loading...

CARA BERLIBUR KE BANGKOK - THAILAND


Minimal seminggu sebelum hari keberangkatan buatlah list barang-barang yang perlu dipersiapkan, sehingga anda masih ada waktu untuk membeli barang yang diperlukan 

Barang yang terpenting: paspor, uang, kartu identitas, HP+ kabel charger

Sehari sebelum hari keberangkatan atau pada hari keberangkatan cek ulang di internet atau telpon customer service maskapai penerbangan anda untuk memastikan jam penerbangan, karena terkadang bisa terjadi perubahan jam penerbangan.

Minimal 2-3 jam sebelum keberangkatan anda sudah tiba di Bandara, lebih baik menunggu di bandara daripada anda tertinggal pesawat. sapa tau ban bocor ya toh....
Jangan membawa ataupun memakai perhiasan berlebihan, biar tidak dikira toko perhiasan berjalan

Cari informasi tentang cuaca dan musim di tanggal keberangkatan anda dan tempat wisata yang akan di kunjungi (pantai or pegunungan) ingat!! Thailand ada 3 musim. Panas, Hujan, Dingin. jangan sampai saltum, waktu musim dingin pake hotpants, baju tanpa lengan, kedinginan ntar, ato pas musim panas pake jaket, baju tebal ntar dikira beruang kutub nyasar. Thailand bagian utara maupun selatan juga memiliki perbedaan suhu yang jauh berbeda. Pakailah pakaian yang penting nyaman serta sesuai dengan musim dan cuaca.

Ambilah PETA di setiap kota yang anda datangi, lewat peta anda akan mendapatkan banyak informasi mengenai hotel, transportasi dan tempat wisata. dan tentu saja disaat anda kehilangan arah dan tidak bisa berbahasa thai, anda cukup menunjuk2 ke peta, mudah bukan?

Untuk anda yang backpacker, mintalah kartu nama hotel tempat anda menginap, bawalah saat bepergian. Untuk jaga-jaga waktu nyasar ga bisa pulang, tinggal naik taxi dan berikan kartu nama hotel anda untuk diantar pulang.

Usahakan pisahkan uang untuk belanja dan uang simpanan misal anda bawa uang 10.000 baht taruhlah di dompet 1000/2000 baht. uang simpanan jangan digabung, taruhlah ditempat yang aman, misal: saku dalam jaket. apabila nasib apes datang dan anda dicopet setidaknya uang simpanan masih ada. (kemungkinan besar yang dicopet adalah dompet) begitu juga dengan paspor dan identitas diri jangan sampai hilang, karena itu sama dengan nyawa anda. 
Jika anda pertama kali ke Thailand usahakan ikut tour atau sewa mobil dengan bahasa Indonesia. Karena bahasa inggris orang thailand kagak jelas, lebih jujurnya banyak yang ga bisa Inggris apalagi yang namanya Mandarin. Yang lebih buat pusing tulisan negara mereka seperti cacing menari. 

Jika anda hendak membeli barang, gunakan kalkulator atau siapkan notes dan bolpoin. jika anda tanya harga tinggal kasih kalkulatornya suruh dia ketik, trus tawar harga tinggal anda ketik lagi. atau mau cara traditional nulis di kertas. konyol emang, tapi pasti anda akan mengalaminya, ingat kebanyakan orang thai tidak bisa inggris apalagi mandarin. 

Saat anda mau ke airport untuk kembali ke negara asal, jangan meremehkan waktu!! terutama yang di Bangkok. Apabila pesawat anda jam 7, anda harus berangkat pukul 3 ke bandara. karena kota Bangkok macet sama seperti jakarta. minimal 3 jam sebelum keberangkatan anda harus tiba di bandara. Siapa tahu saat anda ke bandara bersamaan dengan anggota kerajaan atau pejabat yang lewat, sehingga jalan ditutup dan anda harus menunggu sampai jalan dibuka kembali. Terutama penerbangan air asia, yang namanya low cost, otomatis penumpangnya banyak dan dari berbagai dunia, sedangkan loketnya yang buka terbatas, sehingga terjadi penumpukan antrean penumpang di depan loket, saya butuh waktu 1 jam antri baru bisa sampai di depan loket dan menimbang bagasi. padahal bulan oktober bukanlah high season.

Hati-hati selama bepergian, jangan pergi seorang diri apalagi malam hari, sudah sering terjadi kasus pencopetan turis di Thailand. Biasanya pencopet mengincar korban yang jalan-jalan saat jalan sepi di malam hari atau saat dipasar dan jalanan yang sesak, pencopet juga bisa menggunting/ merobek bagian bawah tas (terutama tas wanita)

Jika anda mengunjungi tempat ibadah (wat/ vihara) di Thailand usahakan memakai celana panjang dan baju yang sopan. jika tidak anda bisa membawa kain penutup sebagai solusinya.
Terutama cowok yang punya kebiasaan menyilangkan kaki, jangan mengangkat kaki dan mengarahkan telapak kaki ke arah orang disebelah anda, karena budaya orang Thailand, telapak kaki adalah rendah. 

Orang Thailand sangatlah ramah. Setiap anda disapa seseorang dengan tangan terkatup dan mengucapkan Sawadeeka (untuk perempuan ) / Sawadekaap (untuk laki-laki) balaslah juga dengan ucapan yang sama, atau jika anda tidak bisa mengucapkan, balaslah dengan tangan terkatup lalu senyum dan menganggukan kepala (1 kali aja, jangan mengangguk berulang kali kayak mau senam aja wkwkwkkwkwk),. hal itu merupakan sopan santun.

Ini tips saat makan, hampir semua tempat makan di thailand ntah di sisi kiri atau kanan ada rak untuk meletakkan minuman dan es batu. setelah anda mengambil minuman dan es batu letakkanlah kembali ke rak sebelah meja anda, jangan ditaruh diatas meja, hal ini menyebabkan pegawai yang melayani anda bisa-bisa kena potong gaji atau dimarahi bosnya.
Selamat berlibur di Thailand ^^
http://s1317ny.blogspot.com/
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA BERLIBUR KE BANGKOK - THAILAND"