interval 15 hari
  • Umur 6-12 bulan, 50 gram urea
Cara pemberian dengan membuat larikan melingkar sekeliling tanaman diameter 10-20 cm kira-kira sedalam 5 cm.


b) Pemupukan tanaman umur 1 tahun - seterusnya
  • Umur 21 hari sebelum perempalan, 5 kaleng pupuk kandang
  • Umur 11 hari sebelum perempalan, 80 gram TSP/100 gram ZK
  • Umur 7 hari sebelum perempalan, 100 gram urea
Untuk pupuk kandang diberikan sekali dalam setahun, baru untuk tahun kedua dosisnya ditambah menjadi 10 kaleng. Pupuk buatan dinaikkan dosisnya urea 600 gram, TSP 300 gram, ZK 450 gram. Cara pemberian pupuk dengan pembuatan larikan sekitar tanaman dengan diameter kira-kira 1,5 M.


Penyiraman
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyiraman atau pengairan yaitu:
  • Tanaman anggur tidak tahan terhadap air yang tergenang
  • Tanaman anggur membutuhkan pengairan mulai tanam sampai pemangkasan.
  • Menjelang pemangkasan, 3-4 minggu sebelumnya pemberian air harus distop.
  • Setelah masa pemangkasan, 2-3 hari sebelumnya diberi air kembali sampai ujung ranting mengeluarkan air.
  • Pemberian dilakukan sampai buahnya hampir masak, setelah mulai tua pemberian air dihentikan. Tujuan penghentian penyiraman agar buah tidak pecah dan menjadi busuk.
Penyemprotan
Tujuan dari kegiatan penyemprotan insektisida adalah sebagai pencegahan terhadap hamapenganggu. Penyemprotan harus dihentikan 15 hari sebelum panen. Khusus untuk hama Phyiloxera Vitifolia digunakan insektisida Furadan 3G/Temik 1 OG.

Pengaturan Bunga 
Setelah 2 minggu pemangkasan pembuahan, cabang tersier yang baru tumbuh mengeluarkan sulur-sulur pembentukan bunga yang keluar dari mata ke 3, 4 dan 5. Jika ada cabang tersier yang tidak mengeluarkan sulur dapat diadakan pemotongan, caranya dengan meninggalkan 3 mata yang bertujuan untuk merangsang pertumbuhan sulur. Cabang tersier yang baru muncul disisakan satu sulur saja, supaya menghasilkan dompolan bunga yang besar dan buahnya bisa berkualitas baik. 
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS CARA MEMELIHARA TANAMAN ANGGUR"