loading...

PEWARNA ALAMI DARI BUNGA TELANG

Menyambung postingan tentang berbagai manfaat bunga telang selain dari pada untuk menyuburkan tau memperbaiki kualitas tanah, sebagai obat cacing dan untuk mempercepat pematangan bisul adalah juga dapat digunakan sebagai pewarna alami makanan.



Cara menggunakannya juga mudah yaitu dengan mengumpulkan beberapa kuntum bunga sesuai dengan kebutuhan lalu meremasnya dengan tangan atau menumbuknya sehingga keluar sari-sari warna birunya. 

Pewarna biru dari bunga Telang ini biasa digunakan untuk pewarna kue, puding, minuman dan aneka kuliner lainnya. Dengan warna birunya yang indah menjadikan penampilan makanan dan minuman itu tampak menarik sekali.

Apalagi penggunaan ekstrak bunga telang tidak mempengaruhi aroma atau cita rasa masakan. Sebab, ekstrak pewarna yang didapat dari mahkota bunga telang ini, hanya mengandung zat warna yang dikenal sebagai antosianin.

Tanaman bernama latin Clitoria ternatea ini sebenarnya bisa dengan mudah dijumpai di sekitar kita karena tanamannya yang mudah ditanam dan tumbuh secara masif. Tapi entah kenapa, saat ini cukup susah juga menjumpai keberadaan tanaman ini. 

Tanaman yang dikenal juga dengan nama global sebagai butterfly pea, blue pea, Cordofan pea dan Asian pigeonwings sangat dikenal di Malaysia. 

Ekstrak bunganya yang berwarna biru sering digunakan untuk memberikan warna pada kue ketan bernama Pulut Tai Tai. Di daerah Kelantan, negara bagian Malaysia, ada juga nasi putih yang diberi warna kembang telang dikenal dengan nama nasi kerabu. 

Untuk kuliner Burma dan Thailand, terkadang bunga telang dicelupkan ke dalam adonan tepung dan digoreng hingga kering sebagai camilan yang nikmat dan unik. 

Sedangkan di Thailand, ada minuman sirup berwarna biru yang terbuat dari ekstrak bunga telang bernama Nam Dok Anchan. Dengan beberapa tetes air jeruk nipis yang ditambahkan ke dalam minuman tersebut dapat merubah warnanya menjadi pink keunguan. 

Bunga Telang ini bisa digunakan sebagai pewarna alami dalam keadaan bunga segar atau kering. Di beberapa tempat ada yang menjualnya dalam kemasan plastik. 

Tetapi untuk hasil yang lebih optimal, sebaiknya gunakan bunga Telang yang segar dan baru dipetik dari tanamannya.
SUMBER : TIPSPETANI
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PEWARNA ALAMI DARI BUNGA TELANG"