loading...

CARA PERAWATAN TANAMAN BONSAI

Bonsai merupakan tanaman yang penampilannya seperti pohon tua, berukuran kecil, pendek, dan ditanam di dalam pot. Sesuai dengan namanya, bonsai berasal dari bahasa Jepang yang mempunyai arti teknik menanam tanaman di pot yang dangkal.


Harga bonsai akan semakin tinggi seiring dengan semakin indahnya tanaman bonsai tersebut. Oleh karena itu, tidak heran jika para pencinta bonsai akan melakukan beragam cara untuk membuat bonsainya menjadi tumbuh cantik.


Nah, berikut ini adalah beberapa tips dalam merawat bonsai.


1. Ganti Media Tanam Secara Berkala
Seperti diketahui sebelumnya, bonsai merupakan pohon yang ditanam di dalam pot yang dangkal. Oleh karena itu, untuk mendorong pertumbuhan akar baru, penggantian media tanam secara berkala adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Ganti pot dengan segera bila pot telah tidak menampung akar tanaman.


2. Siram Bonsai Secara Teratur
Siram tanaman bonsai secara teratur pada pagi dan sore hari. Penyiraman sebaiknya dilakukan secara hati-hati, tidak memakai semprotan air yang deras (contoh dari keran air), cukup dengan menggunakan gayung untuk akar dan semprotan lembut daun.


3. Pangkas Bonsai pada Waktu Tertentu
Pangkas bonsai sebulan sekali untuk bonsai yang pertumbuhannya cepat atau 2 - 3 bulan sekali untuk bonsai yang pertumbuhannya lambat. Pemangkasan dilakukan pada bagian daun, cabang, ranting, dan batang. Tujuan dilakukannya hal ini adalah untuk membentuk bonsai sesuai dengan keinginan.


4. Pemupukan Secara Berkala
Apapun jenis bonsai yang dipunyai, lakukan pemupukan tanaman per satu bulan sekali memakai pupuk NPK atau urea.


5. Atasi Hama yang Menyerang
Bonsai dapat pula diserang hama seperti kutu loncat pada daun. Kalau terdapat tanda-tanda ada hama yang menyerang, maka semprotkan dengan segera insektisida pada bonsai.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA PERAWATAN TANAMAN BONSAI"