loading...

PANDUAN MEMILIH POT UNTUK TANAMAN TABULAMPOT

PANDUAN MEMILIH POT UNTUK TANAMAN TABULAMPOT
Tabulampot biasanya difungsikan sebagai ornamen penghias halaman rumah. Oleh karena itu, tabulampot ini memerlukan pot yang layak untuk menunjang keindahan penampilannya. Nah, berikut ini ada beberapa tips dalam memilih pot untuk tabulampot.


Pilih Pot yang Dalam
Tabulampot merupakan tanaman tahunan yang mempunyai sistem perakaran yang dalam sehingga membutuhkan pot yang dalam juga. Oleh karena itu, sebaiknya kita tidak menggunakan pot ceper.


Pilih Pot dengan Bentuk Silinder
Pilih pot yang mempunyai bentuk silinder dan tidak terlalu menyempit ke bawah untuk memberikan ruang yang cukup untuk pertumbuhan akar. Jangan memilih pot yang mempunyai bibir terlalu melebar ke samping dan menyempit di bagian tengah.


Pot Mempunyai Lubang Drainase
Untuk mencegah air siraman menggenang dalam pot, pilihlah pot yang memiliki lubang drainase di bagian alasnya. Lingkungan media tanam dapat menjadi lembap dan becek akibat adanya genangan air dalam pot sehingga memicu timbulnya penyakit busuk akar. Pot yang mempunyai kaki juga baik untuk kelancaran pembuangan air.


Ukuran Pot
Nilai estetika tabulampot ditentukan pula oleh keserasian antara ukuran pot dengan besarnya tanaman. Oleh karena itu, sebaiknya ukuran pot disesuaikan dengan sosok tanaman. Nah, sebagai patokan kita bisa memilih diameter pot yang panjangnya sekira setengah dari tinggi tanaman. Misalnya, untuk tanaman yang mempunyai tinggi sekira 100 cm, maka kita dapat memakai pot berdiameter sekira 50 cm.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PANDUAN MEMILIH POT UNTUK TANAMAN TABULAMPOT"